Media

Apa saja algoritma Instagram terbaru sepanjang tahun 2018?
By Nelson Simbolon - 24 July 2019
5 min read 2890 Views

Sepanjang tahun 2018, Instagram telah menghadirkan berbagai perubahan. Mulai dari perubahan di bagian linimasa (timeline), stories, hingga explore. Perubahan tersebut memang banyak membawa manfaat dan membuat para pengguna internet semakin tertarik menggunakan Instagram hingga saat ini.

Berikut ini rangkuman perubahan algoritma instagram terbaru sepanjang tahun 2018 dan prediksi instagram terbaru 2019.

Algoritma post exposure

Ketika kamu menayangkan sesuatu, jangkauan orang yang akan melihatnya ialah sekitar 10 persen dari jumlah pengikutmu (followers). Artinya, jika kamu punya 1.000 pengikut maka tayangan tersebut akan muncul hanya di 100 orang saja.

Namun, berbeda yang terjadi jika banyak interaksi di konten kita seperti like, komentar, berbalas komentar, maupun save sehingga engagement rate kita naik yang membuat view kontenmu bisa jadi naik juga menjadi 20-40 persen bahkan bisa mencapai 2 kali lipat dari jumlah pengikut.

Shadow banned

Selain mengenai exposure postingan, perubahan algoritma instagram terbaru sepanjang 2018 adalah shadow bannerd. Seperti diketahu Instagram banyak terdapat autobot, bagi yang suka berbalas komentar agar engagement naik, sekarang komentar di bawah 4 kata tidak akan dihitung sebagai engagement, bahkan dikategorikan sebagai shadow banned oleh Instagram.

Interaction

Berinteraksilah maksimal 1 jam dari interaksi yang muncul. Contoh, kalau ada yang berkomentar di konten Instagram kita, dan ingin kita merespon, maka balaslah komentar tersebut maksimal 1 jam setelah mereka memberikan komentar.

Karena jika lebih dari 1 jam engagement akan berkurang bahkan tidak akan dihitung sebagai engagement.

Fokus Instagram pada stories

Tingkatkanlah aktivitas konten marketing di Instagram stories lebih sering, dengan begitu Instagram tidak akan menganggap akun kamu sebagai robot, semakin sering menggunakan Stories maka semakin banyak kesempatan postingan kita dilihat followers. 

Selain itu, tren pengguna Instagram hingga sekarang sudah lebih sering menggunakan stories dibandingkan sebelumnya.

Penggunaan hashtag yang terlalu banyak

Pada umumnya orang mengira dengan membuat hashtag yang banyak berpeluang banyak yang melihat postingan kita karena jangkauannya luas. Sebelumnya sejak Instagram muncul boleh menggunakan hingga 30 hashtag, tapi tidak dengan algoritma baru akan dianggap sebagai spam.

Algoritma baru hanya optimal menggunakan hashtag dengan jumlah 5 hashtag saja dan selanjutnya jangan menggunakan hashtag yang sama untuk postingan berturut-turut.

Prediksi trend instagram terbaru 2019

Selain mengetahui tentang perubahan algoritma instagram terbaru sepanjang 2018, tak ada salahnya kita bahas prediksi trend instagram terbaru 2019 agar kamu dapat gambaran dan punya strategi jitu untuk menaikkan engagement instagram mu. 

1. Membeli langsung di Instagram

Bagi kamu yang memiliki online shop atau e-commerce trend Instagram terbaru di tahun 2019 nanti akan membawa keuntungan. Kamu bisa menggunakan fitur belanja Instagram, hal ini akan meningkatkan penemuan produksi di aplikasi dengan memadatkan dan membuat informasi tersedia di satu tempat. 

Ketika pelanggan melihat produk yang ingin mereka beli di Instagram, mereka lebih cenderung menyelesaikan transaksi. Orang secara alami impulsif ketika harus melakukan pembelian, dan semakin banyak rintangan yang harus mereka lewati, semakin banyak waktu yang mereka miliki untuk mengubah pikiran mereka. Intinya, fitur belanja ini akan membantumu dan memudahkan pelanggan. 

2. Gunakan streaming langsung untuk menjangkau pengguna secara organik

Banyak digital marketer khawatir akan siaran langsung karena jika kamu membuat kesalahan maka kamu tidak dapat memperbaikinya. Namun, ini adalah cara terbaik untuk terhubung dengan audiens dan memberikan layanan pelanggan dan konten berharga yang mendambakannya.

Cobalah berkreativitas dengan video langsung sekarang. Nantinya bisnis akan menggunakan fitur ini, jadi luangkanlah waktu ini untuk berlatih sampai merasa percaya diri dalam produksi.

3. Menggunakan filter AR untuk stories Instagram

Pada satu titik, kamu mungkin sudah tahu bahwa menggunakan fitur augmented reality di Facebook tidak direkomendasikan dalam dunia bisnis karena dianggap terlalu tidak profesional. Namun, itu semua berubah.

Pengguna Instagram mendambakan koneksi kasual dengan brand favorit mereka, dan mereka menyambut posting bisnis yang mengintegrasikan filter lucu ini ke dalam video mereka. Terlebih lagi, banyak brand mengembangkan filter Instagram mereka sendiri untuk memenuhi kepentingan pengikut mereka. 

Bagaimana menurutmu dengan rangkuman perubahan algoritma instagram terbaru sepanjang tahun 2018 dan prediksi di tahun 2019? Apakah terlihat bahwa tahun depan instagram akan lebih menguntungkanmu?

Last updated: 21 July 2019

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • instagram
  • algoritma instagram
  • media sosial
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang