Media

4 pendekatan machine learning untuk bisnis
By Widyanto Gunadi - 11 May 2018
961 Views

Machine learning adalah pendekatan untuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang mengadopsi prinsip dari ilmu komputer dan statistik untuk mencari relasi dalam data. Tidak seperti sistem AI lainnya yang menyaring pengetahuan manusia ke dalam aturan eksplisit seperti dalam expert systems, machine learning menginstruksikan suatu algoritme untuk menganalisis data. Semakin banyak data yang diproses, maka semakin cerdas algoritme tersebut. Lalu, apa saja sih pendekatan machine learning untuk bisnis yang perlu Anda ketahui?

Supervised learning

Jika Anda tahu metrik yang ingin diprediksi dan memiliki contoh dengan label sesuai metrik tersebut, machine learning dengan pengawasan (supervised learning) adalah pendekatan terbaik. Jenis ini bisa digunakan oleh e-commerce untuk memprediksi banyaknya uang yang dibelanjakan setiap pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dengan nominal belanja tinggi bisa menjadi target penawaran promosi tertentu. 

Unsupervised learning

Pendekatan ini digunakan ketika data tidak memiliki label khusus untuk memprediksi algoritme. Dengan demikian, algoritme bertugas untuk mengelompokkan data serta menemukan pola baru. Sehingga, anomali data bisa terdeteksi. Anda bisa memanfaatkan pendekatan unsupervised learning untuk menandai potensi penipuan kartu kredit, misalnya. Selain itu, pendekatan ini juga berguna untuk mencari kesamaan antarpelanggan Anda. 

Semisupervised learning

Berbeda dari unsupervised learning, semisupervised learning memanfaatkan data tanpa label untuk memahami struktur sserta distribusi populasi. Pendekatan ini bisa dipakai bank sebelum menawarkan kredit rumah, untuk mengidentifikasi pelanggan yang membutuhkan pinjaman tersebut, tapi belum mendapatkan informasi yang cukup. 

Algoritme pertama akan memproses informasi dari data berlabel untuk memprediksi kepemilikan rumah untuk data tidak berlabel. Selanjutnya, identifikasi data pemilik rumah pun dilakukan. 

Reinforcement learning

Dalam pendekatan ini, komputer melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. Umpan balik menjadi bahan utama dalam reinforcement learning. Algoritme mempelajari urutan tindakan dan mencari peluang terbaik.

Setiap machine learning telah menunjukkan kesuksesan yang berarti dalam dunia bisnis. Karena ruang lingkup praktis machine learning telah meluas, maka yang diperlukan adalah keterampilan bisnis, terutama bagi mereka yang tidak berpengalaman dalam ilmu data.

 

Rekomendasi bacaan:

Benarkah startup bisa memprediksi masa depan?
Apa lagi fitur baru dari Google I/O 2018?
Teknologi goal-line akan digunakan dalam 12 pertandingan Piala Liga Inggris

 

Sumber:
gigacom.com
algorit.ma

Tags:

  • machine learning
  • AI
  • artificial intelligence
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang