Published on

Technology

11 Rekomendasi aplikasi PDF terbaik dan gratis 2021

Maria Tri Handayani

aplikasi-pdf-terbaik---EKRUT.jpg

PDF merupakan salah satu format dokumen yang sering ditemui dan digunakan dalam berbagai hal, seperti e-book, majalah digital, brosur, dokumen pekerjaan hingga untuk surat lamaran kerja, portofolio, dan CV. 

Nah, untuk mengakses setiap file dalam format ini, kamu membutuhkan  aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan baik di smartphone, laptop atau komputer. Berikut ini beberapa aplikasi PDF terbaik yang bisa kamu gunakan. 

6 Aplikasi PDF terbaik untuk PC

6 Aplikasi PDF terbaik untuk PC
Aplikasi PDF terbaik untuk perangkat komputer. (Sumber: Pexels)

Kamu bisa memasang 6 aplikasi pdf berikut ini yang dapat membantu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

1. Adobe Acrobat Reader DC

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Terdapat fitur text to speech pada aplikasi Adobe Acrobat Reader DC - EKRUT

Adobe Acrobat Reader DC adalah salah satu aplikasi PDF reader gratis yang disediakan oleh Adobe dengan beberapa fitur seperti tool anotasi yang memungkinkan kamu menyorot teks, menambah komentar dan mengisi serta menandatangani dokumen dalam format PDF tersebut. Bahkan, ada pula fitur text to speech yang bisa membacakan isi teks tersebut untuk kamu. 

Adobe Acrobat Reader DC juga terhubung ke Adobe Document Cloud dan cloud storage systems lainnya seperti DropBox dan Microsoft OneDrive. Dengan begitu kamu dapat membuka, melihat, membagikan, dan mengomentari file dalam format PDF dari mana saja dan perangkat apa pun yang kamu inginkan. 

Keunggulan lain dari aplikasi PDF ini adalah mampu menangani pembukaan banyak file berukuran besar sekaligus. Sehingga kamu tidak perlu khawatir aplikasi ini mengalami kendala saat harus membuka dan membuat anotasi pada dokumen-dokumen PDF berukuran besar. 

Baca juga: 7 Rekomendasi aplikasi mockup website untuk kamu coba

2. Foxit Reader

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Kamu dapat melakukan konversi file ke PDF dengan PDF Foxit - EKRUT

Aplikasi PDF terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah  Foxit Reader. Tidak hanya bisa digunakan untuk membaca file PDF, kamu bisa mengunggah hasil pindaian dan mengonversi dokumen Word, presentasi PowerPoint atau file Excel ke dalam format PDF dengan aplikasi ini.  Ada juga fitur yang dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa PDF menjadi satu file baru. Foxit Reader juga menyediakan beberapa opsi keamanan untuk menjaga PDF kamu tetap aman, yakni dengan kata sandi, tanda tangan digital, dan enkripsi. 

Tidak hanya itu, Foxit Reader juga menjadi aplikasi PDF yang cocok untuk kolaborasi. Pasalnya, kamu bisa memberikan akses dokumen tersebut pada orang lain dan melacak aktivitas mereka, seperti siapa saja yang membuka dokumen tersebut, mengedit, atau memberikan komentar di dalamnya. 

3. Nitro Reader

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Nitro Reader akan membuat kamu nyaman ketika membaca e-book di perangkat tablet - EKRUT

Nitro Reader adalah aplikasi PDF terbaik lainnya yang juga bisa kamu gunakan secara gratis. Yang membedakan aplikasi ini dengan Foxit Reader maupun Adobe Acrobat DC adalah adanya mode layar sentuh yang cocok bagi kamu yang terbiasa menggunakan perangkat tablet. 

Mode ini sangat nyaman untuk digunakan saat membaca e-book karena kamu dapat membalik halaman dengan mudah tanpa perlu scroll atau mengklik tombol. Walaupun tidak dapat digunakan untuk menambahkan tanda tangan pada file PDF, Nitro Reader tetap berfungsi baik untuk memungkinkan kolaborasi. Sebab, kamu dapat membuat anotasi dokumen dengan menambahkan garis bawah dan coretan untuk menyoroti bagian-bagian tertentu dalam dokumen PDF tersebut. 

Ada pula fitur untuk menambahkan komentar seperti dengan menempelkan catatan pada teks sehingga mudah untuk dilihat pada saat membaca dokumen. Tidak hanya itu, Nitro Reader juga memungkinkan kamu untuk melakukan konversi antara PDF dan format dokumen lainnya. 

4. Expert PDF Reader 

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Kamu dapat menambahkan tanda tangan digital pada file PDF dengan Expert PDF Reader - EKRUT

Jika kamu butuh aplikasi PDF yang ringan di laptop atau komputer, maka Expert PDF Reader dapat kamu gunakan. Kamu dapat mengisi dan menandatangani dokumen dalam format PDF dengan aplikasi ini. 

Expert PDF Reader juga memungkinkan kamu menambahkan komentar dengan fitur komen bergaya sticky notes, dan melampirkan dokumen tambahan ke PDF tersebut. Sayangnya, ada beberapa fitur yang tidak bisa kamu jumpai pada aplikasi ini, salah satunya tidak ada fitur konversi antar jenis file. Meski begitu, tampilannya yang mudah dinavigasi tetap bisa memberikan kenyamanan untuk kamu yang hanya ingin mengakses dan membaca dokumen PDF tanpa gangguan.  

Baca juga: 6 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik

5. SumatraPDF 

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Salah satu kekurangan SumatraPDF adalah tidak adanya fitur anotasi - EKRUT

SumatraPDF adalah aplikasi PDF reader gratis lainnya yang bisa kamu gunakan di komputer. Aplikasi ini mendukung format selain PDF termasuk EPUB, MOBI, FB2, DjVu, dan XPS. Pada dasarnya aplikasi ini memberikan pengalaman membuka serta membaca file PDF dengan mudah dan cepat. Pasalnya, aplikasi ini mendukung berbagai shortcut pada keyboard yang membantu kamu menavigasi dengan cepat sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna. 

Selain itu ada juga beberapa mode tampilan seperti single page, presentasi atau buku yang bisa dipilih untuk menambah kenyamanan saat membaca PDF. Kekurangan aplikasi PDF ini adalah tidak adanya fitur anotasi, tanda tangan digital, dan pengisian formulir.

6. Xodo PDF Reader & Editor 

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Xodo PDF Reader & Editor memiliki fitur sinkronisasi dengan Google Drive - EKRUT

Aplikasi PDF yang satu ini dikenal dengan mesin rendering yang cepat untuk menghasilkan tampilan berkualitas tinggi dan pengguliran yang halus. Xodo PDF Reader & Editor memungkinkan kamu untuk menggaris bawahi teks, menulis langsung pada file PDF, menandatangani dokumen, membuat file PDF baru dari kamera dan menyinkronkan perubahan dengan Google Drive dan Dropbox. 

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tampilan dokumen multi-tab dan mode malam untuk memberikan kenyamanan membaca saat kondisi cahaya yang redup. Kelebihan lain yang tidak boleh dilewatkan dari Xodo PDF Reader & Editor adalah memungkinkan kolaborasi pada file PDF yang dilakukan secara bersamaan dan real-time

Rekomendasi aplikasi PDF terbaik untuk Android

Rekomendasi aplikasi PDF terbaik untuk Android
Aplikasi PDF terbaik untuk perangkat smartphone. (Sumber: Pexels)

Selain melalui PC, kamu juga bisa menikmati berbagai macam layanan aplikasi PDF pada Android. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Librera

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Kamu dapat memilih mode tampilan malam atau siang untuk menambah kenyamanan saat menggunakan Librera - EKRUT

Jika kamu mencari aplikasi PDF terbaik yang cocok digunakan di perangkat Android, maka Librera bisa menjadi salah satu pilihannya. Librera menampilkan banyak tema, warna dan mode tampilan malam atau siang yang bisa disesuaikan untuk menambah kenyamanan membaca.

Ada pula fitur text to speech yang bisa membacakan teks untuk kamu secara otomatis. Pada versi Pro, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuka buku dalam format zip, membagikan halaman apa pun sebagai gambar, mengekspor catatan ke file PDF dan menyajikan pengalaman membaca yang bebas iklan.  

2. PDFelement

Menggunakan aplikasi PDFelement memudahkan kamu untuk membuat, mengedit, dan juga melakukan convert dokumen. Tidak hanya dengan Windows atau Mac, tetapi kamu juga memasang aplikasi pdf ini di ponsel Android. Aplikasi ini mendukung 9 bahasa dalam penggunaannya, seperti Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Belanda, Portugis, Spanyol, dan Cina. PDFelement merupakan solusi all-in-one bagi berbagai macam tipe pengguna.

3. Soda PDF

Soda PDF
Aplikasi PDF ini dapat menghubungkan dengan berbagai macam perangkat penyimpanan. - Pexels

Aplikasi PDF yang juga bisa kamu gunakan pada sistem Android adalah Soda PDF. Soda PDF memberikan akses secara penuh buat kamu untuk menggunakan cloud-based PDF tools, baik melalui edisi rumahan atau premium. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa meninjau, membuat anotasi, mengirim, dan melacak dokumen dari satu tampilan user yang komprehensif. Kamu juga bisa menghubungkan Soda PDF ke akun Google Drive, OneDrive, Dropbox, Evernote, dan Box. 

Hal tersebut tentunya memudahkan kamu untuk mengunduh dan mendistribusikan dokumen. Keuntungan lain dari aplikasi PDF ini adalah fitur pemrosesan dokumen, yang memungkinkan kamu untuk convert beberapa dokumen dalam waktu yang sama.

4. pdfFiller

Aplikasi pdfFiller juga dapat digunakan dalam sistem android. Solusi komprehensif, kaya akan fitur, dan cloud-native yang mengubah PDF statis menjadi pengalaman yang interaktif bagi pengirim dan penerima. pdfFiller menawarkan satu ruang untuk mengatur dokumen online secara komprehensif, yang menyediakan layanan editor online, platform penyimpanan cloud dan permintaan tanda tangan elektronik.

5. FineReader PDF

FineReader PDF
Aplikasi PDF FineReader dirancang untuk meningkatkan produktivitas bisnis. - Pexels

Aplikasi FineReader dapat juga kamu temukan dalam  Android. FineReader adalah aplikasi all-in-one perangkat lunak OCR dan PDF yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

FineReader menyediakan tol yang mudah digunakan untuk mengakses dan memodifikasi PDF dan dokumen berbasis kertas yang terkunci. Kelebihan lain dari aplikasi PDF ini adalah kemampuan Edit digital dan memindai PDF dimana dapat memperbaiki seluruh kalimat atau bahkan mengatur tata letaknya.

Aplikasi PDF pada Android yang tentunya lebih praktis akan mempermudah kamu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam pembuatan CV yang biasanya membutuhkan dokumen dalam format PDF. Apabila kamu ingin mendapatkan karir yang lebih baik, kamu bisa membuat akun di EKRUT, lho!

Baca juga: 7 Aplikasi presentasi selain PowerPoint

Itulah 11 aplikasi PDF terbaik untuk PC dan Android yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang keperluanmu sehari-hari. Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Itu sebabnya pilihlah aplikasi PDF yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

aplikasi pdf terbaik - EKRUT
Last update: 31 Mei 2021

Sumber: 

  • g2.com
  • rankred.com
  • fossybytes.com
  • Tags: Tips kerja

Tags

Share