Media

5 teknologi baru yang pengaruhi hidup Anda tahun 2030
By Widyanto Gunadi - 23 May 2018
63 Views

Teknologi senantiasa mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan zaman. Sekarang ini dapat kita lihat semakin bermunculannya teknologi-teknologi baru seperti virtual reality (VR), mata uang virtual termasuk Bitcoin, layar LCD, dan lain sebagainya. Teknologi tersebut mempengaruhi hidup Anda saat ini, misalnya dengan kemunculan teknologi finansial atau financial technology (fintech), maupun startup berbasis teknologi.

Namun dalam sepuluh sampai 15 tahun mendatang, bisa jadi teknologi-teknologi tersebut mulai ditinggalkan. Apa saja teknologi yang akan mempengaruhi hidup Anda pada 2030?

 

Light field displays

Teknologi yang digadang-gadang sebagai calon pengganti VR dan LCD ini menawarkan pengalaman berbeda bagi Anda dalam menikmati media visual. Anda tidak perlu repot-repot menggunakan perangkat yang banyak seperti ketika memakai headset VR.

Light field displays (LFD) ini akan langsung menampilkan gambar empat dimensi ke dalam retina mata Anda dari titik fokus awal. Kelebihan lainnya adalah pengoperasiannya yang tidak serumit perangkat headset VR. Bahkan, kemungkinan LFD ini nantinya berbentuk sesederhana kacamata hitam pada umumnya.

 

Teknologi pengatur genetika hewan

Dunia kedokteran hewan dan sains juga tak kalah hebatnya dalam menghadirkan teknologi rekayasa genetika CRISPR. Dengan hadirnya CRISPR di tahun 2030 mendatang, diharapkan akan muncul pula hewan-hewan eksotis baru, dengan ukuran kecil.  Salah satu hewan yang sudah berhasil menghebohkan masyarakat adalah Toyger. Hewan ini merupakan perpaduan kucing dengan harimau dalam ukuran layaknya seekor kucing normal. Menakjubkan, bukan?

 

Manufaktur dari bidang biologi

Biologi ternyata bukan sekadar bidang keilmuan yang mempelajari sel, bakteri, serta makhluk mikro lain. Ternyata, ada hal yang baru dan berbeda. Biologi bukan sekedar meneliti makhluk mikro, tapi juga berperan dalam pembuatan bahan bangunan. Bahkan, organ tubuh cadangan untuk keperluan medis.

Belakangan ini, biologi dimanfaatkan untuk menciptakan daging tanpa harus menyembelih hewan asli. Proses ini telah diujicoba dan sedang disempurnakan oleh perusahaan Memphis Meats dan Beyond Meat. 

 

Metode iklan yang baru

Siapa bilang bidang kesehatan dan pemasaran tak bisa disatukan? Anda akan melihat penerapan teknologi biometric untuk memonitor kesehatan dan perilaku pelanggan. Jadi bukan mustahil, pada 2030 mendatang, Anda semakin mudah menjadi sasaran iklan dengan bantuan Internetl ponsel, serta alat komunikasi lainnya. 

 

Implan semakin populer

Para peneliti memprediksi, di masa mendatang, manusia akan mengalami pembesaran ukuran otak dan perpanjangan usia secara umum. Pertambahan rentang usia tersebut muncul dari teknologi implan. Contohnya, Anda saat ini sudah bisa memilih teknologi LASIK. Di masa depan, bukan tak mungkin, Anda bisa menjalani prosedur operasi implan lensa mata. 

Bagaimana pendapat Anda. Apakah Anda sependapat dengan para ilmuwan mengenai lima teknologi baru tersebut?

 

Rekomendasi bacaan:
6 tips eksplorasi AI untuk bisnis Anda
Promo-promo ini paling diminati selama Ramadan
Ini yang banyak diakses masyarakat Indonesia selama Ramadan

 

Sumber:
kumparan.com
vitamodularis.org
businessinsider.com
 

Tags: LFD, light field displays, VR, virtual reality

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang