Published on

Careers

3 Contoh surat resign yang yang baik dan benar 2021

Nelson Simbolon

contoh_surat_resign.jpg

Tak jarang karyawan memilih mengundurkan diri meski belum lama bekerja. Ada berbagai alasan karyawan resign, dari budaya kerja yang tidak cocok sampai beban pekerjaan yang berat. Namun, tak jarang dari mereka yang merasa bingung seperti apa cara tepat mengajukan resign dan bagaimana format yang seharusnya dibuat. Nah, agar tidak bingung lagi, perhatikan contoh surat resign dalam bahasa inggris yang baik beserta cara tepat mengajukan resign ke atasan.

Mungkin kamu bisa mendapatkan berbagai contoh surat resign di internet, tapi di sini kami memaparkan beberapa contoh surat resign bahasa inggris dengan format yang baik yang memudahkanmu dan juga relevan untuk kamu tiru.

Pentingnya mempersiapkan resign secara profesional

Pentingnya mempersiapkan resign secara profesional
Penting untuk memberitahu rencana resign kepada perusahaan - sumber gambar: Shutterstock

Surat resign adalah sebagai pemberitahuan kepada perusahaan bahwa kamu akan segera meninggalkan perusahaan. Surat resign juga merupakan acuan atau deadline bagi perusahaan jika perlu mencari orang baru sebagai penggantimu.

Dengan adanya surat resign, maka perpisahanmu dengan perusahaan akan terlihat profesional dan tentunya sah. Menulis surat resign adalah salah satu caramu menghargai perusahaan yang telah memberimu kesempatan untuk bekerja. Jika memang pengalamanmu di perusahaan saat ini buruk, kamu tetap wajib meluangkan waktu menulis surat resign untuk menjaga relasi. Kamu tidak pernah tahu bahwa di masa mendatang, kamu akan membutuhkan rekan kerja di tempat terdahulu, seperti untuk menulis surat referensi.

Contoh surat resign berdasarkan struktur informasinya

Contoh surat resign berdasarkan struktur informasinya
Contoh surat resign yang baik berisi informasi berikut - sumber gambar: Shutterstock

Dalam menulis surat resign, ada lima komponen utama yang perlu kamu perhatikan supaya surat resign kamu terlihat professional. Agar dapat menjadi panduan, berikut masing-masing contoh surat resign per komponen struktur informasi yang perlu kamu pahami.

1.Kalimat pembuka

Pada kalimat pembuka, tidak perlu bertele-tele dan mempermanis isi surat kamu. Langsung saja tuliskan bahwa kamu melalui surat ini akan mengajukan resign dan kamu perlu menyertakan langsung hari terakhir bekerja. Berikut contoh surat resign bagian kalimat pembuka yang bisa kamu contoh:

Kepada Yth. [Nama atasan],

Melalui surat ini, saya Ezra Utama bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT.XYZ sebagai Senior Product Manager, terhitung sejak tanggal 30 Mei 2021.

2. Tujuan atau alasan pengajuan resign

Bagian ini akan sangat baik jika dituliskan pada surat resign kamu. Ada berbagai alasan resign yang mungkin kamu miliki seperti; mengubah arah karier, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, melanjutkan studi, kondisi kesehatan atau alasan keluarga. Pastikan, saat menulis tujuan resign, kamu tidak memberikan alasan negatif. Berikut contoh surat resign pada elemen tujuan pengajuan resign karena mendapatkan karier yang lebih baik:

Saya akan melanjutkan karier saya sebagai Chief Product Officer di sebuah startup yang baru saja berdiri. Dimana, saya berharap dapat mengembangkan dan mengimplementasikan kemampuan yang sudah saya miliki untuk potensi perusahaan yang lebih baik.

3. Ucapan terima kasih

Saya mengucapkan terima kasih untuk kesempatan, dukungan dan pembelajaran yang saya dapatkan dari PT. XYZ pada 5 tahun terakhir. Saya sangat menikmati masa-masa bekerja di PT. XYZ.

4. Transisi pekerjaan sebelum hari terakhir bekerja

Untuk menunjukkan rasa terima kasih pada perusahaan, kamu dapat menawarkan untuk membantu masa transisi sebelum kamu benar-benar resign. Kamu dapat mengikuti contoh surat resign berikut ini:

Jika ada yang perlu saya bantu untuk mempermudah masa transisi sebelum hari terakhir bekerja, dapat segera memberitahu saya.

5. Personal information untuk menjaga relasi

Jangan lupa, relasi dengan rekan kerja profesional akan sangat bermanfaat, jadi, walaupun sudah resign, kamu tetap harus berusaha terhubung. Sertakan alamat email dan nomor telepon seperti pada contoh surat resign di bawah ini:

Saya berharap tetap dapat menjaga relasi baik dengan rekan kerja di PT.XYZ. Untuk menghubungi saya, Bapak/Ibu dan rekan-rekan dapat menghubungi saya di ezra@ekrut.com atau pada nomor 08123654300.

6. Penutup

Sampaikan terima kasih sekali lagi dan ajakan untuk tetap terhubung.

Sekali lagi, terima kasih untuk kesempatannya. Mari tetap menjalin relasi dengan baik dan semoga PT XYZ semakin maju di masa mendatang.

3 Contoh surat resign 

contoh surat resign

3 Contoh surat resign ini akan membuatmu terlihat profesional - sumber gambar: Shutterstock

Berikut contoh surat resign yang bisa kamu aplikasikan.

1. Contoh surat resign secara umum

Surat ini hanya sekedar menyatakan keinginan resign tanpa tertera alasan resign. Terlihat simple dan tidak bertele-tele tapi juga sopan. Berikut ini contohnya :

Kathy Leonard
802 Brockton Avenue
Bakersfield, CA 93306
(000) 123-1234
kleonard@email.com

August 20, 2018

Mr. James O’Leary
Manager
Acme Corp.
7803 Main Street
Bakersfield, CA 93306

Dear Mr. O’Leary:

Please accept this letter as notice that I will be resigning from my job here at Acme Corp. two weeks from today’s date.

Thank you for the support and the opportunities you have provided me over the course of the last six years. You and our team have created a climate that makes it a pleasure to come to work each morning, and I will miss you all.

If I can do anything to help with your transition in finding and training my replacement, please let me know.

Sincerely,

 

Kathy Leonard

2. Contoh surat resign dengan penjelasan alasan dan detail

Jika contoh sebelumnya merupakan contoh surat resign dasar yang hanya menjelaskan keinginan untuk resign berbeda halnya dengan contoh yang satu ini. Contoh surat resign yang satu ini menjelaskan alasan resign sekaligus menceritakan detail adanya kesempatan baru yang sesuai dengan visinya. 

[Date]

Ms. Joyce Michaels
CEO
ABC Company
15 Main St.
Sometown, MA 55555

Dear Joyce,

Please accept this letter as notice of my resignation from my position as staff accountant. My last day of employment will be [date].

I received an offer to serve as senior accountant of a Fortune 500 company, and after careful consideration, I realize that this opportunity is too exciting for me to decline.

It has been a pleasure working with you and your team over the last three years. One of the highlights of my career was collaborating with you to automate ABC Company’s accounting, financial and balance systems and setting up your accounting infrastructure. Your company is poised for continued growth and I wish you much success with your upcoming acquisition of XYZ Company.

I would like to help with the transition of my accounting duties so that systems continue to function smoothly after my departure. I am available to help recruit and train my replacement, and I will make certain that all reporting and records are updated before my last day of work.

Joyce, thank you again for the opportunity to work for ABC Company. I wish you and your staff all the best and I look forward to staying in touch with you. You can email me anytime at jones@somedomain.com or call me at 555-555-5555.

Sincerely, 

 

Roberta Jones 

3. Contoh surat resign untuk melanjutkaan studi

Jika kamu berencana melanjutkan studi, misalnya studi S2 dan harus mengajukan resign, kamu dapat mempelajari contoh surat resign berikut ini:

Kepada Yth. [Nama atasan]

Melalui surat ini, saya Erika Setia bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT DEF sebagai Social Media Specialist. Hari terakhir saya bekerja adalah tanggal 31 Mei 2021. Saya berencana melanjutkan studi magister di luar negeri di bidang Digital Marketing, sehingga harus memutuskan resign dari perusahaan tempat saya bekerja selama 2 tahun belakangan. 

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pembelajaran yang diberikan selama saya bekerja. Saya telah belajar banyak dan ilmu yang didapatkan dari perusahaan ini akan bermanfaat untuk studi magister saya.

Jika ada yang perlu saya bantu dalam masa transisi sebelum hari terakhir bekerja, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya. Mari tetap menjaga koneksi yang ada, berikut kontak yang dapat dihubungi: 081923232325 atau erika30@ekrut.com.

Sekali lagi terima kasih dan semoga PT DEF semakin maju di masa mendatang.

4 Cara tepat mengajukan resign ke atasan

Setelah membahas contoh surat resign yang bisa kamu lihat sebagai referensi, ada baiknya kita bahas cara tepat mengajukan resign ke atasan. Meskipun kamu sudah ingin sekali resign, tapi cobalah pertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum mengajukannya :

1. Pilih waktu yang tepat

Setelah kamu resign, kantor kamu perlu mengisi posisi tersebut dengan orang baru. Jika kamu mengajukan pengunduran diri secara mendadak kamu bisa membuat kantormu kesulitan dan akibatnya pengunduran dirimu bisa saja ditolak. Jadi, pilihlah waktu yang tepat dan ikuti prosedur one month notice yang biasanya dilakukan perusahaan.

2. Selesaikan tanggung jawab

Jika bulan ini kamu masih punya setumpuk tugas dan sudah diberitahu tenggat waktunya, maka kamu harus menyelesaikannya dulu sebelum resign. Ini membuktikan bahwa kamu memang pekerja yang profesional.

3. Komunikasikan dengan baik

Membicarakan alasan resign dan hal terkait lainnya tentu penting dilakukan. Namun, jangan bertele-tele karena bosmu tidak punya banyak waktu. Berpamitanlah dengan sopan dan mengucapkan terima kasih serta berikan apresiasi untuk apa yang telah diberikan kantormu selama ini.

4. Buat handover list

Buatlah handover list secara general yang berisi kepada siapa kamu menyerahkan tanggung jawab, apa saja yang perlu dikerjakan dan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dengan membuat handover list, kamu meninggalkan kesan bahwa kamu bertanggung jawab terhadap perusahaan. Jadi, jangan lewatkan tahapan ini, ya.

Dengan contoh surat resign tersebut sekaligus cara tepat mengajukan resign, sudahkah kamu lebih siap untuk resign? Pastikan alasan kamu resign memang kuat dan komunikasikan dengan baik pada atasanmu ya.

Rekomendasi bacaan:

sign up EKRUT
Last update: 27 Mei 2021

Sumber:

  • blog.hubspot.com
  • www.thebalancecareers.com
  • resumegenius.com
  • www.americanrecruiters.com

Tags

Share