Published on

Careers

7 Tips untuk bantu kamu bangkit dari kegagalan

Maria Tri Handayani

bangkit-dari-kegagalan---EKRUT.jpg

Mengalami kegagalan pasti membuat kamu sedih dan menyalahkan diri. Tapi, jangan biarkan perasaan ini menghambatmu berlama-lama. 

Ingatlah bahwa kegagalan adalah salah satu hal yang dapat membantu kamu untuk tumbuh dan berkembang. Lihat saja kisah-kisah inspiratif dari orang-orang sukses yang melewati beragam kegagalam sebelum mencapai kesuksesan. 

Itu sebabnya, jika kamu sekarang merasa gagal, entah karena sedang kehilangan pekerjaan atau gagal dalam bisnis, jangan putus harapan. Ayo bangkit dari kegagalan, misalnya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini. 

1. Terima keadaan

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Mengakui perasaan sedih dan kecewa yang mungkin kamu alami bisa membuatmu lebih lega untuk melangkah maju - EKRUT

Jangan paksa diri untuk untuk selalu tersenyum dan bahagia dengan apa pun yang terjadi pada diri sebagai dalih tetap berpikir positif saat menghadapi kegagalan. 

Berpikir positif sebaiknya dimaknai dengan cara menerima keadaan yang ada dan mengakui perasaan yang kamu rasakan saat itu, baik sedih atau kecewa, lalu menjadikan kegagalan ini sebagai pembelajaran untuk tumbuh dan berkembang.

2. Jangan sibuk menyalahkan diri

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Menyalahkan diri sendiri tidak akan membawamu kemana-mana - EKRUT

Saat menghadapi kegagalan, mudah bagi kita untuk menyalahkan diri dan merasa bahwa kamu akan selalu gagal. Jangan biarkan gagasan dan pikiran seperti ini masuk ke kepala kamu. Ingatkan diri bahwa hanya karena kamu gagal saat ini bukan berarti kamu akan gagal di lain waktu. 

Perlakukan pula kegagalan sebagai sebuah fase yang berlalu. Itu sebabnya kamu harus terus bergerak maju dan tidak terpaku pada kegagalan yang dihadapi saat ini.

Baca juga: 6 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat

3. Ingatkan diri untuk menghargai proses

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Lihatlah kegagalan sebagai bagian dari proses mencapai kesukesan - EKRUT

Jangan hanya fokus melihat tujuan akhir yakni kesukesan. Belajarlah dari banyak kisah inspiratif orang sukses bahwa untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan selalu ada proses dan tantangan yang berbeda di setiap orang. 

Seperti quotes motivasi dari Michael Jordan berikut:

“I’ve missed more than 9000 shots in my career. I’ve lost almost 300 games. 26 times, I’ve been trusted to take the game winning shot and missed. I’ve failed over and over and over again in my life. And that is why I succeed.”

Sama seperti kamu saat ini. Mungkin sekarang kamu menemukan kegagalan dan belum mencapai kesukesan yang kamu inginkan. Namun, ingatlah bahwa mungkin kegagalan tersebut hanyalah sebagian proses yang harus kamu lewati  dalam mencapai kesukesan. 

4. Lihat kegagalan sebagai sesuatu yang berharga

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Kegagalan membuatmu banyak belajar - EKRUT

Cobalah melihat kegagalan dari sisi pandang yang berbeda, misalnya melihat kegagalan sebagai umpan balik yang dapat digunakan sebagai pembelajaran selanjutnya. Cara pandang ini diterapkan oleh Thomas Edison saat menghadapi kegagalan dalam eksperimennya.

Suatu ketika Thomas Edison pernah ditanya bagaimana ia dapat terus maju meski mengalami 10.000 kegagalan dalam menemukan bola lampu pijar. 

Jawaban Thomas Edison saat itu adalah, “What do you mean failure? I never had a failure. It was all feedback”. 

Dari jawaban  ini kamu bisa melihat bahwa cara bangkit dari kegagalan menurut Thomas Edison adalah dengan mellihat kegagalan sebagai sesuatu yang berguna dan berharga, seperti sebuah umpan balik yang membantu kamu menjadi lebih baik lagi. 

5. Fokus meningkatkan diri 

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Daripada berdiam diri  menyesali kegagalan, lebih baik fokus meningkatkan kualitas diri - EKRUT

Kegagalan bisa dialami siapa saja. Yang membedakan hanyalah bagaimana setiap orang menanggapi kegagalan tersebut. Itu sebabnya agar mampu bangkit dari kegagalan, kamu tidak boleh berdiam diri begitu saja. 

Belajarlah dari kegagalan yang ada lalu fokus untuk meningkatkan diri, sebab tidak jarang kegagalan terjadi karena kamu sendiri yang tidak siap dan memiliki rencana yang jelas.  

Agar kamu bisa belajar dari kegagalan, mulailah dengan menanyakan beberapa pertanyaan ini ke diri kamu sendiri. 

  • Apa pelajaran yang bisa kamu ambil dari kegagalan ini?
  • Bagaimana kamu bisa memperbaiki diri agar menghindari membuat kesalahan yang sama dan menjadi lebih baik di lain waktu?
  • Apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kesukesan? 

Carilah jawaban ini dengan perlahan dan membandingkan beragam perspektif. Dengan menganalisa hal-hal apa yang mengakibatkan kegagalan kamu sebelumnya, kamu pun bisa lebih fokus mencari tahu usaha apa yang bisa kamu lakukan dalam kapasitas kamu untuk memperbaiki, meningkatkan, menyelesaikan dan mengembangkan diri. 

Baca juga: Kata-kata motivasi kerja saja tidak cukup, terapkanlah 10 cara ini

6. Temukan koneksi baru

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Temukan support system dan koneksi yang dapat menginspirasi untuk terus bangkit - EKRUT

Cara bangkit dari kegagalan lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan membuka koneksi dan komunikasi dengan orang-orang baru.

Memiliki koneksi baru tidak hanya menjadi cara yang bagus untuk membuka kesempatan baru dalam hidup, namun juga dapat membantu kamu menemukan orang-orang yang dapat menginspirasi kamu untuk terus menjadi orang yang lebih baik. 

Jika tidak dapat bertemu dengan orang baru, setidaknya berusahalah menemukan sosok yang bisa diteladani dan menjadi contoh untuk kamu pelajari. 
Cari tahu bagaimana mereka bisa berhasil dan tantangan apa yang telah mereka taklukan. Belajar pula dari kesalahan-kesalahan yang mereka alami sehingga kamu bisa mengetahui hal-hal apa yang harus kamu hindari. 

7. Ingat kembali alasan kamu memulai sesuatu

bangkit dari kegagalan - EKRUT
Ingat motivasi awal kamu agar kamu selalu punya semangat untuk bangkit - EKRUT

Terakhir, untuk bangkit dari kegagalan, cobalah untuk mengingat kembali alasan mengapa kamu ingin mencapai sesuatu. Misalnya alasan kamu untuk memilih karier tersebut, atau alasan kamu ingin mengembangkan usaha tersebut. 

Ingatlah hal-hal spesifik apa yang memikat kamu dan memotivasi kamu hingga mengambil langkah-langkah yang membawa kamu ke posisi sekarang. 

Dengan menemukan alasan yang cukup kuat mengapa kamu ingin mencapai sesuatu, maka kamu akan selalu punya alasan untuk bangkit dari kegagalan apa pun.

Itulah beberapa tips cara bangkit dari kegagalan yang bisa kamu coba. Semoga dengan melakukan tips tadi, kamu bisa menemukan motivasi kembali untuk bergerak maju dan mencapai kesuksesan seperti yang kamu inginkan selama ini. 

bangkit dari kegagalan - EKRUT

Sumber:

  • addicted2succcess.com
  • selfgrowth.com
  • bravethinkinginstitute.com
  • wanderlustworker.com

Tags

Share