Published on

Careers

4 tren perekrutan bidang teknologi tahun ini

Widyanto Gunadi

perekrutan_teknologi.jpg

Bisnis dan teknologi terus berjalan berdampingan dan semakin berkembang. Berbagai hal baru di industri teknologi pun terus bermunculan, termasuk tren di bidang perekrutan. Nah, apa saja sih tren terbaru dalam perekrutan di industri teknologi yang harus siap Anda hadapi selama tahun ini? Berikut ulasannya untuk Anda!

Negosiasi gaji tak lagi penting

Memang jika Anda melakukan pencarian di Google, akan dapat ditemukan banyak artikel mengenai cara menegosiasikan gaji. Namun saat ini, para pekerja di industri teknologi mendapatkan kompensasi. Sehingga, penghasilan mereka tidaklah kecil. Bahkan, tak sedikit perusahaan teknologi yang terang-terangan mencantumkan gaji yang ditawarkan pada lowongan kerja. Jadi, jangan heran bila para pekerja di industri teknologi tak begitu mementingkan proses negosiasi gaji.

Meningkatnya program manajemen keuangan

Besarnya gaji yang diterima para pekerja tidaklah menjamin adanya keamanan finansial. Masih banyak pekerja yang belum mengerti cara mengatur keuangan. Berdasarkan data MarketWatch, ada sekitar 25 persen pekerja milenial yang mengalami sakit karena mencemaskan kondisi keuangan. Kondisi ini pun mendorong meningkatnya kemunculan berbagai program untuk mengatur keuangan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda dan perusahaan untuk memberikan fasilitas pengelolaan keuangan bagi pekerja.

Meningkatnya pengalaman kandidat dalam pemakaian teknologi mobile

Berdasarkan riset dari Pew Research Center, satu dari sepuluh orang dewasa menjadi pengguna Internet mobile. Selain itu, saat ini ada semakin banyak orang yang memilih memanfaatkan teknologi dengan smartphone untuk melamar pekerjaan. Selain melalu ponsel pintar, para kandidat pun tetap memanfaatkan komputer untuk mencari dan melamar pekerjaan.

Singkatnya proses perekrutan karyawan baru

Proses perekrutan yang singkat bukanlah hal baru bagi para pekerja di bidang teknologi, terutama untuk posisi programmer dan software developer. Kebanyakan dari mereka memang enggan membuang banyak waktu demi mencari pekerjaan baru.

Berdasarkan penelitian Robet Half, dua dari tiga responden menyatakan kehilangan minat dalam mencari kerja jika perusahaan tidak memberi kabar dalam waktu dua pekan sejak wawancara berlangsung. Oleh karena itu, persiapkan proses perekrutan yang singkat bagi para kandidat. Dengan demikian, akan ada lebih banyak kandidat yang berminat bergabung dengan perusahaan Anda. Untuk mempersingkat proses perekrutan kandidat, silakan kunjungi EKRUT.
 

Sumber:
stackoverflowbusiness.com
theundercoverrecruiter.com
hrinasia.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_5_Contoh_Job_Vacancy_yang_Kreatif_Sesuai_Kebutuhan.jpg

Careers

5 Contoh Job Vacancy Kreatif dan Profesional yang Sesuai Kebutuhan Rekrutmen

Sartika Nuralifah

01 March 2022
5 min read
H1_Walk-In_Interview.jpg

Careers

Walk-In Interview: Pengertian Hingga Tips Menghadapinya

Natasya Primatyassari

24 February 2022
5 min read
H1.jpg

Careers

Bagaimana Cara Melamar Kerja Lewat Email? Simak 7 Panduan Beserta Contohnya di Sini!

Felixitas Yolanda

24 February 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read