Published on

Careers

10 Contoh Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat

Nur Lella Junaedi

Kalimat-penutup-surat-lamaran-pekerjaan-yang-tepat-adalah--EKRUT.jpg

Artikel ini akan membahas Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat. Hampir semua komponen penting diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Salah satunya memerhatikan kalimat akhir dalam surat tersebut. Pasalnya, kemungkinan recruiter akan membaca surat itu dan kamu perlu membuat penutupan yang menarik. Agar tidak keliru, begini ternyata kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat. 

Komponen kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat

Komponen kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat- EKRUT
 Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam penutupan surat lamaran kerja yakni ucapan terima kasih kepada perekrut - EKRUT

Saat kamu mencoba untuk merangkai kata-kata penutup dalam surat lamaran kerja, sebaiknya perhatikan beberapa komponen ini agar HRD tertarik. 

  • Ucapkan kalimat terima kasih kepada recruiter yang mau untuk membaca surat lamaran kerjamu. Sebab, kemungkinan perekrut meluangkan waktunya untuk meninjau surat lamaran satu persatu dari kandidat secara hati-hati. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengucapkan terima kasih. 
  • Buat kalimat penutup yang berfokus pada apa yang bisa kamu berikan pada perusahaan. Bukan apa yang perusahaan bisa berikan kepadamu. 
  • Tuliskan minat pada pekerjaan yang kamu lamar. Dengan menuliskan minatmu terhadap posisi tersebut, ini bisa menggambarkan harapanmu terhadap pekerjaan itu kepada recruiter
  • Tuliskan tujuan dari perusahaan yang relevan dengan tujuanmu. Caranya adalah dengan menyampaikan pratinjau dari rencanamu untuk mencapai tujuan tersebut yang dapat membuat penasaran recruiter. Kamu bisa menemukan tujuan bisnis perusahaan tersebut dengan melihat dari deskripsi pekerjaan atau situs perusahaan yang resmi. 
  • Akhiri kalimat penutup surat lamaran kerja dengan salam hormat yang sopan dan profesional. Seperti dengan hormat, salam, hormat kami dan sebagainya. 

Baca juga: Lakukan tips ini dan pekerjaan baru akan menghampiri Anda

3 Kesalahan dalam penulisan penutup surat lamaran kerja  

Kesalahan dalam penulisan penutup surat lamaran kerja - EKRUT 
Jangan sampai surat lamaran kerjamu tidak dikoreksi ulang sehingga terdapat banyak kesalahan - EKRUT

Berpedoman pada komponen di atas, kamu pasti berusaha menulis penutup surat lamaran kerja dengan baik. Kendati demikian, kadang kekeliruan bisa saja terjadi. 

Untuk menghindarinya, tidak ada salahnya memerhatikan beberapa kesalahan seperti di bawah ini. 

1. Terlalu santai 

Saat membuat kalimat penutup surat lamaran pekerjaan, usahakan menggunakan bahasa yang formal. Jangan terlalu santai seolah sedang berkomunikasi dengan teman. Terutama pada kalimat salam. Contoh, salam hangat atau semoga harimu menyenangkan. 

2. Tidak dikoreksi ulang

Sebisa mungkin usahakan saat menuliskan surat lamaran kerja, tidak ada penulisan yang salah dalam surat tersebut. Tidak ada tipo, atau salah ketik. Sebab bila kesalahan ini muncul maka kamu akan dianggap tidak memiliki perhatian terhadap detail atau tidak cermat. 

3. Terlalu percaya diri 

Hindari kata-kata yang berbunyi seperti, “anda akan menyesal bila tidak menerima saya, tidak ada yang dapat dibandingkan dengan saya.” Di satu sisi kalimat ini merupakan ungkapan rasa percaya diri. 

Namun di sisi lain ini juga bisa memperburuk posisimu di mata perekrut. 

10 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat 

Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat - EKRUT 
Agar pembuatan surat lamaran kerja tepat, kamu bisa melihat beberapa contohnya - EKRUT

Agar kamu bisa membuat contoh kalimat penutup surat lamaran kerja yang benar, tidak ada salahnya untuk menyontek beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat seperti ini. 

#1 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau surat lamaran saya. Saya berharap bisa membawa keahlian dan pengalaman saya ke sebuah perusahaan seperti perusahaan anda, di mana saya berharap bisa berkontribusi pada perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan. Harap jangan ragu untuk menghubungi saya di (sebutkan email dan nomor kontak) jika anda memerlukan informasi tambahan.

#2 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Saya menantikan diskusi dengan posisi yang saya lamar serta bisa menjelaskan kontribusi yang dapat saya berikan bagi perusahaan. Saya percaya visi dan nilai pribadi saya selaras dengan perusahaan dan saya akan sangat cocok dengan organisasi anda. Terima kasih atas waktunya telah meninjau surat lamaran kerja ini. 

#3 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Saya yakin lima tahun pengalaman saya dalam digital marketing, khususnya di bidang teknologi akan sangat cocok untuk pekerjaan ini. Dan saya sangat menyambut baik kesempatan untuk mendiskusikan kualifikasi saya agar bisa berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan. Terima kasih sebelumnya atas pertimbangannya.  

