Media

Semakin maju, Gojek kini jadi Decacorn
By Tsalis Annisa - 8 April 2019
3 min read 113 Views
sumber: go-jek.com
sumber: go-jek.com

Salah satu startup kebanggaan Indonesia yaitu, Gojek, akhirnya menjadi Decacorn setelah 10 tahun beroperasi. Hal ini dapat dilihat pada situs CBInsights yang menyatakan bahwa Gojek saat ini memiliki nilai valuasi US$10 miliar.

Perusahaan yang dipimpin oleh anak bangsa yaitu, Nadiem Makarim ini terakhir mendapatkan pendanaan seri F dari beberapa investor, termasuk dari salah satu perusahaan ternama dunia yaitu Google. Bahkan, berdasarkan informasi yang beredar, suntikan dana tersebut bernilai US$920 juta.

Decacorn sendiri adalah istilah bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar. Selama 10 tahun beroperasi, Gojek sudah 9 kali menggelar putaran penggalangan dana. Menurut Crunchbase, sudah 24 investor yang menyuntik Gojek dengan total dana yang dihimpun US$3,1 miliar.

Melihat ke belakang, penggalangan dana Seri A terjadi pada tahun 2014 dengan Capikris Foundation dan Openspace Ventures sebagai investornya.

Hingga pada tahun 2018, Gojek akhirnya mendapatkan dana Seri E dengan total dana US$1,5 miliar. Adapun investor yang bergabung adalah Tencent Holdings, Via ID, Astra International, Termasek Holdings, JD.com, Meituan Dianping, bahkan hingga Google dan Blibli.

Sebelum mendapat predikat decacorn, Gojek sendiri telah merambah ke lebih banyak pasar di Asia. Sebut saja Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Ke depannya, Gojek berharap dapat melakukan ekspansi agar semakin banyak negara yang ikut merasakan manfaat positif yang diberikan Gojek.

Hal ini tentu akan memberikan dampak positif secara luas untuk semua kalangan, baik dalam mempermudah pengguna, dan juga membantu mitra mendapatkan penghasilan tambahan.

Selamat, Gojek!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: news, decacorn, unicorn, startup, Gojek

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang