Media

Kampus ini buka jurusan bisnis digital di SBMPTN 2018
By Maria Yuniar - 3 July 2018
3 min read 3328 Views

Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) selalu ramai peminat, termasuk untuk tahun ini. Seperti dilansir kumparan.com, jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini mencapai 860.001 siswa, taun naik delapan pesen dari 2017.

Apa yang menyebabkan jumlah pendaftar naik? Di satu sisi, kuota penerimaan memang bertambah. Di sisi lain, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) pun membuka jurusan baru pada SMBPTN kali ini. Salah satunya adalah Universitas Padjajaran (Unpad) di Jawa Barat. Jurusan apa saja ya? Simak ulasan berikut ini untuk Anda.

 

2 jurusan baru Unpad

Universitas yang memiliki kampus di Bandung dan Jatinangor ini, menawarkan dua jurusan baru. Pertama, Aktuaria. Kedua, Bisnis Digital. Kedua jurusan itu masih berkapasitas masing-masing 50 dan 40 mahasiswa. Program studi (prodi) bisnis digital dikembangkan untuk menelurkan talenta-talenta berkualitas di bidang marketplace, big data, kecerdasaan buatan atau artificial intelligence (AI), serta perusahaan rintisan atau startup.

 

Pertama di Indonesia

Jurusan bisnis digital di Unpad menjadi yang pertama di Indonesia. Jurusan prodi jenjang Sarjana ini bernaung di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Unpad membuka jurusan baru tersebut sesuai amanat Presiden Joko Widodo yang mendorong perguruan tinggi membuka jurusan yang tidak konservatif. Lapangan kerja di bidang bisnis digital juga sangat luas. Anda bisa menemukan berbagai peluangnya di EKRUT.

Rektor Universitas Padjajaran Prof. Tri Hanggono Achmad dikutip situs resmi universitas menjelaskan, pembukaan dua prodi tersebut menjadi repons terhadap permintaan global. Prodi bisnis digital sendiri diklaim mempunyai kekuatan dalam implementasi teknologi digital dalam pembelajaran bisnis.

 

Pengajar lintas sektor

Nantinya, para mahasiswa prodi Bisnis Digital tidak hanya mengikuti perkuliahan dengan pengajar dari FEB. Unpad pun mengundang para pengajar lintas sektor keilmuan. Beberapa di antaranya berasal dari Fakultas Hukum, untuk menyampaikan perkuliahan mengenai implementasi Undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Selain itu, akan ada pengajar dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan prodi Teknik Informatika. Kampus ini pun akan menggandeng para praktisi di industri bisnis digital.

Pengumuman hasil SBMPTN 2018 mulai bisa diakses pada Selasa, 3 Juli 2018, pukul 17.00 WIB di sini. Apakah ada teman atau kerabat Anda yang berhasil diterima di prodi bisnis digital Universitas Padjajaran?

 

Rekomendasi bacaan:
Snooze, fitur baru Facebook untuk blokir keyword tertentu
Sudah posting pertanyaan Anda di Instagram Stories?
Pokemon Quest sudah ada di iOS dan Android, main yuk!

 

Rekomendasi bacaan:
kumparan.com
unpad.ac.id

Tags:

  • bisnis digital
  • Unpad
  • Universitas Padjajaran
  • SBMPTN 2018
  • SBMPTN
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang