Published on

Careers

Bingung karena banyak tawaran kerja?

Maria Yuniar

photo-1450101499163-c8848c66ca85.jpg

Tawaran pekerjaan baru melahirkan banyak harapan baru bagi banyak orang. Terlebih lagi jika Anda memiliki setumpuk pengalaman kerja. Namun menerima tawaran kerja ternyata tidak mudah. Bisa jadi, Anda malah kebingungan untuk memilih. Terdapat sejumlah faktor penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum menerimanya.

Anda perlu melakukan sejumlah pengecekan dan menggali informasi tentang apapun yang berkaitan dengan tawaran tersebut. Berikut ini tujuh faktor penting yang harus dipikirkan sebelum Anda menerima tawaran kerja di tempat baru.

 

Jarak

Berapa lama waktu yang harus Anda tempuh ke kantor, berapa jaraknya, dan bagaimana cara Anda sampai ke sana? Apakah lokasi tersebut mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau tidak? Beberapa pertanyaan di atas bisa Anda jadikan bahan pertimbangan saat akan menerima tawaran pekerjaan dari dua perusahaan yang berbeda. 

Lokasi kantor mana yang kiranya akan lebih menguntungkan Anda baik dari segi waktu maupun pengeluaran ongkos harian? Semakin jauh lokasi kantor tersebut, maka waktu yang Anda berikan juga pastinya lebih banyak. Anda mungkin harus berangkat lebih pagi atau pulang lebih larut.

 

Gaji

Tidak salah bila hal ini menjadi salah satu tolok ukur saat Anda memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa terkadang ada perusahaan yang memberikan angka gaji biasa saja tetapi menawarkan fasilitas dan juga tunjangan yang sangat bagus. Begitu pula sebaliknya. Terkadang, gaji yang besar belum tentu menjamin bahwa Anda akan mendapat fasilitas dan tunjangan lainnya. 

 

Profil perusahaan

Mendapatkan tawaran kerja baru mungkin sangat menyenangkan, tapi jangan lupa untuk mengenali profil perusahaan terlebih dulu. Jika menemukan sejumlah hal yang mengganjal, Anda bisa berbicara dengan pihak personalia sebelum menerimanya. Namun, jika semuanya baik-baik saja, jangan tunda untuk menandatangani kontrak di perusahaan yang baru.

 

Lingkungan kerja

Jika Anda sekiranya akan merasa nyaman dengan rekan kerja dan atasan baru Anda, jangan ragu untuk menerima tawaran pekerjaan baru. Lingkungan kerja seperti itu akan selalu positif untuk bekerja. Anda harus berpikir ulang saat menemukan sejumlah hal negatif di lingkungan kerja yang baru. Pendekatan yang ramah dari atasan dan rekan kerja dapat membuat Anda lebih baik dalam bekerja.

 

Bidang kerja

Perusahaan besar belum tentu memberikan pekerjaan sesuai bidang yang Anda inginkan. Coba bandingkan, kira-kira perusahaan mana yang memberikan posisi dan job description yang lebih sesuai dengan minat dan keahlian Anda? Jika bekerja di bidang yang Anda sukai, hasilnya pasti akan jauh lebih baik dibandingkan jika Anda bekerja di bidang yang tidak begitu Anda sukai. Bagaimana caranya menemukan pekerjaan sesuai bidang yang Anda minati? 

Dengan bergabung di talent marketplace EKRUT. Di sana, Anda bisa menentukan preferensi untuk peluang kerja baru. Anda tidak perlu repot-repot melakukan googling satu per satu untuk menemukan perusahaan dengan tawaran posisi yang sesuai minat. Anda tinggal melengkapi profil pada platform talent marketplace EKRUT. Selanjutnya, ratusan perusahaan termasuk startup, akan mencari-cari Anda.

 

Karakter atasan

Ini juga merupakan salah satu hal penting yang wajib Anda pertimbangkan. Seperti apakah karakter atasan Anda nantinya. Biasanya di sesi wawancara, Anda sudah akan bertemu dengan orang yang nantinya akan jadi atasan Anda. Saat itu, Anda bisa mengambil kesempatan untuk menilai kepribadian calon atasan Anda.

 

Asuransi dan cuti

Sebelum menerima pekerjaan baru, cobalah untuk mengetahui besaran nilai yang bisa Anda peroleh dari asuransi perusahaan. Jumlah tersebut juga berkaitan dengan asuransi kesehatan dan pendidikan anak. Jangan lupa untuk mengecek sejumlah kebijakan perusahaan dalam hal izin sakit dan cuti.

Di samping itu, sudah pasti Anda hanya akan memilih satu dari sekian banyak tawaran yang Anda terima. Saat menolak tawaran dari perusahaan-perusahaan yang tak Anda pilih, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu dan minat mereka pada Anda. Sebab, dunia kerja saat ini cepat berubah dan mungkin Anda akan bertemu lagi dengan mereka.

 

Rekomendasi bacaan:
Synthego, startup yang bisa rekayasa genetika
Pilah pilih software untuk email marketing
Saat React bisa didaur ulang

 

Sumber:
liputan6.com
qerja.com
kompas.com
 

Tags

Share