Media

Apa lagi fitur baru dari Google I/O 2018?
By Widyanto Gunadi - 11 May 2018
53 Views

Konferensi tahunan Google I/O 2018 telah berakhir. Setelah mengumumkan berbagai fitur terbaru untuk Google Photos, Google Assistant, Google Maps, Android dan Chromebook, Google ternyata masih memiliki banyak update. Beberapa di antaranya ada pada Google Duplex, smart compose pada Gmail, Google Smart Displays, Google Lens, Google News, serta penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk Street View? Penasaran seperti apa fitur-fitur baru tersebut? Simak ulasan berikut ini, seperti dilansir theverge.com.

Google Duplex

Sepertinya ini menjadi fitur paling menakjubkan yang diumumkan oleh CEO Google, Sundar Pichai. Dalam konferensi yang digelar di California, Amerika Serikat itu, Pichai memutarkan kembali rekaman dari Google Assistant yang menelepon dan membuat janji dengan sebuah salon perawatan rambut. Percakapan tersebut benar-benar tampak alami. Bahkan, karyawan salon tidak menyadari ia sedang berbicara dengan robot yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI).

Smart compose pada Gmail

Google mengembangkan fitur Smart Reply menjadi Smart Compose. Lagi-lagi, Google memanfaatkan AI. Dengan Smart Reply, Google membantu Anda merancang isi email dengan cepat. Apakah Gmail bisa benar-benar mengirimkan email tanpa perlu sentuhan tangan Anda? Tenang saja, Gmail belum sejauh itu. Dengan fitur Smart Compose ini, Google hanya memberikan saran untuk melengkapi kalimat yang sedang Anda ketik di email. Fitur ini bisa dinikmati pengguna dengan Gmail versi terbaru dalam beberapa pekan mendatang. Namun, penggua G Suite harus bersabar selama beberapa bulan.

Google Smart Display

Echo Show keluaran Amazon harus bersiap menghadapi persaingan dengan software besutan Google, yaitu Smart Displays. Google berencana meluncurkan Smart Display dengan fitur Asisstant di dalamnya, mulai Juli mendatang. Dilansir cnet.com, Smart Display mampu merespon perintah suara seperti halnya Google Home maupun Amazon Echo. Hanya saja, fitur yang satu ini menghadirkan sebuah layar. Jadi Anda juga bisa menonton video dan melakukan panggilan bideo.

Google Lens

Kehadiran fitur baru ini sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Google sebelumnya sudah pernah mengulas kecanggihan Google Lens. Hanya saja, saat ini fitur tersebut sudah benar-benar siap digunakan. Dengan Google Lens, Anda bisa mengambil teks dari dunia nyata dan menyalinnya ke layar smartphone. Misalnya, Anda bisa menyalin tulisan Wi-Fi password dan menyalinnya ke sebuah layar kosong pada ponsel. Meski demikian, Google masih harus menyempurnakan fitur ini. Salah satunya untuk mengidentifikasi pakaian. Penggemar Pinterest sepertinya akan menyukai Google Lens.

Google News

Aplikasi Google News telah mengalami perombakan. Google memanfaatkan AI dalam menentukan konten yang dipilih. AI akan menganalisis berbagai konten yang akan dipublikasikan, dan mengatur artikel, video, dan lainnya ke dalam storyline. Google News akan memilihkan konten-konten yang akan Anda sukai. Meski demikian, Google News tetap menyajikan konten yang beragam untuk Anda.

AI untuk Street View

Google Maps tetap akan menjalankan fungsinya seperti yang sudah Anda kenal selama ini. Hanya saja, Google kali ini menggabungkan AI dengan data Street View. Sehingga, Anda akan merasakan pengalaman berinteraksi dengan Street View sembari bepergian. Jika fitur ini berjalan dengan akurat, para penggunanya akan sangat terbantu dalam bernavigasi.

Banyak sekali ya, fitur-fitur baru dari Google! Bagaimana, Anda sudah siap mencobanya satu per satu?

 

Rekomendasi bacaan:
Apa saja sih, hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan robot?
Teknologi AI tentukan blockbusters di masa depan
Bagaimana cara blockchain mengubah dunia?

Sumber:
theverge.com
cnet.com

Tags:

  • AI
  • artificial intelligence
  • Street View
  • Google News
  • Google Lens
  • Google Smart Displays
  • Gmail
  • smart compose
  • Google Duplex
  • Google I/O 2018
  • Google I/O
  • Google
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang