Technology

Bagaimana blockchain untungkan platform e-commerce?

Published on
Min read
3 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

online-2900303__340.jpg

Teknologi blockchain kini telah digunakan dalam revolusi sejumlah industri, termasuk pasar modal. Produk sekuritas ternyata mewakili sektor pasar ini, karena berisi kumpulan aset keuangan yang memerlukan proteksi dan sistem keamanan untuk dijual kepada investor. Bahkan, blockchain pun bermanfaat bagi platform e-commerce, lho!

 

Revolusi e-commerce

Tak hanya untuk dunia sekuritas, blockchain ternyata juga mampu merevolusi industri e-commerce. Sebab, selama ini situs e-commerce kerap menjadi sasaran peretas dunia maya. Sebut saja kejadian peretasan situs eBay pada tahun 2014 yang membuat 150 juta data pengguna terbuka atau peretasan situs Target pada tahun 2013 yang membuat 110 juta data peengguna terbuka.

Padahal, ujung tombak bisnis e-commerce terletak pada kepercayaan pengguna. Data pengguna yang terbongkar secara langsung akan membuat kepercayaan pengguna terhadap situs tersebut menurun. Namun, masalah keamanan tersebut dapat dijawab melalui penggunaan teknologi blockchain.

 

Berbasis data

Blockchain merupakan teknologi basis data yang membuat data di dalamnya tidak bergantung pada jaringan atau server terpusat. Berbagai data di dalamnya dimiliki oleh konsensus berupa pihak atau komputer yang ada dalam jaringan. Dengan kata lain, data pada blockchain telah terdesentralisasi.

Servernya tak hanya satu, tapi juga tersebar. Ini menjadikan blockchain dianggap aman, terutama ketika sistemnya mengalami gangguan. Saat salah satu server mengalami gangguan seperti peretasan, server tersebut dapat diabaikan karena jaringan server lainnya memiliki data yang berbeda.

Sistem pengamanan tersebut sangat berguna bagi platform e-commerce. Sebab, situs jual beli daring membutuhkan data pribadi pengguna untuk melakukan pembayaran dan pengiriman. Dengan sistem penyimpanan data yang terdesentralisasi, kemungkinan peretas untuk membobol data pengguna tentu semakin kecil karena mereka perlu menyerang ratusan bahkan ribuan server.

 

Sumber:
cio.com
metrotvnews.com

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read
    H1_seo_youtube.jpg

    Technology

    Panduan SEO YouTube Terbaru untuk Tingkatkan Video

    Nurina Ulfah

    23 November 2022
    6 min read
    Cover.png

    Technology

    Mengenal Asana, Project Management Tools untuk Memudahkan Pekerjaan

    Yohanna Valerie Immanuella

    14 November 2022
    6 min read

    Video