Media

Apa saja nih, 4 produk terbaru Apple di WWDC 2018?
By Widyanto Gunadi - 5 June 2018
64 Views

Poin-poin penting WWDC 2018 telah selesai dipresentasikan. Bagi Anda yang belum tahu, WWDC yang merupakan kependekan dari Worldwide Developers Conference, merupakan konferensi tahunan yang diadakan di California, Amerika Serikat, oleh Apple.

Konferensi ini dimanfaatkan oleh Apple untuk memperlihatkan perangkat lunak dan teknologi barunya kepada pengembang serta memberikan sesi uji coba. 

Pada awal acara WWDC 2018, Apple membuka acara dengan memperkenalkan iOS 12 untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Selain iOS 12, Apple juga akan memperkenalkan macOS 10.14, watchOS 5, dan tvOS 12. Pembaruan apa saja yang dibenamkan Apple dalam keempat produk barunya tersebut?

 

iOS 12

Apple SVP of Software Engineering, Craif Federighi menyampaikan, iOS 12 memiliki banyak fitur baru di bagian komunikasi antarpengguna. Performanya lebih cepat dan mendukung perangkat iPhone 5s yang diciptakan tahun 2013.

Apple menciptakan iOS 12 untuk membantu pengguna menjalankan beragam kegiatan harian secara lebih cepat dan responsif dengan. Akses kameranya 70 persen lebih cepat. Sementara itu, akses keyboardnya 50 persen lebih cepat dalam hal tampilan dan mengetik. Bahkan, saat banyak aplikasi dan hal penting berjalan, iOS 12 bisa mengoperasikan aplikasi hingga dua kali lipat lebih cepat.

ARKit 2 di iOS 12 juga menjadi salah satu bagian yang sangat menarik dan bisa diintegrasikan ke beragam hal lainnya. Salah satunya yang paling baru adalah pengalaman berbagi konten AR (Augmented Reality) antarpengguna untuk menikmati aplikasi.

Selain itu, masih banyak perubahan baru yang dibawa Apple melalui iOS 12. Namun, secara garis besar, iOS 12 dikatakan bakal meningkat dari segi performa dan stabilitas. Hal ini menjawab keluhan sebelumnya yang ramai, soal iPhone yang kurang responsif ketika baterainya mulai usang. 

 

watchOS 5

Pembaruan dalam watchOS 5 meliputi penambahan aplikasi Podcast, fitur Activity Sharing, pendeteksi aktivitas olahraga otomatis, fitur Walkie-Talkie, dan masih banyak lagi.

Selain itu, asisten pribadi Siri pada iWatch juga akan diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Nike Run Club, Citymapper, dan Lose It! Ada pula pembaruan pada Siri untuk mengenali suara secara otomatis sehingga Anda tak perlu mengatakan “Hai Siri” untuk mulai berbicara pada Siri.

 

tvOS 12

tvOS 12 kini telah mendukung Dolby Atmos yang akan memanjakan para pengguna Apple TV 4K. Pembaruan ini bisa dinikmati para pengguna tvOS 12 dengan mengunduhnya melalui iTunes secara gratis. Selain itu, Apple juga memperkenalkan fitur Zero Sign-on yang memungkinkan para pengguna layanan televisi berbayar tak perlu melakukan login berkali-kali untuk bisa menonton di Apple TV.

 

macOS 10.14 Mojave

Dalam WWDC 2018, Apple juga mengumumkan akan segera merilis macOS 10.14 Mojave. Pada Mojave, terdapat fitur Dark Mode baru yang akan mengubah desktop Anda agar terfokus pada konten yang sedang Anda kerjakan.

Ada pula fitur Stacks yang akan membantu Anda merapikan tampilan desktop ketiak banyak pekerjaan berserakan di layar. Hal ini memungkinkan Anda melakukan pekerjaan lain dengan lebih leluasa. Stacks akan mengumpulkan beberapa file ke dalam satu grup berdasarkan jenis tertentu.

Beberapa aplikasi yang hanya tersedia di iOS juga mulai diperkenalkan di Mac, misalnya News, Stocks, Voice Memos, dan Home.

FaceTime juga akhirnya mendapat perubahan yang signifikan. Kini kamu bersama banyak teman lainnya bisa melakukan FaceTime bersama. Sebelumnya, FaceTime hanya bisa dilakukan oleh 2 orang saja, tetapi kini FaceTime grup mendukung hingga 32 orang peserta.

Menarik, bukan? WWDC 2018 ini diadakan dari tanggal 4—8 Juni 2018 waktu bagian California, Amerika Serikat. Anda dapat menontonnya secara gratis dari live streaming pada tautan ini.

 

Rekomendasi bacaan:
Apa kabar ya 4 medsos ini?
Anda pecandu Mobile Legends? Baca ini!
Apa? CEO Twitter ga punya laptop?

 

Sumber:
apple.com
makemac.com
kompas.com
9to5mac.com

Tags:

  • Mojave
  • tvOS12
  • watchOS 5
  • iOS 12
  • Worldwide Developers Conference
  • WWDC 2018
  • WWDC
  • Apple
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang