Published on

Technology

6 Rekomendasi podcast lokal yang wajib kamu dengar

Nelson Simbolon

podcast_lokal.jpg

Beberapa tahun belakangan, muncul format baru untuk siaran dalam bentuk audio bernama podcast. Jurnalis Ben Hammersley menyebut bahwa nama podcast berasal dari kata "pod" yang merupakan pemutar musik digital ciptaan Apple, yakni iPod. Sementara itu, kata "cast" berasal dari kata broadcast atau siaran. 

Dengan kanal yang beragam dan tema acara yang berbeda-beda, kini sudah banyak kanal podcast yang hadir di Indonesia. Podcast pun bisa dijadikan sebagai alternatif dalam memilih hiburan. Lalu, apa saja pilihan rekomendasi podcast Indonesia yang bisa dinikmati?

Berikut 6 rekomendasi podcast lokal yang bisa kamu dengarkan.

1. Podcast Awal Minggu

podcast lokal - EKRUT
Podcast Awal Minggu memiliki sesi bincang-bincang bersama tamu - EKRUT

Podcast lokal ini dibawakan seorang pelawak tunggal bernama Adriano Qalbi. Dengan pembawaan yang jujur serta simpel dan tema yang dekat dengan kehidupan masyarakat urban sehari-hari, Podcast Awal Minggu sangat menarik untuk disimak.

Dibuat dengan alasan bahwa podcast ini akan menjadi wadah bagi Adriano untuk berlatih dan menguji lawakan tunggalnya, podcast ini ternyata mampu menarik banyak pendengar.

Siaran dengan durasi rata-rata 1 jam ini juga memiliki segmen tanya jawab dengan para pendengarnya. Selain itu, Podcast Awal Minggu juga memiliki sesi bincang-bincang bersama tamu dengan latar belakang yang beragam, mulai dari sesama pelawak tunggal, penyiar radio, penulis skenario, hingga musisi band independen.

Untuk mendengarkan Podcast Awal Minggu, kamu dapat mengklik  tautan ini 

2. Podcast Subjective

podcast lokal - EKRUT
Podcast Subjective mengangkat topik seputar kegelisahan anak muda - EKRUT

Podcast Subjective yang dibawakan oleh Iqbal Hariadi juga menjadi salah satu podcast lokal yang wajib disimak. Selain membahas opini-opini yang menarik dari sisi Iqbal secara subjektif, podcast ini juga sering mengundang tamu untuk membahas hal-hal seputar kegelisahan anak muda, mulai dari perjuangan merantau hingga pandangan politik.

Untuk mendengarkan Podcast Subjective, kamu dapat  mengklik tautan ini

3. Ibu-ibu Yacult

podcast lokal - EKRUT
Podcast Ibu-Ibu Yakult digagas oleh orang yang sama dibalik Generasi 90-an - EKRUT

Bagi kamu penyuka humor-humor ringan khas masyarakat urban, kamu wajib mendengar podcast lokal bertajuk Ibu-ibu Yacult yang dibawakan oleh Marchella FP, penggagas Generasi 90-an dan penulis Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, bersama rekannya Maria Juliana.

Tema-tema yang diangkat dalam podcast ini pun cukup unik, mulai dari kebiasaan supir Marchella yang tidak biasa, hubungan percintaan, pengalaman mencontek saat sekolah, hingga mencoba mengulas produk kecantikan melalui audio.

Untuk mendengarkan Podcast Ibu-ibu Yacult, kamu dapat  mengklik tautan ini.

Baca juga: Cara meningkatkan pendengar podcast yang efektif

4. Makna Talks

podcast lokal - EKRUT
Setiap episode Makna Talks menghadirkan tamu yang berbeda - EKRUT

Digagas oleh anak-anak muda di perusahaan Makna Creative, Makna Talks juga menjadi sebuah podcast lokal yang cukup diminati. Berbeda dengan podcast-podcast lain yang cenderung lebih fokus pada pengalaman penyiarnya, setiap episode Makna Talks selalu menghadirkan tamu dari berbagai kalangan.

Tema-tema yang diangkat dalam podcast ini pun cukup berbeda dibanding podcast-podcast lainnya, mulai dari tekanan mental, kerja keras, serta bisnis kreatif.

5. Thirty Days of Lunch

podcast lokal - EKRUT
Thirty days of lunch dapat menjadi rekomendasi podcast lokal menarik yang kamu dengar -EKRUT

Rekomendasi podcast lokal yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan untuk kamu dengar. Digagas oleh Fellexandro Ruby dan Ario Pratomo, podcast ini mengusung konsep bincang-bincang ringan di kala makan siang. 

Meski dikatakan bincang-bincang ringan namun jangan salah. Topik yang dibahas sangat menarik karena dibahas bersama narasumber-narasumber inspiratif. Contoh beberapa narasumber keren yang ada di podcast ini antara lain Najwa Shihab hingga Aakar Abyasa Fidzuno (CEO dan Founder Jouska)

Untuk mendengarkan podcast Thirty Days of Lunch  kamu bisa mengklik tautan berikut. 

6. EKRUT Talks

podcast lokal - EKRUT
EKRUTTalks banyak membahas hal penting terkait perkembangan karier - EKRUT

Podcast milik EKRUT yang satu ini juga menjadi rekomendasi podcast lokal  yang tidak kalah menarik dengan podcast lainnya.

Selain membahas topik seputar kehidupan kantor yang menarik untuk didengar seperti tema office romance yang mungkin juga kamu alami, EKRUTtalks juga mengangkat topik seputar melamar kerja hingga hal-hal penting terkait perkembangan karier. 

Penasaran dengan Podcast miliki EKRUT? Kamu dapat mendengarkan EKRUTtalks melalui tautan ini

Itulah beberapa rekomendasi podcast lokal yang bisa kamu dengarkan di waktu luang. Tidak hanya bisa menghibur, nyatanya banyak topik-topik menarik yang diangkat dalam podcast lokal cukup edukatif dan inspiratif kan. 

podcast  lokal - EKRUT

Last update: 27 Maret 2020

Rekomendasi bacaan:

Tags

Share