Technology

5 medsos ini paling banyak diakses di Indonesia

Published on
Min read
0 min read
time-icon
Widyanto Gunadi

Content palnner | Likes: Video games, music and drums, good reads, running, learning new things | Dislike: Overcomplicates simple things

medsos_di_indonesia.jpg

Belum lama ini, lembaga We Are Social dan Hootsuite melakukan penelitian mengenai pengguna media sosial di Indonesia. Hasilnya, ditemukan ada 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif di sejumlah media sosial, termasuk Facebook dan Instagram. Seperti dilansir okezone.com, dengan jumlah penduduk sebanyak 265,4 juta orang, penetrasi penggunaan Internet di Indonesia mencapai 132,7 juta pengguna, per Januari 2018.

Dengan demikian, berarti ada sekitar 97,9 persen pengguna Internet di Indonesia yang sudah tersentuh media sosial. Sementara itu, jika dibandingkan total penduduk, sebanyak 48 persen penduduk Indonesia telah mengenal media sosial. Lalu, media sosial apa saja sih, yang biasanya diakses oleh masyarakat Indonesia? Berikut ini ulasannya untuk Anda. 

 

YouTube

Seperti dilansir kompas.com, sebanyak 43 persen pengguna Internet di Indonesia mengakses YouTube. Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami dikutip marketeers.com mengungkapkan, saat ini jumlah orang yang menonton video di YouTube (53 persen), jumlahnya hampir menyamai penonton televisi (57 persen) setiap harinya.

 

Facebook

Facebook menjadi media sosial kedua yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia. Sebanyak 41 persen pengguna medsos di Indonesia, rutin mengakses Facebook. Pengguna Facebook mayoritas berumur 18-24 tahun. Para pengunjung Facebook rata-rata menghabiskan waktu 12 menit 27 detik untuk mengakses medsos itu. Facebook mencatatkan rata-rata trafik per bulan sebanyak 1 miliar pengunjung.

 

WhatsApp

Menyusul Facebook, WhatsApp diakses 40 persen pengguna medsos di Indonesia. Seperti dilansir kompas.com, layanan chatting WhatsApp telah mencatatkan sebanyak 1,5 miliar pengguna aktif bulanan lho. Jumlah tersebut meroket empat kali lipat dalam waktu tiga tahun sejak diakuisisi Facebook. Jumlah pengguna WhatsApp pun diprediksi akan terus meningkat, seiring meluasnya jangkauan Internet. 

 

Instagram

Sebanyak 38 persen pengguna media sosial di Indonesia mengakses Instagram. Seperti dilansir technologue.id. jumlah pengguna Instagram hingga akhir 2017 tercatat sebanyak 800 juta pengguna di dunia. Saat ini, ada lebih dari 45 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia yang mengunggah foto maupun rekaman video.

 

LINE

Sementara itu, LINE menjadi medsos lainnya yang juga banyak diminati pengguna Internet di Indonesia. Sebanyak 33 pengguna Internet di Indonsia, memakai LINE sebagai medsos. Bahkan, Managing Director LINE Indonesia, Ongki Kurniawan dikutip brilio.net menyebut, angka pengguna LINE di Indonesia naik 200 persen sepanjang 2014-2016.

Apakah Anda juga salah satu dari pengguna lima medsos terpopuler di Indonesia tersebut?

 

Sumber:
okezone.com
merdeka.com
marketeers.com
kompas.com
brilio.net
technologue.id

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_jadwal_fyp_tiktok.jpg

    Technology

    Jadwal FYP TikTok 2022: Jam Terbaik untuk Upload Video

    Nurina Ulfah

    16 January 2023
    5 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok

    Sylvia Rheny

    19 December 2022
    5 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read

    Video