Published on

Careers

Ingin Bekerja di Agency? Kenali Dulu Seluk Beluk Dunia Kerjanya Berikut Ini!

Rachmat Ramadhan

H1.jpg

Saat ini, istilah agency semakin menjadi populer terutama untuk kalangan anak muda serta menjadi salah satu perusahaan tujuan untuk generasi milenial dan generasi z. Alasanya pun beragam, mulai dari menyukai industri kreatif, jam kerja yang fleksibel, dan company culture yang berisikan anak-anak muda. Memulai karier di agency bisa menjadi salah satu pilihan, karena seseorang akan banyak belajar secara intensif dan mengeksplor lebih banyak pengalaman baru.

Simak hal-hal penting yang perlu kamu ketahui terkait agency, plus minus kerja di agency, dan jenis-jenis agency berikut ini!

Apa itu agency?


Agency adalah sebuah perusahaan atau bisnis yang menyediakan layanan tertentu. (Sumber: Pexels)

Agency adalah sebuah perusahaan atau bisnis yang menyediakan layanan tertentu. Menurut AdExchanger yang mengutip Stefan Farella, secara historis agency adalah perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan pesan. Maksud dari pesan di sini sendiri adalah penyampaian campaign marketing.

Banyak orang di luar sana yang belum mengetahui jika seseorang bekerja untuk agency, maka mereka melakukan berbagai pekerjaan yang berafiliasi dengan beberapa perusahaan, bisnis, atau kelompok maupun individu. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi komunikasi, bisnis dan perusahaan agency pun semakin melebarkan sayap. Kebutuhan tenaga kerja pun semakin banyak untuk mengisi posisi agency.

Baca juga: Apa Itu Kreditur? Berikut Pengertian, Peranan, Jenis Kreditur, Dan 5 Contohnya

7 Jenis agency


Berikut ini jenis-jenis agency. (Sumber: Pexels)

Untuk kamu yang belum familiar atau mungkin bingung apa saja jenis-jenis agency dan seperti apa pelayanan dari masing-masing jenis agency tersebut, berikut ini jenis-jenis agency dan perbedaan antara satu agency dengan agency lainnya.

1. Digital agency


Sekilas tentang digital agency. (Sumber: Pexels)

Digital Agency adalah sebuah agensi yang merupakan peralihan atau hasil evolusi perkembangan zaman. Di masa lalu, digital agency tidak berbeda dengan agensi periklanan atau biasa disebut advertising agency.

Perubahan pemasaran yang sebelumnya berjalan secara offline beralih ke dunia digital dimana internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Digital agency hadir untuk menangani berbagai klien yang membutuhkan bantuan periklanan kepada masyarakat yang sudah banyak menghabiskan waktu melihat berbagai device seperti komputer, laptop, dan lain sebagainya.

Digital agency memadukan berbagai instrumen desain grafis dan copywriting berdasarkan teknik pemasaran. Hasil kerja dari digital agency pun bisa berbagai macam, tergantung kebutuhan dan strategi yang sedang dijalankan.

Kebutuhan bahan marketing yang membludak kadang membuat beberapa digital agency pemula atau yang sudah berpengalaman membutuhkan perusahaan lain, yang juga berupa agency untuk berkolaborasi. Keterbatasan tim maupun jumlah pegawai yang tidak sebanding membuat digital agency kadang berkolaborasi dan bekerja sama dengan beberapa jenis agency lainnya.

2. Advertising agency


Advertising agency berfokus penanganan iklan(Sumber: Pexels)

Advertising agency adalah sebuah perusahan bisnis yang berfokus pada pembuatan, perencanaan, dan penanganan iklan atau advertisement. Mereka juga membawa berbagai bentuk pola marketing dan promosi yang diamanatkan oleh klien.

Iklan-iklan yang dibuat oleh para advertising agency ini dibuat demi menarik perhatian banyak konsumen yang menjadi incaran para klien. Mereka akan berusaha membuat berbagai strategi untuk membuat para calon customer membeli atau menggunakan produk dan jasa dari para klien dari agency tersebut.

3. Entertainment agency


Entertainment agency berfokus menerbitkan calon performer. (Sumber: Pexels)

Di lain bidang, ada pula yang disebut entertainment agency. Entertainment agency adalah sebuah perusahaan jasa di dunia hiburan. Mereka biasanya berisikan banyak orang yang berkecimpung dalam bidang entertainment seperti musisi, model, penari, dan berbagai pelaku di bidang kreatif lainnya.

Entertainment agency berfungsi sebagai jembatan untuk sosok berbakat di bidang entertainment. Mereka akan menjadi perusahaan yang membantu mengenalkan berbagai pelaku hiburan baik yang baru memulai maupun yang sudah berpengalaman lebih lama di dunia hiburan.

