Published on

Careers

5 Cara memotivasi karyawan tanpa beri kenaikan gaji

Maria Yuniar

cara-apresiasi-karyawan---EKRUT.jpg

Setiap karyawan dengan kinerja baik, tentu layak mendapatkan apresiasi. Namun sayangnya, kamu belum tentu memiliki sumber daya untuk memberikan kenaikan gaji. 

Tak perlu khawatir. Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan sebagai apresiasi terhadap para karyawan yang berprestasi. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi karyawan, saat perusahaan belum bisa memberi kenaikan gaji.

Bicarakan dengan jujur

cara apresiasi karyawan -  EKRUT
Dengan mengomunikasikan situasi saat ini, karyawan bisa mencoba memahami - EKRUT

Katakan saja pada karyawanmu, bahwa kamu belum bisa menaikkan gajinya saat ini meskipun ia memiliki kinerja yang luar biasa.

Sampaikan dengan jujur tentang beberapa faktor yang masih membuatmu terpaksa menunda kenaikan gajinya. Dengan demikian, karyawanmu tidak akan merasa dicurangi, dengan kinerjanya yang baik.

Baca juga: Ragam tunjangan unik dan menarik bagi karyawan selain gaji

Beri fleksibilitas waktu bekerja

cara apresiasi karyawan - EKRUT
Memberi tambahan cuti atau fleksibilitas waktu kerja bisa membuat karyawan merasa dihargai - EKRUT

Terkadang, karyawan yang memiliki kinerja baik sangat menyukai tantangan. Jadi, tawarkanlah tantangan baru pada mereka yang benar-benar berminat.

Selain itu, bila perusahaanmu menawarkan jam kerja yang fleksibel, tawarkanlah juga kesempatan baginya untuk berlibur atau bekerja dari rumah. Kamu bisa juga menawarkan kemudahan pengajuan cuti bagi mereka. Hal ini bisa membuatnya merasa diapresiasi.

Cari alternatif kenaikan gaji

cara apresiasi karyawan - EKRUT
Apresiasi karyawan dengan hal-hal yang mereka suka - EKRUT

Ketika seorang karyawan meminta kenaikan gaji atau promosi, itu berarti ia ingin membuktikan prestasinya. Padahal, ada cara-cara lain untuk mengapresiasi karyawan sesuai dengan preferensi mereka. Untuk itu, kamu perlu mengenal para karyawan lebih dalam dan mengerti bagaimana mereka ingin diapresiasi.

Bisa saja kamu memberi mereka tiket konser atau kupon belanja kebutuhan harian di pasar swalayan. Hal ini tentu akan membuat mereka merasa sangat dihargai bila atasan mengenal mereka secara personal.

Tawarkan kesempatan karyawan untuk mempelajari skill yang diinginkan 

cara apresiasi karyawan - EKRUT
Beri kesempatan belajar skill baru bagi karyawan berprestasi - EKRUT

Saat berada dalam rutinitas kerja, mudah bagi karyawan untuk menjadi kurang termotivasi, kreatif dan tidak puas dengan pekerjaan. Karena itu cobalah berikan apresiasi pada karyawan yang berkinerja baik kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru yang menarik minat mereka.

Cara ini tidak hanya dapat meningkatkan kepuasan kerja mereka, tapi juga meningkatkan hasil dan kemampuan mereka yang dapat berkontribusi pada perusahaan pada akhirnya. 

Baca juga: 6 Tips ini ampuh membuat karyawan betah di kantor

Bantu susun rencana karier

cara apresiasi karyawan - EKRUT
Bantu karyawan berprestasi merancang jalur karier yang tepat - EKRUT

Kamu juga bisa membantu karyawanmu untuk menyusun rencana karier jangka panjang mereka dan strategi untuk mencapainya. Selain itu, kamu dapat menawarkan sejumlah kursus dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan di dunia kerja.

Dengan cara ini, karyawanmu akan merasa bahwa atasannya selalu mendukung dan akan membantu mereka untuk mencapai target-target tertentu. Perusahaan pun bisa menyiapkan segala sesuatunya sebelum mengakomodasi kenaikan gaji.

cara apresiasi karyawan - EKRUT
Last update: 2 Oktober 2020

Sumber:

Tags

Share