Published on

Careers

4 kesalahan terberat di kantor

Maria Yuniar

the-eleventh-hour-1254213__340.jpg

Selama bekerja di suatu perusahaan, kemungkinan tanpa disadari, Anda melakukan hal-hal yang mengesalkan atasan atau rekan kerja Anda. Seringkali kesalahan tersebut tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga menurunkan produktivitas tim. Padahal produktivitas penting bagi perkembangan karier Anda. Apa saja kesalahan berat di kantor yang tak terampuni dan perlu Anda hindari?

 

Terlambat kerja maupun rapat

Ketika kita mendapatkan pekerjaan, ada antusiasme yang menyebabkan kita kesulitan tidur di malam harinya. Terlebih saat memikirkan suasana di hari pertama kerja membuat kita kesulitan memejamkan mata.

Efeknya, hal tersebut bisa menyebabkan kita bangun kesiangan dan terlambat datang bekerja. Padahal, sebagai karyawan baru, kita harus memberikan kesan yang baik terhadap atasan. Sebisa mungkin, hindari terlambat datang bekerja. Tak hanya terjadi pada karyawan baru, datang terlambat kerja atau bahkan rapat sering terjadi pada karyawan lama. Kurangnya kedisiplinan atau semangat yang luntur menjadi alasan yang sering dikemukakan. Jadi, ada baiknya Anda membuat timeline dan mendisiplinkan diri agar tidak mendapat peringatan dari atasan.

 

Bergosip tentang rekan kerja

Anda pernah bergunjung tentang rekan kerja Anda?  Gosip di tempat kerja dapat menyebabkan hilangnya produktivitas dan kepercayaan di dalam tim dan menyakiti perasaan. Bahkan, pekerja tanpa sadar saling membentuk pendapat negatif satu sama lain. Tak jarang dalam beberapa kasus, itu bisa menyebabkan pekerja meninggalkan perusahaan.

Ubah fokus percakapan kerja Anda menjadi pujian. Anda akan menemukan bahwa kehidupan kerja Anda akan meningkat saat rekan kerja belajar melihat Anda sebagai orang positif yang layak mendapat kepercayaan mereka.  Jika Anda korban gosip, jangan merasa pesimistis atau menjadi terpengaruh oleh gosip tersebut. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menjadi korban gosip, kecuali untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menceritakan kisah Anda sendiri. Bagikan pencapaian Anda dengan cara yang merongrong para tukang gosip. 

 

Tidak beradaptasi

Lingkungan baru tempat kita bekerja biasanya memiliki budaya atau kebiasaan-kebiasaan tertentu. Perhatikanlah hal-hal kecil agar bisa bergaul dengan karyawan lain dengan baik. Menunjukkan perilaku baik adalah kunci lain menjadi karyawan baru yang baik. Jangan sampai karena attitude kurang baik, Anda jadi ditegur dari atasan.

 

Pasif dan kurang produktif

Terlalu cerewet dan terlalu banyak ngobrol juga sebenarnya tidak terlalu disukai saat seseorang menjadi karyawan baru. Akan tetapi, sebaliknya, pasif atau bahkan kurang produktif ketika menemui masalah juga bisa menjadi penyebab karyawan lambat berkembang. Selain itu, hindari bersikap terlalu pendiam dan cobalah untuk aktif memperkenalkan diri serta menyapa karyawan lama terutama, pada saat-saat istirahat atau pada saat-saat senggang.

Setelah mengetahui empat kesalahan tak terampuni ini, yuk introspeksi dan perbaiki diri. Mulailah dengan mendisiplinkan dan memperbaiki hubungan dengan rekan kerja.

 

Sumber:
fastcompany.com
detik.com
jobloker.co.id
merdeka.com
job-like.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video