Published on

Careers

5 Perbedaan CV dan resume yang penting untuk diketahui

Elisha Nathania

5_Perbedaan_CV_dan_resume_yang_penting_untuk_diketahui.jpg

CV dan resume merupakan elemen penting yang tidak bisa kamu lupakan saat melamar pekerjaan. Namun, tahukah kamu bahwa CV dan resume memiliki beberapa perbedaan dari segi panjang halaman, konten dan tujuannya? Jika belum mengetahuinya, yuk, simak ulasan berikut supaya kamu bisa menentukan seberapa penting CV atau resume yang tepat untuk kamu melamar pekerjaan.

Pentingnya CV dalam proses melamar pekerjaan

Pentingnya CV dalam proses melamar pekerjaan
CV biasanya diperuntukkan bagi pekerjaan akademisi. (Gambar: Shutterstock)

CV merupakan dokumen dengan ulasan mendalam dan detail yang mendeskripsikan tentang perjalanan karier dan pendidikan kamu. Karena sifatnya yang detail, CV akan cukup panjang dan bisa saja lebih dari dua halaman. Di beberapa negara seperti Amerika dan Kanada, CV biasanya akan sangat bermanfaat untuk melamar pekerjaan sebagai akademisi dan tim riset. 

Pekerjaan di bidang ini sangat membutuhkan CV karena biasanya kemampuan yang dibutuhkan sangat berkaitan dengan pengalaman riset, publikasi jurnal dan latar belakang pendidikan kamu.

1. Apa saja informasi yang terdapat dalam CV? 

Berikut beberapa informasi yang wajib untuk dicantumkan pada CV yang lengkap dan kronologis.

Konten Penjelasan
Informasi dasar Nama, nomor telepon yang dapat dihubungi, email.
Background pendidikan Jika melamar sebagai akademisi atau tim riset, tulis background pendidikan sedetail mungkin, mulai dari tahun, gelar, jurusan, nama universitas.
Ketertarikan atau interest Karena fokus pada riset, kamu bisa mencantumkan bidang riset yang ingin kamu tekuni.
Kemampuan Tambahkan kemampuan bahasa dan kemampuan lainnya sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar.
Pengalaman Buatlah pengalaman kerja secara detail dan kronologis. Nama perusahaan, lama bekerja, posisi dan pencapaian apa saja selama bekerja.
Publikasi Publikasi jurnal, disertasi sertakan juga jika kamu pernah mengikuti conference untuk mempresentasikan riset kamu.
Sertifikasi dan Penghargaan                                                                   Dua dokumen yang resmi ini akan menjadi poin plus pada CV kamu. Misalnya, kamu mendapatkan penghargaan sebagai tim riset terbaik, tuliskan pada CV.
Referensi

Bisa sertakan atasan, profesor, tim yang pernah riset bersama yang bisa memberikan testimoni dari pekerjaan kamu.

2. Contoh CV yang ideal dan profesional

Berikut contoh CV yang bisa kamu contoh ketika kamu ingin melamar menjadi akademisi atau tim riset yang profesional.

Contoh CV yang ideal dan profesional
Sumber: thebalancecareers.com

Pentingnya resume dalam proses melamar pekerjaan

Pentingnya resume dalam proses melamar pekerjaan
Resume lebih bersifat merangkum pengalaman (Gambar: Shutterstock)

Resume adalah dokumen yang merangkum berbagai data tentang kamu yang lumrah digunakan saat melamar kerja. Karena sifatnya yang “merangkum”, resume biasanya akan membutuhkan satu halaman saja. Resume sangat penting saat kamu melamar pekerjaan, karena, rekruter akan mendapatkan gambaran besar tentang pengalaman kamu. Sehingga, mereka dapat dengan segera memutuskan apakah kamu layak dipanggil ke tahap selanjutnya seperti interview atau tidak.

1. Apa saja informasi yang terdapat dalam resume?

Tidak terlalu berbeda jauh dengan CV, berikut beberapa informasi yang bisa kamu cantumkan pada resume.

Konten Penjelasan
Informasi dasar Nama, kontak yang dapat dihubungi, email dan media sosial jika kamu aktif.
Objektif karier Biasanya, resume untuk kerja akan mencantumkan objektif karier atau deskripsi diri yang memberikan gambaran singkat tentang kamu.
Background pendidikan                                          Cantumkan nama institusi pendidikan, gelar yang kamu dapatkan, tahun dan jika perusahaan meminta, tuliskan IPK.
Pengalaman kerja Pilihlah pekerjaan yang paling sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Agar enak dilihat, kamu dapat menyusunnya dimulai dari pekerjaan paling baru.
Kemampuan pendukung                                             

Tidak ada salahnya menuliskan kemampuan yang bisa memberikan nilai plus untuk posisi yang dilamar.

2. Contoh resume yang ideal dan profesional

Berikut contoh resume yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang profesional.

Contoh resume yang ideal dan profesional
Sumber: thebalancecareers.com 

5 Perbedaan CV dan resume

5 Perbedaan CV dan resume
Perbedaan CV dan resume bisa dibagi menjadi lima aspek. (Gambar: Shutterstock)

Masih belum memahami perbedaan CV dan resume? Berikut EKRUT merangkum perbedaan CV dan resume. Yuk, simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

1. Panjang halaman

Perbedaan CV dan resume yang pertama adalah panjang halaman. Karena CV bersifat detail dan menuliskan seluruh pengalaman berikut publikasi yang ada, maka jumlah halamannya bisa saja melebihi dua halaman. Sementara resume bersifat ringkas dan padat sehingga biasanya hanya berjumlah satu halaman atau maksimal dua halaman saja.

2. Kegunaan

Seperti yang sudah kamu pahami di atas, kegunaan dari CV biasanya adalah untuk pekerjaan yang bersifat akademis seperti peneliti. Sementara resume digunakan untuk merangkum dan “menjual” diri kamu dengan cepat, sehingga perlu dibuat singkat dan jelas.

3. Konten

Selanjutnya, perbedaan CV dan resume adalah terlihat dari kontennya. CV biasanya akan lebih banyak mencantumkan konten yang bersifat akademis sementara resume akan merangkum pengalamanmu sebagai profesional di bidang tertentu.

4. Tata Letak

Perbedaan dari CV dan resume yang mendasar lainnya adalah CV bersifat statis sementara resume bisa bersifat fleksibel tergantung penggunaan. CV akan bersifat kronologis dan mencantumkan seluruh pengalaman, pendidikan dan kemampuan dengan detail. Sementara resume dapat bersifat acak, tidak semua pengalaman harus kamu tulis. Kamu perlu menyesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar dan merangkumnya dengan singkat.

5. Istilah dari negara yang menggunakan

Di Amerika dan Kanada, resume akan lebih disukai saat melamar pekerjaan. Sementara CV biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan yang bersifat akademis atau penelitian. Namun, di Inggris, Selandia Baru dan Irlandia, format CV yang detail dan kronologis lebih banyak dipakai. Format resume yang singkat hampir tidak pernah dipakai. Di India, Afrika Selatan dan Australia, perusahaan swasta biasanya akan meminta resume sementara perusahaan di sektor publik akan meminta CV.

Baca juga: 9 Website untuk membuat CV menarik 

Semoga, kamu semakin paham akan perbedaan CV dan resume, ya. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan syarat dan kualifikasi yang perusahaan minta, agar usaha kamu tidak sia-sia. Selamat menulis CV dan resume!

daftar EKRUT

Sumber:

  • thebalancecarrer
  • zety
  • kompas

Tags

Share