Published on

Technology

10 Aplikasi translate yang akurat untuk tingkatkan kemampuan bahasamu

Nur Lella Junaedi

aplikasi-translate-yang-akurat---EKRUT.jpg

Saat pekerjaan menuntutmu untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa asing dengan klien atau rekan kerja, ditugaskan bekerja di luar negeri, salah satu permasalahan yang kerap dihadapi adalah penguasaan terhadap bahasa tersebut.

Untuk membantumu mengatasi kesulitan itu, kamu sebenarnya bisa menggunakan aplikasi translate yang akurat. Beberapa rekomendasinya akan dipaparkan di bawah ini. 

1. Say Hi

say hi aplikasi translate yang akurat - EKRUT
 
Say Hi mampu menerjemahkan ke dalam 90 bahasa yang ada di dunia - EKRUT

Rekomendasi aplikasi translate akurat yang pertama adalah Say Hi. Aplikasi ini mampu menerjemahkan ke dalam 90 bahasa yang ada di dunia. 

Untuk menggunakannya ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu, pertama dengan merekam suaramu lalu nantinya akan muncul hasil terjemahan dari bahasa lain yang kamu inginkan. 

Di samping itu, kamu juga bisa mengatur hasil rekaman terjemahannya tersebut ke dalam suara laki-laki atau perempuan dan mengatur kecepatannya sesuai keinginan. 

Kedua, dengan mengetikkan kata-kata yang ingin diterjemahkan di dalam aplikasi. 

Sayangnya, aplikasi ini belum bisa digunakan secara offline. Sehingga pengguna harus terus tersambung wifi atau internet untuk menggunakannya. Jika kamu berminat untuk mengunduh aplikasi ini, temukan aplikasi tersebut di Play store dan App store.  

Baca juga: 6 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik

2. Papago

 slatch aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Papago bisa digunakan dengan cara diketik atau direkam - EKRUT

Naver Papago AI Translator atau Papago mampu menerjemahkan ke dalam beberapa bahasa seperti bahasa Korea, Jepang, Inggris, Perancis dan lain-lain. Menariknya lagi aplikasi ini juga mendukung percakapan multibahasa yang bisa kamu lakukan. 

Sama seperti Say Hi, untuk menggunakan aplikasi ini bisa dengan cara diketik ataupun di rekam. Adapun beberapa fitur lain yang menarik dari aplikasi ini seperti adanya buku frasa dan kamus yang memberi pengetahuan tentang terjemahan. 

Lalu ada juga fitur menerjemahkan teks dari sebuah foto, menemukan arti akurat dari kata-kata yang ditulis tangan dan diterjemahkan secara mudah, mampu menerjemahkan dengan hanya memasukkan URL dan sebagainya. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengunduh aplikasi Papago ini untuk Android dan iPhone.

3. Slatch

slatch aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Slatch mampu menerjemahkan ke dalam 103 bahasa - EKRUT

Berbeda dari tiga aplikasi lainnya, Slatch hadir sebagai aplikasi translate chatting yang belum pernah ada sebelumnya. Tools ini mampu menerjemahkan ke dalam 103 bahasa.  

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengenal atau chatting dengan orang lain di luar negeri sana serta bisa berkomunikasi dengan bahasanya karena bantuan dari alat ini. 

Beberapa fitur yang disediakan seperti audio translate, video call translate, message translate, dan kamu juga bisa membuat grup chatting. Sayangnya aplikasi ini hanya baru bisa digunakan di platform Android saja dan kamu bisa mengunduhnya di sini.

4. Google Translate 

google translate aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Google translate merupakan salah satu aplikasi translate yang akurat - EKRUT

Google Translate terus memperbaiki hasil terjemahannya hingga saat ini, sehingga patut menjadi aplikasi translate yang akurat. 

Pengguna bisa menerjemahkan ke dalam ratusan bahasa baik itu dengan merekam suara, mengetikkan teks, atau menulisnya langsung di layar. Kamu juga bisa menerjemahkan gambar dan tulisan tangan dengan mudah. 

Hadir di Android dan iPhone aplikasi ini menawarkan berbagai macam kemudahan karena bisa digunakan ketika paket data mati. Selain itu, hasil terjemahannya pun dapat di save bila sewaktu-waktu dibutuhkan. 

5. TripLingo

triplingo aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
TripLingo mampu menampung 3000 file audio - EKRUT

Mau jalan-jalan keluar negeri tapi takut tidak bisa berbicara bahasa setempat? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan aplikasi translate yang akurat ini.

Dengan menggunakan Trip Lingo, kamu hanya perlu merekam suaramu dan nantinya alat ini yang akan menerjemahkan ke dalam bahasa yang dimaksud. Ada sekitar 2000 bahasa yang bisa diterjemahkan serta mampu menampung sekitar 3000 file audio. 

Uniknya fitur lain dari TripLingo juga berupa kamus offline, kalkulator dan konverter mata uang yang mempermudah kamu menghitung uang yang dibutuhkan saat kamu ingin menukarkan mata uang ketika travelling. Untuk menggunakannya, tools ini tersedia di Play store ataupun App store.

