Published on

Careers

3 langkah jitu jalin relasi dengan kandidat

Maria Yuniar

kandidat_3.jpg

Keberhasilan dalam merekrut kandidat yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan perusahaan. Karena itu, perusahaan harus mampu mengumpulkan para kandidat terbaik dari begitu banyak pelamar.

Untuk mengumpulkan para kandidat terbaik, perusahaan mesti menjalin relasi dengan mereka. Hal ini penting untuk dilakukan agar ketika ada lowongan yang dibuka, para kandidat terbaik tadi akan mengisi posisi yang dibutuhkan.

Sayangnya, tak banyak perusahaan yang tahu cara terbaik untuk menjalin relasi dengan para kandidat ini. Untuk itu, simak beberapa tips berikut agar perusahaanmu mampu mendapatkan kandidat terbaik.

Tulis job desc untuk kandidat

Salah satu cara untuk mendapatkan kandidat ideal adalah dengan menulis deskripsi pekerjaan. Kumpulkanlah beberapa orang terbaik dari posisi serupa yang sedang dicari. Lalu, susunlah deskripsi pekerjaan yang mampu mewakili kinerja terbaik orang-orang tersebut.

Setelah itu, buat daftar lima hingga sepuluh karakteristik yang harus kamu cari ketika melakukan seleksi kandidat. Meski terdengar sedikit merepotkan, tapi daftar ini akan membantumu untuk mendapatkan kandidat yang tepat bagi perusahaan.

Baca juga: 8 hal dari kandidat yang disukai HRD

Manfaatkan networking karyawan

Tak akan ada yang pernah bisa melawan kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut. Ketika perusahaanmu sedang membuka lowongan, pastikan bahwa kamu menyebarkan informasi tersebut ke para karyawan. Jadi, mereka bisa merekomendasikan teman atau koleganya.

Setelah itu, jelaskan sedikit rencana perkembangan perusahaan kepada mereka. Tujuannya, agar teman dan kolega yang mereka rekomendasikan, yakin akan masa depan perusahaanmu. 

Salam era media sosial ini, hampir setiap orang setidaknya memiliki ratusan koneksi di Facebook, Twitter, maupun LinkedIn. Hal ini juga tentu akan meningkatkan potensimu untuk mendapatkan kandidat yang terbaik.

Baca juga: Kenapa perekrut susah dapatkan kandidat?

Bangun relasi dengan kandidat terbaik

Setelah menyebarkan informasi lowongan dan banyak kandidat yang tertarik, jangan tinggalkan semua kandidat tersebut. Hal itu akan membuatmu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Karena itu, kamu harus bisa membangun relasi dengan para kandidat ini, meski mereka tak jadi mengisi lowongan kosong di perusahaan. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk terus berelasi, misalnya dengan memberi ucapan terima kasih atas lamaran mereka dan mengirim newsletter setiap bulan.

Baca juga: 6 tips dapatkan kandidat sesuai visi perusahaan

Selain itu, ada satu langkah lagi yang patut kamu coba, yaitu bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Kamu akan menemukan begitu banyak kandidat berpotensi di sana untuk mengisi berbagai posisi di perusahaanmu.

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • karyaone.co.id
  • job-like.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_Human_Capital.jpg

Careers

Apa itu Human Capital? Inilah Pengaruhnya Bagi Ekonomi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia

Algonz D.B. Raharja

29 April 2022
5 min read
employee_background.jpg

Expert's Corner

7 Cara melakukan employee background check yang efektif dan tepat guna

Sylvia Rheny

17 March 2022
7 min read
data_dalam_rekrutmen.png

Expert's Corner

10 Manfaat data dalam rekrutmen bagi proses rekrutmen HRD

Maria Yuniar

04 March 2022
8 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read