Entertainment agency akan mengatur segala hal yang menunjang promosi dari pelaku kreatif yang bernaung di bawahnya. Brand image dari sosok artis sampai panggung akan difasilitasi oleh agency yang menaungi mereka.

4. Marketing agency


Marketing agency banyak berkutat dalam bidang konsultasi. (Sumber: Pexels)

Banyak orang sering tertukar antara marketing agency dan advertising agency. Tapi jika diperhatikan lebih jauh, kedua jenis agency ini memiliki pendekatan dan sistem kerja yang berbeda. Dibandingkan dengan advertising agency, marketing agency banyak bergerak di bidang konsultasi dan pemahaman pemasaran. Klien tidak membebankan pelaksanaan pemasaran langsung pada agency jenis ini.

Marketing agency adalah sebuah biro jasa atau perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran. Namun, berbeda dengan advertising agency, marketing agency hanya bergerak dalam pendekatan konsultatif.

Banyak pekerja di bidang marketing agency adalah pegawai dengan latar belakang departemen pemasaran dari perusahaan sebelumnya. Mereka memiliki banyak pengalaman dan riset pasar dan pengembangan strategi yang siap diimplementasikan kepada produk yang diinginkan klien.

Baca juga: Deflasi Adalah: Pengertian, Faktor Penyebab, Jenis, Dan 4 Cara Mengatasinya

5. Public relation agency


Public relation agency berkaitan dengan hubungan masyarakat. (Sumber: Pexels)

Selain untuk kebutuhan pemasaran, iklan, dan pengembangan karier, agency juga bisa memberikan sebuah jasa yang berkaitan langsung dengan public relation atau hubungan masyarakat. Agency ini disebut public relation (PR) agency.

Dalam pelaksanaan bisnisnya, PR Agency bergerak sebagai representasi klien dalam membentuk sebuah brand image agar dikenal lebih banyak oleh publik. Kebutuhan klien yang difasilitasi oleh public relation agency biasanya adalah pembuatan press release, event, dan berbagai kebutuhan untuk agenda talk show, seminar, dan lain sebagainya.

6. Branding agency


Branding agency berperan sebagai pembangun merek. (Sumber: Pexels)

Sementara itu, ada yang disebut sebagai branding agency. Agency jenis ini memiliki peran sebagai pembangun merek yang diinginkan oleh klien. Jasa yang diberikan branding agency banyak berkutat pada pembuatan logo atau tagline. Secara detail, branding agency memberikan identitas pada produk yang akan dibangun.

Mereka membuat poin-poin khusus yang melambangkan visi dan misi dari produk, serta mengimplementasikan gambaran strategi marketing yang dibutuhkan dalam pemasarannya.

7. Creative agency


Creative agency banyak berisi orang di belakang layar. (Sumber: Pexels)

Seperti namanya, creative agency adalah sebuah perusahaan yang memberikan jenis pelayanan jasa yang berkaitan dengan produksi kreatif. Berbeda dengan entertainment agency yang banyak berisi talent yang muncul di depan layar, creative agency banyak berisi sosok kreatif di belakang layar.

Pekerjaan mereka banyak berisikan arahan kreatif dari sosok di belakang layar. Banyak pekerja dari creative agency memiliki latar pengalaman di bidang pembuatan karya video, baik film atau televisi maupun grafis.

Mereka yang menjadi ujung tombak di perusahaan ini adalah art director, videografer, creative director, desainer grafis, dan masih banyak lagi. Mereka akan berkolaborasi dengan tim marketing atau bisnis perusahaan klien atau agency lain yang membutuhkan tenaga dari bidang kreatif. Biasanya, perusahaan digital agency yang masih kekurangan sumber daya di bidang kreatif akan menjalin kolaborasi dengan creative agency.

Plus minus bekerja di agency


Agency banyak berisi pekerja muda. (Sumber: Pexels)

Melihat dari berbagai jenis agency, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang yang bekerja di agency adalah orang-orang kreatif dan tidak pernah berhenti berinovasi. Beberapa jenis agency memiliki tawaran menjanjikan kepada pekerja dimana mereka banyak bertemu dengan klien dari perusahaan bonafit, yang membuat mereka kaya akan networking. Hal ini banyak didapatkan oleh pekerja yang menjalankan karier mereka di advertising agency atau marketing agency.

Selain itu, kehidupan yang jauh lebih bersemangat juga ditawarkan oleh agency yang kebanyakan adalah anak muda atau mereka yang memiliki jiwa muda. Hal ini bisa menjadi kelebihan dimana kita bisa bekerja diselingi dengan suasana yang menyenangkan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai seluk beluk dunia agency. Selain tujuh poin di atas, kamu juga akan menemukan istilah lain seperti news agency, travel agency, government agency, sampai employment agency.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • Column Five Media 
  • Fidelist Creative Agency
  • Market Business News

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video