6. Microsoft Translator 

microsoft translator aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Salah satu fitur Microsoft translator yakni desain yang mobile friendly - EKRUT

Microsoft translator jadi rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan bahasa asing. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan yang bisa dirasakan oleh pengguna. Berikut beberapa fitur canggihnya, 

  • Mampu menerjemahkan dalam bentuk teks, suara, gambar bahkan screen shoot. 
  • Desain aplikasinya yang mobile friendly. 
  • Terdapat fitur frasa dari berbagai bahasa yang bisa menambah pengetahuan bahasa asingmu. 
  • Bisa digunakan ketika offline. 
  • Bisa membagikan hasil terjemahan ke aplikasi lainnya. 

Dengan rating sekitar 4.6 di Play store dan 4.8 di App Store tampaknya, aplikasi ini cocok untuk kamu gunakan. 

Baca juga: Tips dan contoh CV bahasa Inggris yang menarik

7. Dict Box 

dict box aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Dict Box bisa menerjemahkan dalam bentuk foto, teks dan suara - EKRUT

Dict Box bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan ke dalam multiple bahasa. Hampir sama seperti aplikasi lainnya, Dict Box bisa menerjemahkan dalam bentuk teks, foto dan suara. 

Terdapat juga fitur offline sehingga kamu tidak harus selalu terhubung ke internet untuk menerjemahkan sesuatu. Selain itu, ada juga fitur lain yang berguna seperti: 

  • Dapat menerjemahkan teks dari browser web. 
  • Terdapat fitur mensinkronisasikan daftar kata di beberapa perangkat. 
  • Mobile friendly. 
  • Terdapat fitur koreksi kata hingga hafalan kata yang membantumu belajar bahasa yang diinginkan. 

Jika tertarik untuk mengunduhnya kamu bisa menemukannya di App store dan Playstore. 

8. Chat translator 

chat translator aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Ada sekitar 38 bahasa yang bisa digunakan oleh Chat Translator - EKRUT

Chat translator bisa kamu gunakan sebagai aplikasi translate yang akurat untuk menerjemahkan chat dalam bahasa yang tidak kamu mengerti. Alat ini akan mampu menerjemahkan teks dan suara dalam dua bentuk sekaligus. 

Hingga saat ini ada sekitar 38 bahasa yang bisa diterjemahkan oleh aplikasi translate ini, namun mungkin jumlahnya akan terus bertambah. Di samping itu, kamu juga bisa membagikan hasil terjemahan ke daftar kontak yang kamu miliki. 

Untuk menggunakannya, kamu hanya bisa mengakses aplikasi ini via Android karena di operating system iOS belum tersedia. 

9. iTranslate 

iTranslate aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Adanya fitur iMessage di dalamnya iTranslate - EKRUT

iTranslate menjadi salah satu aplikasi translate yang banyak digunakan. Tools ini mampu menerjemahkan ke dalam ratusan bahasa yang tersedia secara mudah. 

Terdapat juga pilihan 250 frasa yang didefinisikan dengan baik membuat pengguna menjadi lebih mudah memahaminya. Fitur lain yang terdapat dalam aplikasi ini pun meliputi: 

  • Mode penerjemahan suara yang bisa dipilih berdasarkan gender antara suara laki-laki atau perempuan. 
  • Adanya fitur iMessage, percakapan suara ke suara, dan ekstensi keyboard. 
  • Fitur menerjemahkan otomatis ke dalam bahasa asing hanya dengan menyorot kamera ke benda tertentu berkat adanya teknologi AR. 

Sebab dirancang oleh iPad umumnya iTranslate ini lebih banyak dipakai untuk pengguna iPhone. Namun bagi kamu pengguna Android tetap bisa mencoba juga mengunduhnya di sini. 

10. Textgrabber

Textgrabber aplikasi translate yang akurat - EKRUT 
Textgrabber menjadi aplikasi multitasking terbaik saat ini - EKRUT

Textgrabber merupakan aplikasi multitasking terbaik saat ini. Sebab, aplikasi ini selain bisa menerjemahkan juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti membuat acara, alamat, tautan, nomor telepon dan sebagainya. 

Tersedia ratusan bahasa yang dapat diterjemahkan oleh tools ini baik berupa teks, suara, atau gambar. Setelah itu, kamu juga bisa membagikan hasil terjemahan tersebut dalam bentuk email atau ke kontakmu. 

Bila tertarik untuk mengunduhnya langsung saja temukan Textgrabber di Playstore dan Appstore.

Baca juga: 6 Contoh pertanyaan interview bahasa Inggris di perusahaan

Itulah 10 rekomendasi aplikasi translate akurat yang bisa kamu gunakan. Selain mudah, kamu juga bisa belajar banyak hal dari fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut. 

Dengan menguasai beberapa macam bahasa bisa meningkatkan nilaimu di mata perekrut lho! 

Jadi, yang mana pilihanmu? 

Aplikasi translate yang akurat - EKRUT

Sumber: 

 

Tags

Share