Published on

Technology

3 teknologi untuk amankan rumah selama mudik

Widyanto Gunadi

cctvc.jpg

Lebaran memang saat yang ditungu-tunggu oleh banyak orang. Di hari raya nanti, tak sedikit yang mudik dan bersilaturahmi di kampung halaman masing-masing. Apakah Anda salah satunya? Nah, apakah Anda sudah menyiapkan segala sesuatunya agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik? Berikut ini ada beberapa teknologi yang layak Anda pilih untuk membantu Anda selama mudik.

 

Sensor okupansi

Bisa jadi, Anda lupa mematikan lampu rumah saat meninggalkannya untuk mudik. Lampu yang terus menyala dapat mengundang perhatian para pencuri, karena mereka tahu rumah Anda sedang kosong. Cegahlah kemungkinan buruk ini dengan memasang sensor okupansi, sebelum Anda meninggalkan rumah.

Sensor ini bekerja dengan mendeteksi gerakan manusia, sekaligus mematikan lampu jika tidak ada gerakan yang terdeteksi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lupa mematikan lampu serta meninggalkan rumah saat Lebaran. 

 

Lighting control

Mirip dengan sistem okupansi, Anda bisa menggunakan sistem ini untuk mematikan dan menyalakan lampu secara otomatis di rumah. Bedanya, sistem ini memungkinkan control jarak jauh. Selain itu, ada penjadwalan yang memudahkan Anda mengatur waktu untuk menyalakan dan mematikan lampu. Teknologi lighting control ini pun memiliki kelebihan lain, yaitu dapat mengontrol TV dan AC di dalam ruangan, melalui fungsi otomatisasinya.


 
CCTV

Anda pasti sudah tidak asing dengan closed-circuit television atau CCTV. Meski Anda sudah memasang dua teknologi di atas untuk mengamankan rumah, tidak ada salahnya pula menempatkan CCTV. Dengan CCTV, Anda bisa memantau kondisi sekitar rumah dalam 24 jam tanpa henti. Aktivitas pemantauan juga bisa dikendalikan dari jarak jauh. 

Anda tidak perlu mencemaskan kondisi keamanan rumah saat ditinggal mudik nanti ya, dengan tiga teknologi di atas. Namun, jangan lupa juga untuk menginformasikan rencana mudik kepada petugas keamanan lingkungan Anda ya!

Sumber:
arah.com
gulfnews.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    aplikasi-pdf-converter-EKRUT.jpg

    Technology

    9 Rekomendasi Aplikasi PDF Converter Terbaik untuk Smartphone

    Detty Risetya

    07 July 2022
    6 min read
    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read

    Video