Media

Apakah HR harus memiliki latar belakang psikologi?
By Tsalis Annisa - 9 July 2019
5 min read 122 Views
Q:

Halo, saya mau tanya. Apakah harus kuliah psikologi untuk menjadi seorang HR? Terima kasih.

 
A:

Halo, terima kasih sudah bertanya. 

Sebenarnya, untuk menjadi seorang HR tidak perlu dari bidang psikologi. Banyak HR profesional yang saya kenal memiliki latar belakang yang jauh dri psikologi. 

Ilmu SDM dapat kamu peroleh dari berbagai sumber dan metode (seperti program sertifikasi HR Profesional dari beberapa universitas dan lembaga pelatihan di Indonesia). 

Meski begitu, memiliki latar belakang psikologi memang akan menguntungkan jika kita berbicara mengenai Organizational Developmet, Learning and Development, dan proses seleksi dalam area Recruitment

Sedangkan hal yang penting jika ingin menjadi ahli di bidang HR adalah mendalami undang-undang ketenagakerjaan dan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan kepegawaian. Karena HR adalah area yang sangat diregulasi oleh pemerintah. 

Pengetahuan mendalam akan memberikan nilai lebih bagi seseorang untuk menjadi HR profesional. Sedangkan untuk ilmu-ilmu lainnya di area HR harus terus menerus dipelajari dan didalami melalui pengalaman serta pelatihan. 

delvy gusmiranto - EKRUT
Delvy Gusmiranto

Warung Pintar's former Head of Human Resources

About the expert

Delvy Gusmiranto adalah Warung Pintar's former Head of Human Resources. Ia merupakan lulusan Universitas Atma Jaya, dan memiliki pengalaman kerja sekitar 13 tahun. Sebelum di Warung Pintar, Delvy Gusmiranto menjabat sebagaiCo-Founderdi Gentlemen's Pact. Selain itu ia juga pernah menjadiGlobal Lead, HR Operations and Service di Traveloka.

Tags:

  • karier
  • tips menjadi seorang HR
  • delvy gusmiranto
  • expert's corner
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang