Published on

Careers

3 Cara menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Elisha Nathania

mengapa_anda_ingin_bekerja_di_perusahaan_kami.jpg

Pernah mendengar pertanyaan interview seperti ini "Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” dan kamu bingung menjawabnya? Nah, sebaiknya kamu mempersiapkannya dengan matang, ya. Pasalnya pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan dasar yang sering diajukan oleh recruiter pada kandidat. Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Untuk apa pertanyaan tersebut ditanyakan saat interview?

Untuk apa pertanyaan tersebut ditanyakan saat interview?
Recruiter ingin tahu objektif kariermu (sumber: Shutterstock)

Pertama, kamu perlu mengetahui apa yang sebenarnya recruiter ingin ketahui dari pertanyaan, “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?.” Pertama, mereka ingin mengetahui apakah kamu sudah melakukan riset tentang perusahaan mereka dan tahu apa yang akan kamu kerjakan nantinya. Tentunya, mereka tidak ingin merekrut seseorang yang hanya asal melamar setiap pekerjaan yang dilihat pada portal pencari kerja. Hayo, apakah kamu tipe kandidat yang seperti ini?

Selain itu, mereka juga ingin tahu apakah kamu sudah memiliki objektif karier yang jelas. Sehingga, rekruter dapat mencocokan apakah tujuan kariermu sudah sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan sampai, ketika kamu direkrut, kamu berujung tidak menyukai pekerjaannya dan resign dalam waktu singkat. Hal ini akan sangat merugikan perusahaan, bukan?

Tips menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Tips menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”
Berikan jawaban yang spesifik (sumber: Shutterstock)

Sekarang kamu sudah memahami bahwa pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sangat sering ditanyakan oleh perusahaan. Lalu, bagaimana cara menjawabnya agar kamu dapat menarik perhatian recruiter? Kamu bisa menerapkan beberapa cara ini.

1. Fokus pada keunggulan perusahaan

Tentunya, perusahaan akan senang jika kamu memang tertarik dengan bidang bisnis mereka. Kamu bisa menjelaskan bahwa kamu memang tertarik dengan industri sejenis. Misalnya, kamu tertarik dengan industri transportasi online dan melihat bahwa masa depan dari industri ini sangat, sehingga kamu akhirnya memilih melamar di startup transportasi online

Atau, kamu juga dapat menjelaskan tipe perusahaan yang kamu minati. Misalnya, startup yang baru benar-benar merintis dimana kamu cenderung akan multitasking namun banyak belajar dan mengembangkan diri. Preferensi ukuran perusahaan dari setiap kandidat tentunya berbeda-beda. Ada kandidat yang memang ingin bekerja di perusahaan yang sudah terjamin. Jadi, tentukan preferensimu untuk menjawab pertanyaan, “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” ya.

Baca juga: Tips berpakaian saat interview 

2. Spesifik pada posisi yang kamu lamar di perusahaan

Berikan alasan mengapa kamu tertarik melamar di posisi tersebut. Misalnya ada job specification yang membuat kamu merasa tertantang untuk mencobanya. Kamu juga bisa sedikit menjelaskan darimana kamu mengetahui adanya posisi pekerjaan ini. Apakah langsung di website perusahaan, LinkedIn, dihubungi oleh konsultan EKRUT atau melihat iklan di job portal lainnya.

3. Hubungkan tujuanmu dengan profil perusahaan

Setelah menjelaskan hal-hal yang kamu ketahui tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar, saatnya memberikan kesimpulan yang menarik. Kamu dapat merekap jawabanmu dengan kata penutup seperti “itulah alasan saya melamar di perusahaan ini, saya merasa dapat mengembangkan kemampuan dengan bekerja di startup yang saya impikan.” Jika kamu sudah memiliki pengalaman pekerjaan, akan menjadi nilai tambah jika kamu dapat menggabungkannya. Sehingga, kamu bisa berkontribusi lebih baik dalam pekerjaan yang kamu lamar.

Kesalahan-kesalahan saat menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Kesalahan-kesalahan saat menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”
Kesalahan ini bisa membuat kamu gagal direkrut (sumber: Shutterstock)

Agar kamu dapat direkrut, sebaiknya, kamu menghindari menjawab pertanyaan, “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” dengan beberapa jawaban di bawah ini, ya.

1. Terlalu umum

Jawaban seperti, “perusahaan Anda terlihat menarik dan memiliki prospek yang bagus” tentunya sudah sering didengar dari ratusan atau mungkin ribuan pelamar. Jelaskan lebih lanjut mengapa kamu tertarik dan mengapa kamu berpikir perusahaan ini memiliki prospek yang baik.

2. Terlihat belum melakukan riset

Kamu mungkin saja mendapatkan pertanyaan lanjutan seperti apa yang kamu ketahui dari perusahaan tersebut. Nah, jika kamu tidak melakukan riset, kamu akan sangat terlihat kebingungan dalam menjawab pertanyaan ini. Jadi, setidaknya, pahami inti bisnis perusahaan yang kamu lamar, ya.

3. Kurang antusias

“Kebetulan ada iklan pekerjaan, lalu dipanggil interview, jadi saya hadir.” Tentunya, jawaban seperti ini akan membuat kamu langsung dicoret dari list kandidat yang lolos ke tahap berikutnya. Kamu akan terlihat kurang antusias dan menganggap remeh perusahaan yang kamu lamar.

4. Menguntungkan diri sendiri

Hindari juga menjawab dengan hal-hal yang hanya menguntungkan diri sendiri seperti karena letak kantor dekat dari rumah, sudah tidak tahan dengan perusahaan saat ini, ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan jawaban serupa lainnya. Tentunya, dalam pencarian kerja, kamu dan perusahaan harus saling menguntungkan. Jadi, berikan gambaran apa yang akan perusahaan dapatkan dari merekrut kamu, ya.

Baca juga: 10 Alasan kamu tidak dipanggil interview 

Contoh jawaban pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Contoh jawaban pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”
Siapkan dirimu dengan contoh jawaban berikut (sumber: Shutterstock)

Masih belum terbayang cara menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kamu?” Kamu bisa mensontek contoh jawaban berikut ini dan memodifikasinya.

“Setelah lebih dari tiga tahun bekerja di bidang manajemen proyek, saya semakin tertarik untuk mengembangkan kemampuan memimpin dan bekerja dalam tim. Saya melihat perusahaan Bapak/Ibu menawarkan kesempatan untuk menangani berbagai proyek dan stakeholders. Sehingga saya percaya diri dapat mengembangkan diri dan memberikan performa yang baik di perusahaan ini.”

“Saya membaca beberapa artikel belakangan ini yang mengatakan bahwa perusahaan fintech memiliki masa depan yang baik. Selain itu, dengan latar belakang pendidikan di bidang keuangan yang saya miliki, saya yakin bisa berkontribusi dalam kemajuan perusahaan ini di masa mendatang.”

“Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” merupakan pertanyaan yang sangat sering ditanyakan dan sedikit perlu trik untuk menjawabnya. Jadi, persiapkan dirimu dengan matang, ya. Semoga sukses!

sign up EKRUT

Sumber:

  • careersidekick.com
  • resources.biginterview.com

Tags

Share