Published on

Careers

5 kemampuan IT yang banyak dicari perusahaan

Widyanto Gunadi

skill_IT.jpg

Persaingan dalam hal pencarian kandidat berkualitas di industri IT memang semakin ketat. Perusahaan pun tidak main-main, ketika melakukan seleksi terhadap para kandidat. Oleh karena itu, miliki lima kemampuan ini di bidang IT, untuk masuk daftar ‘most wanted’ dari perusahaan.

 

AI dan applied machine learning

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memang semakin banyak dicari dan dibutuhkan belakangan ini. Banyak perusahaan mulai mengotomatisasi berbagai aspek bisnis mereka. Robot-robot pembantu manusia pun mulai banyak dipakai di bisnis. 

Oleh sebab itu, tak mengherankan apabila kemampuan applied machine learning dan artificial intelligence menjadi sangat diminati. Miliki paling tidak satu dari dua kemampuan ini, supaya Anda menjadi kandidat IT berkualitas.

 

Pengembangan aplikasi mobile

Saat ini, ada sekitar 2.5 milyar pengguna smartphone di dunia. Setiap tahunnya, penggunaan layanan belanja mobile dan berbagai aplikasi lain juga kian meningkat. Banyak perusahaan mulai menyesuaikan diri dengan tren bisnis mobile yang makin populer. 

Para perekrut yang mencari kandidat di bidang IT harus bersiap untuk bersaing mendapatkan orang dengan kemampuan satu ini. Pasalnya, kemampuan pengembangan aplikasi mobile menjadi semakin krusial dalam berbagai bisnis.

 

Desain UI dan UX

Suatu desain yang baik penting untuk bisnis apapun, tak terkecuali IT. UI dan UX adalah dua bidang desain yang saling berkaitan. Banyak sekali para pemilik usaha di bidang IT dan lainnya mencari orang yang berbakat di bidang satu ini.

UI adalah desain yang dapat Anda jumpai ketika membuka suatu aplikasi. Jika desainnya bagus, maka akan mudah buat pengguna untuk memahami aplikasi tersebut. Selain itu, UX adalah desain yang perannya jauh lebih banyak dari UI. UX lebih mengutamakan pengalaman pengguna suatu aplikasi. Pengalaman pengguna yang dimaksud, mencakup cara komunikasi, melakukan transaksi, atau jumlah layanan yang ditawarkan oleh suatu aplikasi.

 

Kemampuan komunikasi dan multitasking

Industri IT memang mengutamakan kemampuan teknis. Namun, bukan berarti soft skill sama sekali tak berguna. Kemampuan komunikasi dan multitasking yang baik perlu dimiliki pekerja industri IT.

Sering kali bisnis tidak bisa ditebak. Ada kalanya, Anda perlu seseorang untuk dapat menangani suatu pekerjaan di luar job description. Kerja sama juga penting karena tanpanya, proyek besar tak mungkin selesai tepat waktu. Itulah sebabnya, kemampuan multitasking dan komunikasi perlu dimiliki karyawan IT.

 

Cybersecurity

Di dunia teknologi seperti sekarang, keamanan masih menjadi prioritas. Contohnya saja teknologi blockchain. Operasi sistem bitcoin harus dapat dipastikan aman supaya banyak orang mau memanfaatkannya.

Kemampuan cybersecurity atau keamanan dunia digital ini memang masih banyak dicari berbagai perusahaan. Jika Anda bisa mengasah kemampuan satu ini dengan maksimal, mendapat pekerjaan bagus bukanlah mimpi. 

Jadi, siapkan diri Anda dengan lima kemampuan di atas. Selain itu, bergabunglah dengan talent marketplace di EKRUT. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu perusahaan melamar Anda.

Sumber:
inteqna.com
talentinternational.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(10).jpg

    Careers

    10 Tools Wajib yang Dikuasai DevOps Engineer [2022]

    Detty Risetya

    05 July 2022
    6 min read
    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_Stack.jpg

    Technology

    Stack: Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Operasi, dan Implementasi

    Algonz D.B. Raharja

    01 July 2022
    6 min read

    Video