Register

technology

Facebook luncurkan dompet digital Facebook Pay

Tsalis Annisa

30 November 2020

facebook-pay-EKRUT.jpg

Nampak berusaha mengikuti perkembangan zaman, jejaring media sosial raksasa Facebook mengumumkan platfrom pembayaran miliknya yang dinamai Facebook Pay.

Apa itu Facebook Pay?

Rencananya dengan adanya kanal pembayaran ini pengguna bisa mengirim dan menerima uang di seluruh kanal media sosial milik perusahaan Facebook seperti Instagram, Messenger, WhatsApps dan tentunya Facebook.

Meski begitu untuk menggunakannya di semua kanal, kamu tetap harus mengaturnya terlebih dahulu. 

Semisal mendaftarkan Facebook Pay untuk WhatsApps, tidak lantas mendaftarkannya untuk layanan Instagram juga. 

Melalui platform ini, kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi meliputi belanja, pembelian di halaman Marketplace Facebook, berdonasi, pembelian game, dan tiket acara.

Baca juga: Ketahui kelebihan dan kekurangan cashless agar lebih cermat

Cara Melakukan transaksi di Facebook Pay

Sekilas platform pembayaran ini seperti layanan pembayaran lain yang ada di Google Wallet atau Apple Pay. 

Pengguna bisa membayar dengan cara transfer bank, akun kartu kredit seperti Visa, Master card, lalu melalui PayPal dan Stripe. 

Bedanya, Facebook Pay tidak akan menyimpan uangmu di akun online dan tidak menyedot biaya untuk setiap transaksi.  

Tetapi Facebook akan mengambil keuntungan dari proses transaksi yang kamu lakukan. Mereka akan menyimpan riwayat transaksi atas suatu barang dan memungkinkan kamu untuk menerima iklan dari produk yang telah kamu beli.

Data yang diambil oleh Facebook

Facebook akan mengambil datamu dengan mengumpulkan informasi pengguna berupa metode pembayaran, kontak ketika transaksi dilakukan, tanggal dan jumlah tagihan.

Setelah selesai melakukan transaksi, platform ini akan menyimpan riwayat transaksimu. Tetapi pengaturannya bisa kamu atur untuk diri sendiri atau dibagikan ke publik.  

Sedangkan untuk tingkat keamanan, pengguna juga bisa menggunakan pin atau kode agar dompet digital tidak bisa digunakan oleh pihak lain.  

Mulai pekan ini Facebook Pay untuk sementara waktu bisa digunakan dikanal Facebook dan Messenger bagi pengguna di Amerika. Sedangkan untuk Instagram dan Whatsapp akan menyusul kemudian.

Tahun depan rencananya mereka akan mengenalkan Facebook Pay di beberapa negara lainnya. Kira-kira, kapan giliran pengguna Indonesia bisa menikmati layanan ini, ya?

 

Rekomendasi video:

Rekomendasi bacaan:

Sumber: 

Tags

Share