Media

Bagaimana caranya dapat pekerjaan yang selalu bikin bahagia?
By Maria Yuniar - 16 July 2018
3 min read 394 Views

Menemukan pekerjaan yang bikin bahagia pasti menyenangkan. Bagaimana tidak? Anda akan menjalani pekerjaan tanpa mengeluh atau merasa terbebani. Jika tempat kerja menyenangkan dan nyaman maka Anda pun jauh dari stres. Lalu, bagaimana sih caranya dapat pekerjaan yang selalu bikin bahagia? Yuk, simak tips berikut!

 

Pekerjaan dan ekspektasi gaji

Akui saja, bahwa faktor utama Anda adalah gaji, karyawan akan secara signifikan lebih mungkin untuk tinggal lebih lama jika mereka lebih banyak informasi tentang gaji selama proses wawancara. Lagi pula, jika Anda menerima peran yang memenuhi persyaratan gaji Anda, Anda tidak perlu mencari pekerjaan dengan gaji lebih baik di tempat lain. Jadi, cara pertama mendapat pekerjaan yang selalu bikin bahagia adalah menemukan yang sesuai dengan gaji yang Anda harapkan.

 

Ruang untuk berkembang

Selain gaji, peluang pengembangan karir adalah alasan terbesar kedua karyawan profesional tetap tinggal di sebuah perusahaan. Bagaimana tanda bahwa perusahaan yang Anda tinjau akan membantu mendukung pertumbuhan masa depan Anda? Jalur yang jelas untuk promosi, pelatihan, program pengembangan karir dan kesempatan bimbingan formal. Nah, kalau sudah berada di perusahaan yang memberikan ruang untuk berkembang, Anda akan bahagia dan tidak tertarik masuk perusahaan lain bukan?

 

Benefit perusahaan

Ketika Anda mendapatkan tawaran kerja yang sudah dalam tahap offering letter, Anda tentu akan diinfokan mengenai manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan jika bergabung. Ini perlu Anda pertimbangkan dengan baik, hal ini dikarenakan Anda perlu mempertimbangkaan fasilitas yang akan Anda terima yang menentukan kualitas hidup Anda. Di samping gaji yang Anda terima, tunjangan juga merupakan komponen inti dari fasilitas yang Anda akan terima. Perusahaan dengan manfaat luar biasa seperti perlindungan kesehatan premium, cuti, tour bersama dan sebagainya. Sebagai alternatif, Anda mungkin saja bersedia menerima gaji yang lebih rendah sebagai imbalan untuk kesenangan yang sangat menarik. 

 

Kolaborasi

Selain hal-hal tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan peluang pekerjaan tersebut memberi ruang untuk dapat berkolaborasi sebanyak mungkin. Anda akan mendapatkan banyak ide dengan berkolaborasi bersama rekan di kantor. Pekerja yang paling bahagia dan paling efektif adalah bagian dari tim yang hebat. Pikirkan cara Anda agar bisa berkolaborasi dengan orang lain, untuk merasa lebih bahagia dan mendapat dukungan.

 

Mentor

Setiap orang berhak dan membutuhkan mentor. Carilah seseorang yang lebih berpengalaman untuk membantu melangkah keluar dari perspektif Anda sendiri. Jangan sampai Anda frustrasi dan malahan tidak produktif karena memikirkan semua persoalan pekerjaan sendiri. Jadi, pastikan Anda mendapatkan mentor yang dapat memberikan saran produktif.

Setelah mempertimbangkan hal tersebut, Anda bisa memilih pekerjaan yang bisa membuat Anda selalu bahagia. Jangan lupa untuk terus meningkatkan potensi serta kemampuan Anda, ya!

 

Rekomendasi bacaan:
Indonesia pimpin AI di ASEAN, ungguli Singapura
7 dasar bahasa pemrograman Python
Jangan jadi developer yang biasa saja

 

Sumber:
fastcompany.com
liputan6.com
moneysmart.id
womantalk.com

Tags: karyawan, perusahaan, cari kerja, kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang