Published on

Careers

5 Cara asah kemampuan IT agar dilirik perusahaan

Widyanto Gunadi

asah-kemampuan-IT---EKRUT.jpg

Pekerjaan di bidang teknologi senantiasa berkembang. Oleh sebab itu, sebagai pekerja IT, kamu juga wajib mengasah kemampuan. Bagaimana caranya? Lakukan lima langkah ini agar kemampuan kamu tetap relevan dengan industri IT. 

Tangani proyek teknologi pribadi

asah kemampuan IT - EKRUT
Asah kemampuan IT dengan terlibat pada proyek-proyek mandiri - EKRUT

Kejenuhan dengan tugas yang sama di kantor dapat disiasati dengan proyek sampingan. Kerjakanlah proyek teknologi pribadi kamu di rumah. Hal ini berguna untuk terus menambah dan mengasah kemampuan IT kamu.

Jika kamu ingin mengembangkan situs, berlatihlah dengan membangun situs sendiri. Rancang aplikasi yang bagus, kalau kamu ingin menjadi seorang pengembang aplikasi mobile. Intinya, berkreasilah untuk mengasah kemampuan IT kamu.

Baca juga: 4 Sertifikasi JavaScript untuk skill yang lebih teruji

Dapatkan sertifikasi

asah kemampuan IT - EKRUT
Sertifikasi dapat menjadi cara mengasah kemampuan dan menunjukkan skill yang teruji - EKRUT

Sertifikasi di bidang teknologi adalah hal yang cukup penting di industri ini. Banyak perekrut terus menguji kemampuan seorang pekerja IT, dan mempertimbangkan adanya sertifikasi.

Itu sebabnya kamu bisa mengikuti kursus online yang menyediakan sertifikat. Lagipula tidak hanya akan mendapatkan sertifikat, dengan mengikuti kurus online kamu juga bisa mengasah kembali pengetahuan yang kamu miliki.

Selain dengan mengambil sertifikasi, kamu juga bisa mengasah dan menonjolkan kemampuan IT yang teruji  dengan mengikuti EKRUT Contest yang rutin diadakan di platform EKRUT.

Dengan mengikuti EKRUT Contest kamu bisa menunjukkan kemampuan terbaik dan mendapatkan badge khusus yang disematkan pada profil EKRUT kamu.

Badge ini yang bisa menarik perhatian perekrut dan membuka peluang mendapatkan undangan interview kerja yang lebih banyak, sebab banyak pula perusahaan di EKRUT yang mencari kandidat yang terbukti menguasai skillset yang teruji dalam EKRUT Contest tersebut.

Tidak hanya bisa menunjukkan kemampuan, dengan EKRUT Contest kamu pun bisa merebut kesempatan membawa pulang dari total hadiah RP2.500.000 yang dibagikan setiap kali EKRUT Contest diadakan. 

Untuk info lebih lengkap mengenai jadwal dan cara mengikuti EKRUT Contest silahkan lihat di artikel berikut.

EKRUT Contest

Bangun jaringan sosial 

asah kemampuan IT - EKRUT
Ikutlah terlibat dalam komunitas IT untuk mendapat pengetahuan baru - EKRUT

Kemampuan sosial sama pentingnya dengan keterampilan teknis. Kamu dapat melatih keterampilan teknis melalui coding. Sementara itu, untuk meningkatkan interaksi dan networking, bergabunglah dengan komunitas online di bidang IT. Selain bersosialisasi, kamu pasti mendapat banyak pengetahuan baru.

Baca buku dan blog

asah kemampuan IT - EKRUT
Membaca adalah salah satu cara mengasah kemampuan IT - EKRUT

Bila kamu gemar membaca, maka tak ada salahnya untuk membeli buku teknologi. Kamu juga dapat mengunjungi berbagai blog berkualitas seputar IT, membacanya, dan mengaplikasikan pengetahuan baru yang didapat.

Membaca adalah jendela dunia, termasuk ke dunia IT. Ini salah satu cara mudah untuk tetap dekat dengan update dunia IT.

Pahami tren

asah kemampuan IT - EKRUT
Agar tetap relevan penting untuk terus memantau tren - EKRUT

Ketahuilah tren terbaru seputar dunia IT. Biasanya pekerjaan di bidang IT selalu berkaitan dengan tren terkini.

Contohnya, belakangan, ada tren teknologi virtual reality (VR) yang digunakan untuk mendesain bangunan. Para perekrut, biasanya, juga akan menguji pemahaman kandidat terhadap tren di industri saat ini. Oleh karena itu, biasakan untuk mengikuti berita dan perkembangan di dunia IT ya.

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2020

Setelah mengasah kemampuan kamu di bidang teknologi, maka kamu pun akan semakin percaya diri ketika mencari peluang kerja. Sebab dengan semakin baik kemampuan IT yang kamu kuasai, maka semakin tinggi pula peluang kamu dilirik oleh perusahaan. 

EKRUT
Last update: 22 November 2020

Sumber:

Tags

Share