Published on

Technology

Anda bisa bayar KFC di Tiongkok dengan senyuman

Widyanto Gunadi

KFC.jpg

Teknologi memang sesuatu yang tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Ada banyak sekali inovasi kreatif yang dapat Anda jumpai dalam dunia teknologi. Salah satunya, teknologi pemindai senyuman sebagai alat pembayaran di KFC yang berlokasi di Tiongkok. Seperti apa ya teknologi tersebut? Simak ulasan berikut ini untuk Anda.

Cukup pesan dan senyum

KFC pertama yang menerapkan sistem baru pembayaran dengan senyuman ini terletak di kota Hangzhou di Tiongkok bagian timur. Nantinya, para pelanggan restoran KFC yang telah selesai memesan menu makanan mereka di sana akan berhadapan dengan lensa kamera 3D.  Kamera ini berfungsi untuk memindai identitas wajah si pelanggan. Untuk menambah keamanan, fitur verifikasi nomor ponsel juga dimasukkan ke dalam sistem ini.

Sistem pembayaran inovatif ini diciptakan oleh perusahaan bernama Ant Financial, salah satu anak perusahaan dari raksasa e-commerce asal Tiongkok yaitu Alibaba. Sebenarnya, teknologi yang diberi nama Smile to Pay ini telah diperkenalkan dalam versi beta oleh Jack Ma, CEO Albaba, sejak tahun 2015 lalu.

Bayar dalam 2 detik

Anda hanya memerlukan dua detik dengan berdiri di depan kamera yang terpasang di sana dan wajah akan otomatis dipindai untuk mengenali pelanggan. Sistem ini tidak bisa dikelabui, karena menggunakan algoritme tiga dimensi yang rumit.

Teknologi Smile to Pay ini awalnya bertujuan untuk mendongkrak keuntungan perusahaan makanan Yum China, yang sempat terpuruk. Yum China merupakan bagian dari Yum Brands asal Amerika Serikat, yang menerima kucuran dana dari Alibaba dan Jack Ma. Di Tiongkok, KFC berada di bawah naungan Yum China.

Seperti dilansir Reuters, Presiden Yum China, Joey Wat berharap, teknologi Smile to Pay ini bisa menarik minat anak-anak muda penggemar teknologi, untuk memesan makanan di KFC Hangzhou. Jadi, selain menawarkan beragam menu baru, pelanggan pun bisa merasakan pengalaman membayar dengan sebuah senyuman.

Apakah teknologi Smile to Pay ini akan masuk ke Indonesia? Kita tunggu saja! 

 

Sumber:
cnbc.com
reuters.com
theverge.com
independent.co.uk

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video