Published on

Careers

5 Jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT

Maria Yuniar

kuliah-IT---EKRUT.jpg

Beberapa tahun belakangan, bidang IT semakin populer seiring berkembangnya inudstri teknologi yang ditandai oleh kemunculan perusahaan-perusahaan rintisan baru. Karena prospek kerjanya terus menjanjikan, peminat pada jurusan kuliah IT pun meningkat.

Namun, bidang IT tak melulu soal belajar coding. Ada banyak hal-hal yang bisa dipelajari di sana. Bagi kamu yang tertarik mencari peluang karir di bidang IT, berikut ini lima jurusan kuliah yang patut kamu pertimbangkan sebelum mengikuti tes masuk di universitas pilihanmu.

1. Teknik Komputer

kuliah IT - EKRUT
Kamu dapat mengasah pengetahuan mengenai perangkat lunak di jurusan Teknik Komputer - EKRUT

Ketika masuk jurusan Teknik Komputer, kamu akan diarahkan untuk bisa mengimplementasikan perangkat lunak pada perangkat keras. Secara umum, pada jurusan ini, materi mengenai perangkat lunak memiliki porsi 45 persen dan perangkat keras  55 persen. 

2. Ilmu Komputer

kuliah IT - EKRUT
Kemampuan logika dan analisis teori dibutuhkan alam Ilmu Komputer - EKRUT

Di jurusan ini, para dosen akan membantumu memahami dan menganalisisi berbagai teori komputasi beserta pengembangan software. Untuk bisa masuk jurusan Ilmu Komputer, kamu diwajibkan memiliki dua kemampuan, yaitu kemampuan logika dan analisis teori yang tinggi.

3. Software Engineering

kuliah IT - EKRUT
Pastikan waktu kuliah untuk mengembangkan pengetahuan yang berguna bagi bekal bekerja - EKRUT

Apa sih yang akan kamu pelajari di jurusan Software Engineering? Sebagai mahasiswa, kamu akan berlatih mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak dan rekayasanya.

Baca juga: 6 profesi terbaik untuk lulusan baru bidang IT

4. Sistem Informasi

kuliah IT - EKRUT
Menguasai ilmu manajemen juga dapat menunjang pekerjaanmu di bidang IT - EKRUT

Kamu tidak hanya mendapatkan materi tentang ilmu komputer di sini, tapi juga ilmu manajemen. Sebab, jurusan ini fokus pada analisis kebutuhan dan pengembangan software untuk memenuhi permintaan korporasi. Jadi, jangan kaget kalau ada mata kuliah manajemen, meski kamu bukan berada di Fakultas Ekonomi.

5. Teknologi Informasi

kuliah IT - EKRUT
Kamu dapat belajar mengenai pengembangan software di jurusan Teknologi Informasi - EKRUT

Sejauh apa sih, cakupan jurusan Teknologi Informasi? Kamu akan banyak mempelajari perencanaan, implementasi, konfigurasi, hingga maintenance peralatan yang berkaitan dengan teknologi serta pengembangan software.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai jurusan-jurusan tersebut pada setiap situs universitas incaranmu. Selanjutnya, apa yang harus kamu lakukan setelah lulus kelak? Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Di sana, ada berbagai peluang karir di bidang IT dari ratusan perusahaan, termasuk startup.

kuliah IT - EKRUT
Last update: 28 Maret 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • jalantikus.com
  • hipwee.com

Tags

Share