#4 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan anda. Saya berharap bisa mendapat kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut perihal posisi digital marketing yang saya lamar serta menunjukkan bagaimana saya bisa membantu mencapai tujuan perusahaan. Saya percaya keterampilan dan motivasi saya bisa menjadi aset yang berharga bagi perusahaan. Jangan ragu untuk menghubungi saya di nomor 0812345678 atau email abcd@gmail.com bila memerlukan informasi lain yang diperlukan. 

#5 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran saya. Saya berharap untuk membawa keahlian industri dan pengalaman saya ke sebuah perusahaan, seperti perusahaan Anda, di mana saya dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan. Harap jangan ragu untuk menghubungi saya di (masukkan nomor telepon atau email) jika Anda memerlukan informasi tambahan.

#6 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya ingin mendapatkan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang posisi ini dan menunjukkan bagaimana saya dapat membantu (perusahaan atau tim) mencapai tujuan organisasi. Saya percaya keterampilan dan motivasi saya menjadikan saya aset potensial yang hebat. Saya dapat dihubungi di (telepon atau email) jika Anda memerlukan informasi lain.

#7 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Saya menantikan kesempatan untuk mendiskusikan posisi tersebut dan apa yang dapat saya lakukan untuk perusahaan Anda. Saya percaya visi dan nilai pribadi saya selaras dengan merek (perusahaan) dan saya akan sangat cocok untuk organisasi Anda. Terima kasih atas waktunya meninjau resume saya.

#8 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Saya tahu saya dapat memberi nilai bagi organisasi Anda dan akan sangat senang jika diberi kesempatan untuk mendiskusikan bagaimana pengalaman dan keterampilan saya dapat berkontribusi pada pertumbuhan atau kesuksesan di (nama perusahaan). Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau aplikasi saya. Saya ada di (masukkan email atau nomor telepon) jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut.

#9 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Saya menghargai waktu dan pertimbangan Anda dan berharap keterampilan dan pengalaman saya selaras dengan kebutuhan Anda. Saya lampirkan resume saya, dan Anda akan mencatatnya (keahlian khusus yang kamu tonjolkan). Pekerjaan yang (perusahaan) lakukan di ruang (industri) ini sangat menarik, dan saya ingin belajar lebih banyak tentang bagaimana menjadi bagian dari tim.

#10 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah: 

Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran saya. Saya percaya (masukkan keahlian / kredensial) saya akan berharga di (spesialisasi perusahaan), dan saya menantikan kesempatan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana saya dapat membantu dalam organisasi Anda. Saya telah melampirkan resume saya dan dengan senang hati akan memberikan informasi tambahan yang mungkin Anda butuhkan.

Sementara itu, beberapa bentuk contoh penutupan surat lamaran kerja yang kurang etis juga sebaiknya tidak boleh kamu tiru. Berikut beberapa contohnya. 

1. Saya ingin berbicara langsung dengan Anda dan saya akan sangat senang bekerja dengan perusahaan anda. Hubungi saya untuk wawancara kapanpun. 

2. Yang saya minta adalah anda mempertimbangkan aspirasi saya menjadi bagian terbaik dari perusahaan anda. 

Dua contoh di atas, terlihat kurang sopan seolah kamu menyuruh perekrut untuk menghubungimu untuk interview. Dengan berperilaku seperti itu, bisa jadi kamu tidak akan dipertimbangkan. 

Baca juga: 8 Tips foto lamaran kerja yang profesional

5 Contoh Kesalahan dalam kalimat penutup surat lamaran pekerjaan

5 Contoh Kesalahan dalam kalimat penutup surat lamaran pekerjaan
Jangan sampai menulis kalimat penutup dengan kesan memaksa. (Foto: Pexels.com)

Sementara itu, beberapa bentuk contoh penutupan surat lamaran kerja yang kurang etis juga sebaiknya tidak boleh kamu tiru. Berikut beberapa contohnya. 

  1. Saya ingin berbicara langsung dengan anda. Dan saya akan sangat senang bekerja dengan perusahaan anda. Hubungi saya untuk wawancara kapanpun. 
  2. Yang saya minta adalah anda mempertimbangkan aspirasi saya menjadi bagian terbaik dari perusahaan anda. 
  3. Tolong, tolong, tolong wawancarai saya. Saya jamin Anda tidak akan menyesalinya.
  4. Terima kasih atas pertimbangan Anda, dan waktu Anda. Langsung terima kasih dan terlalu singkat tanpa kalimat yang meyakinkan.
  5. Jika Anda mempekerjakan saya, saya akan mengguncang perusahaan Anda!

Lima contoh di atas, terlihat kurang sopan seolah kamu menyuruh perekrut untuk menghubungimu untuk interview. Dengan berperilaku seperti itu, bisa jadi kamu tidak akan dipertimbangkan.  Hindari kesalahan-kesalahan tersebut dan kurangnya profesionalitas dengan bergabung dan belajar bersama talent marketplace EKRUT

Jadi, dengan mengetahui kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah kesempatan bagi kamu untuk bisa mempraktekkan bagaimana menyampaikan kalimat akhir di surat lamaran dengan benar. Sehingga apa yang kamu tulis bisa membuat perekrut tertarik untuk menghubungimu.

Agar aplikasi lamaran kerjamu makin menarik recruiter, simak video menarik tentang fakta dan mitos untuk memaksimalkan CV ini. 

Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah - EKRUT

Sumber: 

  • roberthalf.com
  • livecareer.com
  • zety.com

Tags

Share