Media

6 tips dapatkan kandidat sesuai visi perusahaan
By Widyanto Gunadi - 6 June 2018
97 Views

Menemukan karyawan yang memiliki kemampuan hebat dan cocok dengan perusahaan memang bukan hal mudah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merekrut kandidat-kandidat terbaik, yang sesuai visi perusahaan.

 

Tingkatkan talent pool

Perusahaan belum tentu langsung bisa menemukan kandidat terbaik dalam sekali pencarian. Sebab, orang-orang tersebut tidak sedang mencari kerja dan biasanya masih memiliki pekerjaan tetap.

Tingkatkan talent pool Anda. Jalin hubungan kerja sama dengan kantor-kantor jasa perekrutan lain. Pantau terus media online khusus profesional seperti LinkedIn, untuk menemukan kandidat dengan kemampuan terbaik. Kuncinya di sini adalah, membangun talent pool terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar memerlukannya.

 

Temukan orang yang tepat

Penulis buku The Human Capital Edge, Bruce N. Pfau dan Ira T. Kay mengatakan, orang dengan spesifikasi kemampuan serta sejarah karir sesuai industri perusahaan lah yang harus Anda rekrut. Kesamaan latar belakang industri, dan kemampuan adalah mengindikasikan kualitas kandidat terbaik. Gunakan strategi ini untuk membangun tim kerja yang solid.

 

Cari kandidat dari karyawan yang sudah ada

Memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan diri bagi karyawan, dapat menumbuhkan semangat kerja mereka. Oleh sebab itu, selalu umumkan lowongan posisi baru secara internal terlebih dahulu. Lakukan wawancara dengan kandidat yang Anda pikir cocok. Terkadang, kandidat terbaik justru ada di antara karyawan yang sudah Anda miliki.

 

Libatkan karyawan dalam proses rekrutmen

Beri kesempatan pada karyawan untuk merekomendasikan kandidat terbaik bagi perusahaan. Izinkan juga mereka membantu Anda memilah kualifikasi kandidat yang cocok. Mereka juga dapat membantu mewawancarai kandidat yang ada. Orang yang terlibat secara langsung dalam proses rekrutmen pastilah berniat untuk membantu karyawan baru sukses. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan yang terbaik bagi perusahaan dan karyawan baru Anda.

 

Berikan penawaran gaji yang lebih tinggi

Lakukan survei tentang gaji yang ditawarkan perusahaan sejenis. Untuk dapat menarik kandidat terbaik, tentunya gaji yang ditawarkan perusahaan juga harus kompetitif.

Orang-orang terbaik bisa saja meninggalkan perusahaan karena menemukan gaji yang lebih tinggi. Buat mereka tertarik, dengan menawarkan gaji yang sesuai. Investasi ini tidak akan sia-sia, karena untuk mendapat yang terbaik, memang butuh biaya tak sedikit.

 

Rekrut orang terpintar 

Rekrut kandidat terbaik berdasarkan kelebihan yang mereka miliki. Jangan berfokus pada kekurangan dari seorang kandidat. Manfaatkan kelebihan mereka untuk mendukung keperluan perusahaan.

Perusahaan yang efektif dalam merekrut karyawan, tak akan menghabiskan waktu berfokus pada aspek negatif kandidat. Carilah sosok karyawan dengan kemampuan yang memang sesuai. Kemudian, kembangkan potensi mereka.

Selamat mencoba! Semoga dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda mendapatkan kandidat dengan visi yang sejalan perusahaan.

 

Rekomendasi bacaan:
Menunggu, pelajaran berharga untuk founder dan investor
Sudah temukan trik rahasia ini di Windows 10?
7 tips Google Analytics untuk business intelligence

 

Sumber:
thebalancecareers.com
forbes.com
artemissea.com
recruitingtimes.org
 

Tags:

  • karyawan
  • perusahaan
  • rekrutmen
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang