Published on

Careers

A-Z soal web developer

Maria Yuniar

web_developer.png

Anda kesulitan untuk membuat dan mengembangkan website sendiri? Sebaiknya Anda merekrut seorang web developer untuk memastikan sisi teknis dari situs web baru Anda berfungsi dengan lancar. Nah, keterampilan apa yang harus Anda cari dari seorang web developer? Apa perannya sebagai seorang developer dan apa saja kualifikasi yang memenuhi?


Profesi web developer

Web developer adalah seorang pengembang website yang membuat program dan aplikasi untuk world wide web (www). Para pengembang web pasti memahami cara membuat situs web dari awal hingga benar-benar menjadi website yang canggih. Mereka dapat membuat kode khusus untuk mengakomodasi kebutuhan unik Anda, mengembangkan segala sesuatu mulai dari tata letak situs hingga fitur dan fungsi di laman web.

 

Peran web developer

Pengembangan web dapat dibagi menjadi tiga bagian:


Client-side scripting:

Kode di web browser untuk menentukan yang akan dilihat pelanggan maupun klien saat mengunjungi situs web.

Server-side scripting:

kode yang dijalankan di server web dan memberdayakan mekanisme di balik layar, untuk mengatur cara kerja sebuah situs web.

Database technology:

membantu membuat situs web berjalan lancar.

Pengembang web biasanya bertugas membangun situs web dari nol, dan menggunakan keterampilan dalam satu atau lebih dari tiga bidang ini. Bahkan, dalam proyek-proyek web skala besar, sering ada pembagian tugas di antara beberapa web developer. Satu developer mungkin fokus pada pengaturan back-end situs. Sementara itu, yang lain berfokus pada sisi klien, untuk menambah gaya dan fungsionalitas ke situs web itu sendiri.

 

Membangun situs web dari nol akan menguntungkan. Sebab, Anda bisa membuat sesuatu yang asli, sesuai dengan kebutuhan spesifik.

 

Kualifikasi web developer

Tiga hal ini harus dikuasai seorang web developer, yaitu client-side languages, server-side languages, dan database technologies.

 

Client-side languages

Client-side scripting mengacu pada pembuatan aplikasi web yang dijalankan dalam browser komputer pengguna. Misalnya, menyimpan data pengguna di cookie, game flash sederhana, atau bentuk aplikasi web interaktif lainnya. Ini juga termasuk penggunaan bahasa programming seperti HTML, CSS atau JavaScript untuk membangun tata letak, tampilan dan nuansa situs web.

Berikut beberapa contoh client side languages :

  1. HTML
  2. CSS
  3. JavaScript
  4. Flash
  5. JQuery
  6. Microsoft Silverlight

 

Server-side languages

Scripting sisi server adalah teknik yang digunakan oleh pengembang web untuk membangun back-end suatu situs web. Scripting sisi server melibatkan pembuatan kerangka kerja yang memungkinkan database pada server web berkomunikasi dengan browser web dari komputer pengguna akhir. Agar berhasil, pengembang menyematkan skrip di situs web Anda sehingga ketika seseorang menggunakan situs tersebut untuk tindakan tertentu. Server dapat menampilkan gambar atau informasi yang disetel. Kode sisi server juga secara inheren lebih aman, karena orang yang menggunakan situs web Anda tidak memiliki akses langsung ke kode sumber maupun basis data kepemilikan.

Berikut ini adalah contoh server-side languages :

  1. ASP.NET
  2. C
  3. Java
  4. PHP
  5. Python
  6. Rubi

 

Database technologies

Kemampuan terakhir yang harus dicari dalam pengembang web adalah teknologi basis data. Agar berfungsi dengan baik, setiap situs web memerlukan basis data untuk menyimpan kode, gambar, file, dan data lainnya.

Relational database management systems (RDBMS) adalah yang paling populer untuk aplikasi berbasis web. Seorang web developer pun harus menguasai bahasa-bahasa ini:

  1. Microsoft SQL Server
  2. MySQL
  3. IBM DB2
  4. Apache
  5. MongoDB

 

 

Wah, banyak juga ya, kemampuan yang harus dikuasai seorang web developer! Apakah Anda saat ini sedang menjadi seorang pengembang web untuk membangun situs pribadi maupun perusahaan Anda? Untuk memudahkan pencarian, silakan bergabung dengan EKRUT. Anda akan menemukan banyak kandidat web developer berkualitas. Selain itu, Anda pun tak perlu repot-repot melakukan seleksi. Sebab, EKRUT dengan gratis telah melakukan kurasi dan menghadirkan nama-nama terbaik untuk Anda. 

 

Sumber:
learn.org
duniakerja.xyz
ruangfreelance.com
lsp-telematika.or.id

Tags

Share

Artikel Terkait

5_Contoh_Algoritma_Pseudocode_dan_Cara_Menulisnya.jpg

Careers

5 Contoh Algoritma Pseudocode dan Panduan Menulisnya Dalam Pemrograman

Anisa Sekarningrum

21 January 2022
7 min read
chart_real-time.jpg

Technology

Bikin chart real-time di JavaScript, ikuti langkah-langkahnya

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
vue.png

Technology

Apa itu Vue.Js dan kerangka Javascript?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read