Register

Expert's Corner

Bagaimana cara membangun culture di divisi infrastruktur BBM?

Maria Yuniar

04 October 2018

Addhe_Warman.jpeg

Q:
Halo Mas Addhe! Boleh tolong diceritakan bagaimana cara BBM membangun culture di divisi infrastruktur?

Terima kasih
 
Shamir Husein, senior backend developer
 
A:

Divisi Infrastruktur BBM terbagi dalam dua tim besar, yaitu tim Asia Pasific dan North America, dengan berbagai tempat kerja yang tersebar di beberapa kota di seluruh dunia. Membangun budaya kerja dan visi yang sama di dalam divisi Infrastruktur sangat penting, agar pekerjaan dapat berjalan dengan efisien, dan memastikan setiap pekerjaan serta masalah dapat diselesaikan dengan baik.

BBM terus berevolusi dari aplikasi chat menjadi ekosistem sosial yang menyatukan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Untuk itu kami membangun budaya engineering yang kuat untuk memastikan kami dapat memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna BBM.

Untuk mencapai hal tersebut, Divisi Infrastruktur BBM membangun budaya kerja sebagai berikut:

 

Berbagi tanggung jawab

Di dalam divisi Infrastruktur BBM, kerja sama menjadi kunci utama karena kami bekerja secara tim. Ketika menemukan kendala, kami tidak mencari siapa yang melakukan kesalahan. Namun kami fokus untuk mencari akar masalahnya dan memberikan solusi.

 

Jangan melakukan penggantian secara manual

BBM mengelola puluhan ribu server yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga, tidak mungkin bagi tim Infrastruktur BBM untuk melakukan perubahan di server secara manual, satu per satu.

Kami bekerja di lingkungan yang besar dan berlapis. Di setiap lapisan tersebut, ada mesin-mesin yang bekerja. Sehingga di BBM, kami melarang adanya perubahan manual yang dilakukan setiap individu untuk menghindari kesalahan di masa depan.

 

Break the silo

Setiap engineer di BBM bekerja secara berpasangan, sehingga setiap orang tidak menyimpan pekerjaan atau masalahnya sendiri. Sistem ini efektif untuk mencegah ego individu di kalangan engineer dan memastikan setiap inovasi ataupun rahasia perusahaan dapat tersimpan dengan baik.

 

Terus belajar dan tumbuh

Di BBM, kami mendorong setiap engineer untuk terus belajar karena industri IT terus bergerak dengan cepat setiap harinya. Kami memiliki metodologi 'skill metrics', yang mendorong dan memfasilitasi engineer untuk terus belajar serta menguasai skill baru, yang kami evaluasi setiap tiga bulan.

 

Standup, show and tell

Setiap pagi sebelum bekerja, kami biasanya melakukan meeting kecil untuk sharing rencana yang akan dikerjakan hari itu. Meeting kecil yang kami sebut standup ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja dan kendala pekerjaan, sehingga kami dapat mencari solusinya.

Sebelum pulang, kami melakukan show and tell, yaitu melaporkan perkembangan terbaru atas pekerjaan yang telah dilakukan hari ini dan informasi apa yang harus di teruskan atau di lanjutkan oleh team kami di belahan dunia yang lain.

Begitulah kami menciptakan budaya kerja di BBM, jika tertarik bergabung dengan BBM silakan kunjungi LinkedIn atau careers.bbm.com untuk melihat peluang dan ciptakan masa depanmu bersama kami.

Addhe Warman

Head of Infrastructure Asia Pacific of BBM

About the expert

Addhe Warman adalah Head of Infrastuctur Asia Pacific BBM. Berbekal pengalaman lebih dari 8 tahun di bidang IT, Addhe memegang tanggung jawab pennuh atas performa dan kinerja server dan jaringan BBM. Addhe menyelesaikan pendidikannya di jurusan Sistem Informatika Universitas Gunadarma pada 2007.

Tags

Share