Published on

Technology

Apple akan hentikan penjualan aplikasi dari pihak ketiga

Maria Yuniar

iphone-563071__340.jpg

Apple belum lama ini mengumumkan rencana penghentian penjualan aplikasi pihak ketiga. Terhitung 1 Oktober 2018, Apple akan menghapus seluruh aplikasi iOS, Mac, dan aplikasi berbayar dari layanan pihak ketiga.

Keputusan ini dibuat Apple menyusul pembaruan layanan App Store yang kini telah dibekali oleh editor manusia sungguhan, bukan robot, untuk memilih aplikasi berita dan beragam aplikasi populer lainnya. 

 

Peluncuran App Store baru

Apple mengungkapkan, program afiliasi dengan penjual pihak ketiga kini tak diperlukan lagi dengan adanya peluncuran AppStore baru di iOS dan Mac. App Store ini akan dilengkapi peningkatan kemampuan untuk menemukan aplikasi tertentu.

Banyak yang menyayangkan keputusan Apple ini, terutama di media sosial. Layanan penjualan aplikasi dari pihak ketiga ini nyatanya telah memungkinkan beragam layanan penjualan aplikasi pihak ketiga untuk menulis ulasan yang obyektif terhadap aplikasi-aplikasi iOS dan Mac.

 

Kekecewaan pihak ketiga

Setelah melihat berita bahwa Apple akan segera mengakhiri penjualan aplikasi di layanan pihak ketiga, kepala editor TouchArcade, Eli Hodapp, mencuit di Twitter. “I wish I was dead,” tulisnya. 

Dalam sebuah tulisan di situs TouchArcade, Hodapp mengatakan bahwa ia tak tahu apa yang akan dilakukan oleh TouchArcade berikutnya. Hal ini cukup wajar mengingat selama ini TouchArcade sebagai penjual aplikasi pihak ketiga menerima pendapatan dari Apple untuk setiap penjualan aplikasi di AppStore.

Hodapp juga mengatakan,TouchArcade pernah mencoba cara lain selain menjual aplikasi, yaitu melalui aktivasi akun Patreon dan menggunakan layanan pemasaran afiliasi Amazon untuk kelangsungan situs TouchArcade. Namun, hasilnya tak berujung baik.

 

Pemotongan layanan bermula pada 2017

Sebenarnya, upaya Apple untuk memotong layanan afiliasi ini sudah bermula sejak tahun lalu. Pada 2017 Apple telah memotong perolehan bagi layanan afiliasi dari tujuh persen menjadi 2,5 persen. Bagi Hodapp dan pengembang layanan serupa, hal tersebut merupakan pukulan besar.

Kini, apa yang dirasakan Hodapp tentu juga dirasakan oleh banyak pihak yang merasa akan dirugikan atas keputusan Apple ini, termasuk bagi para pengembang aplikasi iOS dan pengembang permainan independen yang tak memiliki banyak biaya pemasaran untuk bersaing dengan pengembang besar.

Apa jadinya ya jika nanti aplikasi-aplikasi populer dari pihak ketiga tidak lagi tersedia di App Store? Apakah para pengguna Apple akan beralih?

 

Sumber:
mashable.com
theverge.com
arstechnica.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Slack_Technologies-Logo.wine.png

    Technology

    Slack: Aplikasi Chat yang Memudahkan Komunikasi Antar Tim

    Algonz D.B. Raharja

    30 June 2022
    5 min read
    Untitled_design-6.jpg

    Technology

    Cara Transfer Pulsa Telkomsel Praktis dan Mudah 2022

    Tsalis Annisa

    29 June 2022
    4 min read
    cover.jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Aplikasi Membaca Novel Gratis [2022]

    Detty Risetya

    24 June 2022
    5 min read

    Video