Published on

Careers

Jack Ma menghilang, inikah penyebabnya?

Nur Lella Junaedi

Jack-Ma-menghilang_-inikah-penyebabnya-EKRUT.jpg

Setelah isu merosotnya saham Alibaba Group beberapa waktu lalu, kini muncul isu bahwa Jack Ma selaku Founder Alibaba Group telah menghilang. Spekulasi ini muncul karena Ma tidak pernah lagi menampakkan dirinya ke publik selama hampir dua bulan.

Harusnya Ma hadir menjadi juri di ajang pencarian bakat wirausaha muda Africa’s Business Heroes pada November lalu. Akan tetapi, dirinya digantikan oleh seorang eksekutif Alibaba lainnya. 

Saat diminta konfirmasi kenapa Ma tidak hadir, juru bicara Alibaba mengatakan bahwa hal ini terjadi karena adanya jadwal yang bentrok. 

Banyak yang mengira hilangnya Ma ini berhubungan dengan pidatonya yang mengkritik pemerintahan Xi Jinping pada saat KTT Bund Summit pada Oktober 2020 lalu. 

Berdasarkan transkrip pidato yang disampaikan oleh Ma, dirinya memang mengkritik beberapa kebijakan pemerintahan Xi khususnya tentang industri keuangan di negara Tirai Bambu tersebut.

“Keuangan China masih baru dan masih muda dalam hal industri keuangan. Kami tidak memiliki ekosistem yang berfungsi sepenuhnya. Sementara itu, ada banyak bank besar di China seperti sungai besar. Namun hari ini kita memiliki kebutuhan yang lebih besar akan danau, waduk, sungai kecil, dan semua jenis rawa. Tanpa komponen ekosistem ini kita akan tenggelam pada saat banjir dan mati kehausan pada saat kekeringan,” ucap Ma pada KTT yang berlangsung di Shanghai tersebut. 

Selain kritiknya pada perbankan China, ia juga mengkritik tentang proses regulasi pengawasan dan pengendalian yang terlalu banyak dibatasi. 

“Banyak hal yang dilarang saat ini karena berkaitan dengan dokumen. Kebijakan adalah tentang pembangunan mekanisme, tujuan mereka adalah untuk mempromosikan pembangunan. Saat ini dunia membutuhkan banyak ahli dalam kebijakan, bukan ahli dalam hal dokumen,” tambahnya. 

Baca juga: Jack Ma dikabarkan mundur dari Dewan Direksi Softbank

Ma secara tidak langsung menganggap bahwa regulator China membatasi inovasi dan bank China memiliki mentalitas seperti pegadaian yang memberi pinjaman dengan sistem janji dan agunan. 

Di akhir pidato ia juga menyampaikan bahwa harus ada reformasi keuangan saat ini. Pasalnya jika reformasi ini gagal dilakukan maka dunia akan jatuh dalam kekacauan yang parah. 

Tidak lama setelah pidato tersebut, pada 2 November Ma dipanggil oleh otoritas China untuk diinterogasi dan secara mendadak keesokan harinya saat Ant Financial Group akan melakukan IPO, pengawas sekuritas China meminta membatalkan IPO tersebut. 

Kemudian pada bulan Desember, diberitakan bahwa adanya praktik monopoli yang dilakukan oleh perusahaan Alibaba Group. 

Dengan bentuk mengharuskan pedagang untuk menandatangani perjanjian yang isinya tidak menjual produk pada platform pesaing Alibaba. 

Atas hilangnya Jack Ma ini isu pun berkembang bahwa mungkin dirinya di penjara atau sesuatu yang buruk lainnya terjadi pada Ma. Hal ini sebagaimana video dari @realvision yang memprediksi bahwa akhir hayat miliarder tersebut antara dua pilihan itu.

Jack Ma menghilang, inikah penyebabnya? EKRUT

Sumber: 

 

Tags

Share