Published on

Careers

Anda pasti mau dong, lulus probation?

Widyanto Gunadi

probation.jpg

Masa probation (percobaan) selama tiga atau enam bulan bekerja, bagi sebagian karyawan baru, mungkin cukup mendebarkan. Pasalnya, jika mereka tidak lulus masa probation dan harus mencari pekerjaan baru lagi. Tentu saja hal ini tidak akan mudah didapatkan. 

Oleh karena itu, justru masa probation adalah masa yang dapat dimanfaatkan para karyawan baru untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Berikut ini adalah beberapa tips cerdas yang dapat Anda lakukan, supaya dapat lulus masa probation dengan hasil yang memuaskan.

 

Kenali perusahaan lebih mendalam

Sekarang Anda sudah diterima bekerja di perusahaan baru. Jika waktu wawancara Anda hanya mengenal garis besar perusahaan tersebut, sekarang saatnya mengeksplor lebih jauh.

Kenali keseluruhan proses bisnis perusahaan tempat Anda bekerja. Gunakan informasi yang Anda dapat mendalami ilmu yang diperlukan.Berikan kontribusi guna kemajuan perusahaan baik dalam segi pelayanan, sistem operasional, atau apapun yang menjadi bagian Anda.

Perusahaan yang baik tentunya akan menghargai masukan karyawan baru mereka. Pemikiran apapun bisa saja menjadi ide yang brilian. Kemungkinannya tak terbatas.

 

Bangun citra yang positif

Mungkin Anda melamar posisi tertentu yang bisa memanfaatkan kemampuan dengan maksimal. Namun, dalam perusahaan, terutama startup, seringkali Anda diminta memainkan banyak peran dan menangani berbagai pekerjaan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari banyak ilmu baru dan menambah pengetahuan, serta kemampuan. 

Siapa tahu setelah mempelajari banyak ilmu, Anda jadi tertarik untuk mendalami peran lain di dalam perusahaan, kan? Jadilah pekerja yang fleksibel. Anda tak akan pernah rugi karena hal ini. Atasan justru senang dengan karyawan yang memiliki kemauan belajar dan berkembang yang tinggi.

 

Buat target

Tentukan target pribadi yang ingin Anda capai selama masa probation secara realitis. Misalnya, perusahaan memberikan tenggat waktu tiga bulan lagi bagi Anda untuk menyelesaikan sebuah proyek. Anda bisa berusaha melakukannya lebih cepat. Dengan memberikan performa maksimal yang melebihi ekspektasi perusahaan, Anda pasti lulus masa probation ini.

 

Rajin bertanya 

Anda mungkin kebingungan mengerjakan tugas baru selama probation. Masa probation memang didesain untuk menguji kemampuan Anda bekerjasama dan beradaptasi.  Oleh sebab itu, janganlah malu untuk sering bertanya pada kolega baru Anda mengenai pekerjaan yang harus dilakukan.

 

Atur waktu dengan baik

Orang yang tepat waktu akan lebih dihargai di tempat bekerja.Karenanya, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa mengatur waktu dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Datanglah tepat waktu ke kantor selama masa probation. Jika Anda rajin datang ke kantor tepat waktu, tentu saja ini akan menjadi nilai plus tersendiri di mata perusahaan.

Selamat bekerja dan menjalankan masa probation ya! Semoga Anda bisa menyelesaikan masa percobaan ini dengan mulus.

 

Sumber:
hipwee.com
coburgbanks.com
glassdoor.com
sigmarrecruitment.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video