Media

3 bahasa pemrograman terpopuler tahun ini
By Maria Yuniar - 20 September 2018
5 min read 155 Views

Perkembangan teknologi membuat jenis-jenis bahasa pemrograman terus berkembang. Dengan berbagai kebutuhan dan sistem, setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. (Baca juga: 7 dasar bahasa pemrograman Python)

Salah satu cara untuk mengetahui bahasa pemrograman yang sebaiknya dipelajari, kamu bisa melihat kembali kasus-kasus yang kamu hadapi ketika melakukan pemrograman. Selain itu, kamu juga bisa mengambil referensi dari sederet bahasa pemrograman yang menghasilkan profit paling banyak selama 2018. Simak ulasan mengenai tiga bahasa pemrograman terpopuler tahun ini yang patut kamu pelajari.

 

Bahasa pemrograman JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dinamis dan digunakan hampir di semua situs. Bahasa pemrograman ini sering disebut user-friendly. Hal ini pun terbukti dengan adanya peningkatan pemakaian JavaScript di komunitas para pengembang situs.

Sekitar 80 persen developer dan 95 persen dari semua situs menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramannya. Beberapa framework JavaScript, seperti React dan AngiarJS memiliki potensi yang baik, seiring kemajuan Internet dan gawai. (Baca juga: 6 JavaScript charting library untuk visualisasi data)


Sumber: memegenerator.net

 

Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat membuat aplikasi lintas platform, seperti komputer, telepon genggam, dan situs. Berdasarkan Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE yang menganalisis popularitas penggunaan bahasa pemrograman berdasarkan hasil pencarian, Java menjadi bahasa pemrograman paling populer pada Juli 2018.

Meski sudah berusia lebih dari 20 tahun, Java terbilang masih eksis. Bahasa pemrograman ini telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengembang dan 15 miliar perangkat di seluruh dunia. Java juga bisa diaplikasikan pada perangkat lunak dan sistem operasi,  manapun melalui Java Virtual Machine. Selain itu, semua aplikasi Android dan 90 persen perusahaan-perusahaan dalam daftar Fortune 500 menggunakan Java untuk mengembangkan sistem backend-nya.

 

Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang sedang naik daun pada 2018. Python sering digunakan untuk mengerjakan banyak hal, seperti pengembangan situs, machine learning, hingga analisis data. (Baca juga: 4 kelebihan bahasa pemrograman Python)

Phyton juga dimanfaatkan secara luas pada komputasi ilmiah dan data mining. Meningkatnya kebutuhan terhadap pembelajaran mesin pun meningkatkan popularitas bahasa pemrograman Python. Dalam praktiknya, Python juga digunakan oleh beberapa situs seperti Instagram, YouTube, Reddit, dan NASA.

JavaScript, Java, dan Phyton merupakan bahasa pemrograman yang harus kamu pelajari pada tahun 2018 untuk tetap sejalan dengan tren. Kamu juga dapat mempelajari bahasa-bahasa pemrograman di atas untuk membuat sistem pemrograman yang baru, terlebih jika berkolaborasi dengan pengembang-pengembang lain.

 

Rekomendasi bacaan:
7 pilihan font gratis untuk kebutuhan komersial
Nilai transaksi Bitcoin telah lampaui PayPal, benarkah?
10 kursus Docker gratis buat kamu

 

Sumber:
hackernoon.com
medium.com
techarea.co.id

Tags: JavaScript, Java, Python, bahasa pemrograman

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang