Media

8 fitur terbaru Google Mail yang libatkan AI
By Widyanto Gunadi - 7 May 2018
95 Views

Sekitar 1,4 miliar pengguna internet atau 20 persen populasi dunia menggunakan Google Mail. Fakta tersebut tentu membuat segala perubahan kecil dalam layanan surel tersebut berdampak besar bagi banyak orang.

 

Pada tanggal 25 Maret lalu, Google menambahkan beberapa fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terbaru dalam Google Mail. Fitur ini dapat diakses dengan mengubah pengaturan pada bagian Settings bagi pengguna Google Mail versi gratis. Namun, bagi Anda yang menggunakan layanan G Suite berbayar di kantor, Anda dapat menghubungi administrator untuk mengaktifkan fitur-fitur baru ini.

 

Tinjauan lampiran

 

Untuk menghemat waktu Anda melihat lampiran pada surel dengan isi yang terlalu panjang, Google menambahkan fitur tinjauan lampiran. Dengan demikian, Anda bisa mengakses lampiran seperti foto-foto tanpa perlu membuka surel tersebut.

 

Snooze

 

Jika mendapat surel yang tak perlu segera dibalas, Anda dapat “mengirim” kembali surel tersebut ke kotak masuk dengan menentukan tanggal dan waktu pengiriman.

 

Anda dapat memilih ikon jam yang muncul ketika Anda mengarahkan kursor ke sebuah surel. Google menyebut fitur ini dapat mengurangi surel-surel yang tak perlu segera dibuka hingga seratus juta kali.

 

Panel sisi

 

Kini, Anda dapat mengakses layanan-layanan Google lainnya, seperti Calendar, Keep, dan Tasks, tanpa perlu meninggalkan laman Gmail atau membuka laman baru pada aplikasi penjelajah situs. Anda hanya perlu mengklik menu pada sebelah kanan layar. Ukuran fitur ini juga dapat Anda atur untuk melihat layanan lain tanpa perlu khawatir menutupi tulisan-tulisan pada laman Gmail Anda.

 

Nudging

 

Google menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) melalui nudging untuk mengingatkan Anda merespons surel-surel yang belum direspons.

 

Smart reply

 

Selain terdapat pada telepon genggam, kini layanan ini juga dapat diakses melalui komputer. Anda dapat langsung merespons sebuah surel dengan pilihan balasan yang disediakan. Fitur ini juga dikembangkan dengan mempelajari gaya bahasa Anda dalam membalas sebuah pesan.

 

Notifikasi prioritas

 

Dengan fitur ini, Anda hanya akan mendapat notifikasi untuk pesan-pesan yang penting saja berdasarkan kontak Anda atau kecepatan Anda dalam membalas pesan.

 

Berhenti berlangganan

 

Apabila Anda tidak membuka suatu surel berlangganan tertentu, kini Google menawarkan pilihan bagi Anda untuk berhenti berlangganan.

 

Mode Rahasia

 

Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim surel secara rahasia dengan mengatur akses yang akan Anda berikan kepada penerima dan waktu yang Anda inginkan agar surel tersebut menghilang dari kotak masuk penerima.

 

Sayangnya, tak semua fitur-fitur di atas tersedia bagi seluruh pengguna Google. Namun, dalam beberapa pekan mendatang, Google menjanjikan penggunanya sudah dapat mencoba fitur-fitur, seperti mode rahasia, nudging, berhenti berlangganan, dan notifikasi prioritas.

 

Rekomendasi bacaan:

Latih AI, Facebook gunakan jutaan konten Instagram untuk kenali gambar
AR dan mobile payment jadi pasangan serasi, mengapa demikian?
Kembangkan bisnis, Sleekr akuisisi Talenta

 

 

Sumber:
Inc.com

 

Tags:

  • AI
  • artificial intelligence
  • Google Mail
  • Google
  • surel
  • email
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang