Published on

Technology

13 HP 5G yang ada di pasaran saat ini

Maria Yuniar

mobile-phone-1419275__340.jpg

Sebentar lagi publik Tanah Air akan menyambut Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Dengan slogan Energy of Asia, Asian Games kali ini bukan hanya menghadirkan cabang olah raga baru dalam pertandingannya, tapi juga teknologi baru. Salah satunya adalah Internet 5G. Para produsen smartphone pun berlomba-lomba menghadirkan perangkat yang bisa mengakomodir Internet 5G dan memberikan akses siaran Asian Games bagi penggunanya. Apa saja sih smartphone yang compatible dengan 5G?

Snapdragon X50 dukung 13 vendor

Saat ini, pabrikan Snapdragon, Qualcomm mengumumkan keikutsertaannya dalam teknologi jaringan 5G. Chipset Snapdragon X50 menjadi kapal bagi Qualcomm dalam meramaikan teknologi konektivitas ini. Lewat sebuah siaran pers di laman resminya, Snapdragon X50 akan mendukung 14 vendor smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Semuanya merupakan merek ternama.

Kamu penasaran mana saja produsen yang memproduksi smartphoen yang bisa berada di jaringan 5G? Berikut ini beberapa nama vendor ternama yang masuk dalam daftar pengguna Snapdragon X50 yang dengan kata lain, bisa berada di jaringan 4G dan 5G:

  1. Asus
  2. Fujitsu
  3. LG
  4. Oppo
  5. HMD
  6. Global
  7. HTC
  8. Samsung
  9. Sharp
  10. Sony
  11. Vivo
  12. Xiaomi
  13. ZTE

Selain deretan merek ternama itu, ada vendor lain yang mungkin asing bagi masyarakat Indonesia. Seperti Inseego/Novatel, NetComm, Sierra,Telit, Wingtech, dan WNC. Selain 14 vendor yang telah disebut di atas, Qualcomm yang bermarkas di San Diego, Amerika serikat ini juga mendukung sejumlah perusahaan telekomunikasi, termasuk AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon, dan Vodafone. 

Sebagai teknologi jaringan terbaru, Qualcomm mengklaim bahwa chipset 5G buatannya mampu mengunduh file berukuran gigabit dalam hitungan detik. Sebagai perkenalan, chipset X50G bakal dipamerkan dan diuji coba Qualcomm di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 akhir bulan ini di Shanghai. Sementara itu, chipset 5G ini akan dikirim kepada para vendor tahun depan.

Keunggulan teknologi 5G

Sebenarnya, apa saja sih keunggulan teknologi 5G sehingga menjadi ramai diperbincangkan khususnya demi mendukung Asian Games 2018 ini?

  • Resolusi tinggi dan bentuk bandwidth yang besar serta bi-directional.
  • Mengumpulkan semua jaringan pada satu platform.
  • Lebih efektif dan efisien.
  • Memfasilitasi alat pengawasan pelanggan untuk tindakan yang cepat.
  • Memberikan data penyiaran yang besar (dalam Gigabit), yang akan mendukung lebih dari 60ribu sambungan.
  • Mudah dikelola dengan generasi sebelumnya.
  • Teknologi suara untuk mendukung layanan heterogen (termasuk jaringan pribadi).
  • Seragam, tanpa gangguan, dan konektivitas yang konsisten di seluruh dunia sehingga tidak khawatir terganggu saat menonton tayangan yang ditunggu.

Teknologi 5G merupakan evolusi dari 4G (LTE) dan memiliki beberapa keunggulan yang lebih dari teknologi 4G. Jaringan 5G salah satunya, dapat meningkatkan pengalaman pengguna pada layanan-layanan baru. Layanan baru ini terbagi dalam kategori enhanced mobile broadband, ultra-reliable and low latency communications, dan massive Internet of Things (IoT).

Wah, menarik juga ya. Apakah kamu jadi tertarik membeli smartphone yang bisa menggunakan 5G? 

 

Sumber:

  • kompas.com
  • idntimes.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    Slack_Technologies-Logo.wine.png

    Technology

    Slack: Aplikasi Chat yang Memudahkan Komunikasi Antar Tim

    Algonz D.B. Raharja

    30 June 2022
    5 min read

    Video