Media

5 tips manajerial bagi engineer
By Maria Yuniar - 7 August 2018
3 min read 66 Views

Sebagai engineer, kamu harus menyelesaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan program. Setiap persoalan dalam pekerjaan akan membuatmu belajar, yang akhirnya meningkatkan keterampilan dan kemampuanmu. Kamu pun mesti memberi teladan yang baik bagi tim.

Oleh karena itu, seorang engineer harus bisa mengembangkan kemampuannya untuk berperan sebagai pemimpin. Berikut ini lima tips manajerial bagi kamu sebagai engineer, agar bisa memimpin tim dengan lebih baik.

 

Saling membantu

Sebagai engineer, pasti kamu membutuhkan bantuan rekanmu dalam bekerja. Begitu pula dengan rekan-rekanmu di tim. Oleh karena itu, pastikan semua anggota tim memiliki mental untuk saling membantu.

 

Percaya diri

Tunjukkan kepercayaan dirimu sebagai seorang pemimpin. Sebab, kepercayaan dirimu akan mendorong keyakinan dari para anggota tim. Hindari memberikan perintah sambil menunjukkan cari, maupun bersikap temperamental jika rencana tidak berjalan mulus. Sebaliknya, berikan dukungan bagi setiap anggota tim untuk ikut meningkatkan optimisme dalam bekerja.

 

Kenali kebutuhan anggota tim

Sebagian besar engineer terbiasa untuk diberikan dan memberikan instruksi yang bersifat umum. Namun, ada juga yang ingin mendapat penjelasan spesifik. Seorang pemimpin harus bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan ini dengan memberikan kesempatan bagi anggota tim di kantor mengerti kebutuhan satu sama lain. Jangan lupa berikan apresiasi kepada anggota tim yang telah berhasil menyelesaikan tugas. 

 

Orientasi pada hasil

Banyak perusahaan tak memberikan penghargaan berdasarkan prestasi, melainkan pada masa kerja. Seorang pemimpin justru harus menyadari, bahwa masa kerja tidak berhubungan dengan produktivitas. Untuk berorientasi pada hasil, seorang pemimpin bisa memulai dengan memberikan apresiasi lebih pada jumlah pekejaan yang telah diselesaikan para anggota tim, daripada lamanya masa kerja mereka.

 

Akui kesalahan

Kesalahpahaman ketika mengakui kesalahan dan membuat hilangnya respek dari anggota tim, seringkali mengganggu pikiran seorang pemimpin. Padahal, tak ada salahnya bila seorang pemimpin mengakui kesalahan karena ini merupakan kesempatan untuk melatih anggota tim tentang bagaimana menerima kesalahan beserta konsekuensinya.

Pada awalnya, mungkin kamu merasa kesulitan menjadi pemimpin tim. Namun dengan menerapkan tips di atas, pasti sebagai engineer, kamu kelak bisa mengarahkan dan memimpin tim dengan lebih baik.

 

Rekomendasi bacaan:
Lahir di Indonesia, Theresia Gouw masuk daftar perempuan terkaya Forbes
Blockchain dan efisiensi industri
10 peran penting dalam tim data science

 

Sumber:
hackernoon.com
jobsdb.com

Tags:

  • tim
  • manager
  • manajer
  • engineer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang