Published on

Technology

7 Aplikasi scanner Android untuk memudahkan kebutuhanmu

Maria Tri Handayani

aplikasi-scanner-Android---EKRUT.jpg

Sekarang tidak perlu lagi repot ketika harus memindai berkas-berkas untuk kebutuhan proses melamar kerja atau kelengkapan dokumen dalam pekerjaan sehari-hari. Pasalnya, kamu kini bisa memindai dokumen-dokumen tersebut hanya melalui aplikasi scanner dalam smartphone Android yang kamu punya. 

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi scanner Android terbaik yang dapat kamu gunakan.

Adobe Scan 

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Kamu dapat memindai dokumen dengan gratis di Adobe Scan - EKRUT

Adobe Scan merupakan salah satu aplikasi scanner Android terbaik yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Melalui aplikasi ini, kamu bisa memindai dokumen dan menyimpannya ke dalam beberapa format seperti PDF dan JPEG dengan mudah dan cepat. 

Salah satu kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah dapat menyimpan setiap hasil pindaian secara otomatis ke Adobe Document Cloud ,sehingga kamu dapat mengaksesnya dari ponsel, tablet, atau komputer secara bebas. 

Kamu pun dapat mengirimkan hasil pindaian tersebut melalui email atau menambahkannya ke Google Drive yang kamu mau. Tidak hanya itu, pada mode pemindaian khusus, kamu bahkan dapat memindai formulir dan mengisinya langsung dari perangkatmu. 

Microsoft Office Lens 

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Office lens memungkinkan kamu mengkonversi hasil pindaian ke format Word dan power point - EKRUT

Office Lens adalah aplikasi scanner yang dikembangkan oleh Microsoft dan dapat diakses melalui smartphone Android. Sama seperti Adobe Scan, aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan scan dokumen untuk keperluan bisnis atau sekolah ini dapat  kamu gunakan secara gratis. 

Selain format PDF, melalui aplikasi ini kamu juga bisa memindai dokumen dan tulisan di papan tulis ke dalam format lain seperti Word dan Power Point. Office Lens juga memudahkan kamu untuk menyimpan file tersebut ke OneNote, OneDrive atau ke tempat penyimpanan lokal kamu. 

Baca juga: 4 Rekomendasi aplikasi PDF converter terbaik untuk smartphone

CamScanner 

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Ada batasan hari agar kamu bisa menggunakan CamScanner dengan gratis - EKRUT

CamScanner adalah salah satu aplikasi scanner yang populer digunakan banyak orang. Aplikasi ini memungkinkan kamu memindai dokumen dan menyimpannya ke dalam format PDF atau JPEG. 

CamScanner juga mendukung penyimpanan berbasis cloud untuk Drive, Dropbox atau Box.  Ada pula fitur kolaborasi yang bisa digunakan. 

Meskipun sebagian fitur dasar di CamScanner tersebut dapat digunakan secara gratis, namun ada batasan hari dimana kamu bisa memakai aplikasi tersebut secara cuma-cuma.

Lewat dari batasan hari tersebut, kamu harus memilih layanan berlangganan agar bisa menggunakan aplikasi ini secara maksimal. 

TurboScan

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Kamu bisa menambah dan menyusun ulang hasil pindaian dokumen di TurboScan - EKRUT

TurboScan adalah aplikasi scanner Android lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memindai dan berbagi dokumen dalam format PDF atau JPEG berkualitas tinggi. 

Salah satu fitur unggulan TurboScan adalah fitur "SureScan" untuk mode pemindaian dengan hasil yang sangat tajam. Fitur itu juga menawarkan pengeditan multi halaman yang memungkinkan kamu menambah, menyusun ulang atau menghapus halaman pada dokumen akhir yang telah dipindai.

Aplikasi ini sendiri dapat kamu gunakan dalam versi gratis atau berbayar untuk fitur-fitur yang lebih lengkap. 

Google Drive

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Tidak banyak yang tahu Google Drive menawarkan fitur scan dokumen - EKRUT

Tahukah kamu bahwa aplikasi Google Drive juga memiliki opsi bawaan untuk memindai dokumen? 

Meskipun fitur yang ditawarkan tidak selengkap aplikasi scanner Android lainnya, namun ini bisa jadi pilihan praktis lainnya terutama jika kamu sudah memiliki aplikasi Google Drive di smartphone Android kamu.

Pasalnya, kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi scanner lainnya di smartphone kamu. Cukup buka aplikasi Google Drive yang ada, pindai dokumennya, dan langsung simpan di Drive kamu.

Untuk menemukan opsi pemindai di aplikasi Google Drive, kamu tinggal klik tombol '+' yang ada di pojok kanan bawah, lalu pilih opsi 'scan' untuk mulai memindai dokumen. 

Beberapa fitur dasar lainnya yang ada pada opsi scan Google Drive adalah fitur crop, penyesuaian warna dan pemilihan kualitas gambar. 

Smart Doc Scanner

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Gunakan Smart Doc Scanner untuk memindai dokumen ke dalam format seperti JPEG dan PNG - EKRUT

Smart Doc Scanner adalah pilihan scanner Android lainnya yang memungkinkan kamu memindai dokumen dengan cepat. 

Ada beberapa fitur yang diunggulkan dalam aplikasi ini. Contohnya dukungan OCR untuk membaca teks dari gambar dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk pemeriksaan ejaan.  Kamu juga bisa mengatur ukuran halaman, mengaktifkan mode pemindaian untuk mode multi halaman, dan fitur-fitur lainnya. 

Smart Doc Scanner juga bisa digunakan untuk memindai dokumen ke dalam berbagai format seperti, JPEG, PNG, GIP, WebP,dan BMP. Aplikasi bahkan terintegrasi dengan fitur penyimpanan cloud seperti DropBox, Google Drive untuk memudahkan penggunanya.

Scanbot

Aplikasi scanner Android - EKRUT
Salah satu keunggulan ScanBot ada pada teknologi OCR - EKRUT

Scanbot bisa jadi pilihan aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memindai dokumen dan menyimpannya sebagai PDF atau JPG dengan cepat. Salah satu keunggulan aplikasi ini ada pada teknologi OCR yang mampu mengenali teks dengan sangat baik. 

Aplikasi ini juga mendukung banyak layanan berbasis cloud seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, Slack, Evernote, dan lain-lain. Kamu bahkan bisa mengatur opsi unggah otomatis agar dapat langsung menyimpan dokumen hasil pindaian.

Selain untuk memindai dokumen, Scanbot juga dilengkapi fitur pemindaian barcode atau QR Code yang juga bisa kamu manfaatkan. 

Baca juga: 7 Rekomendasi aplikasi PDF terbaik 2020

Selain beberapa rekomendasi di atas, kamu juga masih bisa menemukan pilihan aplikasi scanner Android lainnya dengan mudah. Pilihlah aplikasi yang menawarkan fitur-fitur untuk semakin memudahkan kebutuhanmu ketika harus memindai dokumen dengan cepat. 

EKRUT

Sumber:

  • fossybytes.com
  • nytimes.com
  • androidauthority.com

Tags

Share