Media

3 soft skill programmer incaran perusahaan
By Widyanto Gunadi - 22 May 2018
234 Views

Ada banyak pendapat mengenai skill yang harus dimiliki seorang programmer. Jika membicarakan soal keterampilan dasar, mungkin Anda sudah paham. Lalu, bagaimana dengan soft skill? Apa saja yang perlu diperhatikan calon programmer dalam memenuhi skill programming beserta keterampilan soft skill yang terkait? Apalagi saat ini, HRD tak hanya mencari programmer dengan keterampilan dasar saja, tetapi juga keterampilan lainnya. Apa saja sih yang sebenarnya dicari perusahaan? Jika Anda seorang programmer, simak poin-poin berikut ini untuk mendapatkan peluang kerja.

 

Problem solving 

Problem solving skill adalah kemampuan memecahkan masalah. Seperti halnya software yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah klien atau user, problem solving diperlukan programmer untuk memberikan solusi. Apapun bahasa pemrograman yang Anda kuasai, teknologi yang Anda pelajari, jika Anda tidak bisa memecahkan masalah, perusahaan akan melirik kandidat lain. Nah, karena itulah Anda dituntut untuk bisa memecahkan masalah dengan berlatih, dan jangan malas berpikir dalam mencari solusi untuk setiap kasus.

 

Critical thinking

Critical thinking didefinisikan sebagai kemampuan berpikir kritis, dengan menggunakan logika dan analisis untuk mencari solusi yang tepat.    Berpikir kritis menjadi salah satu bentuk dari correct thinking, yaitu keterampilan berpikir benar. Jangan lupa, sebuah software tidak mungkin diciptakan tanpa adanya proses berpikir benar.

 

Self-learning

HRD selalu mencari kandidat programmer dengan keterampilan self-learning, yang mampu belajar mandiri secara terus menerus. Sebab, dunia teknologi, termasuk software di dalamnya, sangat dinamis dan berkembang dengan cepat. Segala sesuatu yang masih baru saat ini, bisa saja menjadi kadaluwarsa bulan depan.

Jadi, jika kita tidak memiliki keterampilan untuk belajar mandiri, maka pengetahuan yang kita miliki akan tertinggal. Seorang programmer pun perlu terus mengasah keterampilannya untuk menyerap pengetahuan baru serta mengembangkan diri. 

Nah, jika kamu seorang programmer, baik dengan kemampuan dasar maupun mahir, jangan lupakan tiga soft skill di atas ya. Sebab, HRD tidak semata-mata mempertimbangkan kemampuan Anda dalam SQL maupun version control systems. HRD pun mencari programmer dengan keterampilan dalam problem solving, critical thinking, serta self-learning skill.

 

Rekomendasi bacaan:
Bahasa pemrograman Go ternyata tak serumit C atau Java
5 cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan
Masa depan dunia digital di tangan AI dan big data

Sumber:
jaxenter.com
codepolitan.com
 

Tags:

  • skill programmer
  • lowongan programmer
  • programmer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang