Published on

Careers

6 Cara mengatasi susah tidur yang tepat bagi pekerja kantoran

Nelson Simbolon

cara-mengatasi-susah-tidur-EKRUT.jpg

Tidur merupakan kebutuhan penting manusia yang terkadang sering terabaikan. Tak jarang, sulit tidur dijadikan sebagai alasan untuk tetap terjaga. Padahal, ada cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur. Penyebab utama dari sulit tidur adalah terlalu banyak pikiran. Ini merupakan persoalan yang cukup umum terjadi di perkotaan, terutama karena mengalami banyak masalah di rumah maupun tempat kerja.

Penyebab lain yang membuat kita terkadang sulit tidur adalah konsumsi kopi yang berlebih atau masih menatap gawai sebelum tidur. Bila kamu merasa hal-hal di atas sering terjadi padamu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur.

1. Setia dengan jadwal tidur dan lakukan relaksasi

Berlatihlah untuk selalu bangun dan tidur tepat waktu pada jam yang telah ditentukan. Hal ini akan membuat tubuhmu semakin terbiasa untuk tidur dan bangun pada jadwal tersebut. 

Relaksasi sebelum tidur juga dapat kamu lakukan untuk membuat tidurmu semakin nyenyak. Cobalah untuk memutar lagu pengantar tidur dan mematikan lampu agar tidurmu menjadi lebih berkualitas.

2. Hindari tidur siang dan lakukan pemanasan

Bila kamu memiliki masalah untuk tidur malam, cobalah untuk menghindari tidur siang singkat karena tidur pada jam tersebut akan membuat tubuhmu mampu terjaga hingga larut malam. Selain itu, sebelum tidur, lakukanlah pemanasan kecil agar tubuhmu merasa lelah dan kamu jadi lebih mudah terlelap.

3. Mengatur suasana kamar

Penting bagimu untuk mengatur kondisi kamarmu agar cukup kondusif untuk membawamu ke alam mimpi. Setidaknya, jaga suhu kamarmu agar tetap sejuk saat malam dan matikan lampu agar tidurmu menjadi lebih berkualitas.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tirai, penutup mata, atau penyumbat telinga agar tidurmu tak terganggu.

4. Gunakan bantal dan kasur yang nyaman

Pastikan kamu menggunakan bantal dan kasur yang nyaman untuk tidur. Jangan sampai kamu menggunakan bantal dan kasur yang sudah lapuk sehingga membuatmu mudah terkena alergi dari debu atau kotoran yang mengendap.

5. Hindari rokok, minuman beralkohol, dan kopi sepenuhnya

Tanpa kamu sadari, tak hanya kopi saja yang dapat membuat seseorang mengalami sulit tidur. Minuman beralkohol dan rokok juga dapat berisiko membuatmu sulit tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin di dalam rokok yang dapat berperan sebagai stimulan hingga membuatmu terus terjadi. 

Jadi, cobalah untuk menghindari ketiga hal tersebut jika kamu ingin tidur pulas. Hindari minum kopi setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur dan hindari rokok serta minuman beralkohol menjelang waktu tidurmu. 

6. Kurangi stres

Sulit tidur dapat disebabkan oleh stres. Jadi, sebaiknya cobalah untuk perlahan melakukan beberapa cara yang dapat meredakan stres yang kamu alami. Kamu bisa melakukan yoga, meditasi, atau mendengarkan musik yang dapat menjadi relaksi untukmu. 

Last updated 30 July 2019

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • webmd.com
  • verywellhealth.com
  • helpguide.org

Tags

Share