Published on

Careers

Apa sih bedanya rekrutmen zaman dulu dan sekarang?

Widyanto Gunadi

rekrutmen_zaman_sekarang.jpg

Rekrutmen memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan dan terus mengalami perkembangan sejak tahun 1940an. Saat ini, proses rekrutmen sudah semakin mudah dan singkat. Bahkan, perekrut tidak lagi membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menemukan kandidat-kandidat berkualitas. Ini semua berkat kemajuan teknologi. Partner di BDO Recruitment, Maurice Carr di akun LinkedIn miliknya, memaparkan perbedaan perbedaan proses rekrutmen zaman dulu dan sekarang. Apa saja? Berikut ini ulasannya untuk Anda. 

 

Pencarian kandidat

Saat ini, lowongan pekerjaan dapat dengan mudah dijumpai di Internet. Pencari kerja tidak harus membeli surat kabar untuk mencari informasi peluang kerja. Sebagai perekrut, Anda pun kini bisa memasang iklan lowongan kerja dengan cepat, berkat kemajuan teknologi. Selain itu, Anda tidak perlu membayar space iklan baris untuk koran dan menunggu iklan Anda terbit sepekan sekali.

 

Komunikasi

Berterima kasihlah kepada media sosial dan berbagai layanan pesan singkat. Anda bisa begitu mudah dan cepat berkomunikasi dengan para kandidat dan manajer sumber daya manusia (SDM). Anda pasti menyadari hal ini bukan, bahwa memasang lowongan pekerjaan dan memberikan jawaban atas pertanyaan kandidat melalui media sosial, telah membantu pekerjaan Anda dengan efisien. Saluran komunikasi ini telah memudahkan Anda berkomunikasi langsung dengan orang lain melalui media-media yang berbeda secara real-time.

 

Bursa tenaga kerja

Jumlah perusahaan manufaktur saat ini sudah banyak menyusut, jika dibandingkan 20 tahun lalu. Dengan demikian, banyak posisi yang juga sudah tidak relevan. Yang banyak dicari saat ini adalah para kandidat untuk mengisi posisi berkaitan dengan teknologi informasi. Meski demikian, posisi akuntan pun tetap dicari, walaupun sudah banyak tools untuk membantu proses akuntansi suatu perusahaan.

 

Pengiriman dokumen

Sadarkah Anda, kehadiran email telah menggantikan peran mesin faksimili dan pengantar pos, dan membuat kehidupan Anda lebih mudah. Dengan email, Anda bisa menerima dokumen kandidat, termasuk CV dengan cepat.

 

Proses wawancara

Tidak seperti zaman dulu, saat ini Anda tidak perlu melakukan wawancara tatap muka secara langsung dengan kandidat. Ada teknologi Skype yang bisa Anda manfaatkan. Jadi, kandidat yang tinggal di luar kota, tidak perlu pergi jauh untuk menghadiri wawancara. Anda pun bisa menggunakan waktu dengan lebih efisien. Selain itu, wawancara via Skype pun memungkinkan Anda menciptakan suasana interview yang santai.

Sekarang semuanya kembali pada pilihan Anda. Jika Anda bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, maka proses rekrutmen akan berjalan dengan efisien. Apakah Anda ingin mencoba berbagai kemudahan dalam proses rekrutmen zaman sekarang? Silakan kunjungi EKRUT.

 

Sumber:
options.co.za
linkedin.com
careers.govt.nz
kuborecruitment.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_5_Contoh_Job_Vacancy_yang_Kreatif_Sesuai_Kebutuhan.jpg

Careers

5 Contoh Job Vacancy Kreatif dan Profesional yang Sesuai Kebutuhan Rekrutmen

Sartika Nuralifah

01 March 2022
5 min read
H1_Walk-In_Interview.jpg

Careers

Walk-In Interview: Pengertian Hingga Tips Menghadapinya

Natasya Primatyassari

24 February 2022
5 min read
H1.jpg

Careers

Bagaimana Cara Melamar Kerja Lewat Email? Simak 7 Panduan Beserta Contohnya di Sini!

Felixitas Yolanda

24 February 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read