Published on

Careers

6 Tips mengembangkan kemampuan berpikir strategis

Maria Tri Handayani

berpikir-strategis---EKRUT.jpg

Skill berpikir strategis atau strategic thinking adalah kemampuan untuk menyiapkan strategi dan gagasan yang akan membantu mengatasi perubahan dan tantangan yang mungkin akan dijumpai di masa yang akan datang. 

Memiliki kemampuan ini disebut dapat menunjang kesuksesan dalam karier dan pekerjaan seseorang. Sebab, skill strategic thinking dianggap sebagai salah satu kualitas yang menunjukkan kemampuan seseorang sebagai pemimpin yang sukses. 

Agar kamu dapat menguasai kemampuan ini, berikut beberapa tips mengembangkan kemampuan berpikir strategis yang bisa kamu terapkan.

Selalu berpikir ke depan

berpikir strategis - EKRUT
Berpikir ke depan berarti mempertimbangkan keadaan masa lalu, sekarang dan masa depan - EKRUT

Menjadi seorang strategic thinker berarti kamu harus dapat menjadi orang yang visioner. Itu sebabnya biasakan diri untuk berpikir ke depan. Pahami bahwa berpikir ke depan tidak berarti hanya fokus pada apa yang akan terjadi di masa mendatang. Namun kamu harus mampu mempertimbangkan apa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang dan masa depan pada saat yang sama. Dengan begitu kamu dapat menentukan strategi dan tindakan yang tepat. 

Lihatlah tujuan kamu saat ini, perubahan apa yang sudah terjadi di masa lalu, bayangkan hambatan dan tantangan apa yang kira-kira dapat muncul di kemudian hari, lalu rancang strategi untuk mengatasinya ketika masalah itu benar-benar muncul. 

Membiasakan cara berpikir ini juga dapat membantu kamu dalam mengatasi rintangan atau masalah dengan lebih cepat. 

Biasakan menentukan prioritas 

berpikir strategis - EKRUT
Latih kemampuan berpikir strategis dengan berlatih menentukan prioritas - EKRUT

Asah kemampuan berpikir srategis dengan membiasakan memilih prioritas dalam hal tugas dan waku di keseharian pekerjaan.

Selalu periksa tugas-tugas kamu,  putuskan mana yang bisa menunggu, dan mana yang paling memberikan  manfaat terbesar bila dikerjakan sekarang. 

Baca juga: Pentingnya skala prioritas untuk meningkatkan produktivitas kerja

Menyadari bias pribadi 

berpikir strategis - EKRUT
Selalu kritis terhadap pikiran pribadi akan membantumu berpikir strategis - EKRUT

Sadar diri untuk memonitor dan mempertanyakan kembali pemikiran diri sendiri adalah bagian penting dari berpikir strategis. Pasalnya tak dapat dielakkan, cara berpikir dan bertindak dipengaruhi oleh bias pribadi. 

Karena itu kendalikan pikiran dengan selalu memeriksanya secara kritis dan mempertanyakan apa pun yang kamu pikirkan. Misalnya, tanyakan hal-hal seperti bagaimana keadaaan saat ini, apakah perspektif kamu realistis, apa yang sebenarnya disiratkan oleh sudut pandangmu dan poin apa yang harusnya tidak kamu miliki. 

Akuilah bahwa pikiran atau ide kamu tidak selalu sempurna dan hal ini tidak akan mengurangi kredibilitas diri. Kenyataannya, menyadari bias pribadi tersebut justru memungkinkan kamu untuk berpikir di luar kotak dan membuat ide-ide baru 

Tingkatkan kemampuan mendengarkan 

berpikir strategis - EKRUT
Mendengarkan akan membantumu memahami perspektif yang berbeda - EKRUT

Setelah menerima bahwa keyakinan dan cara pandang kamu tidak selalu sempurna, maka langkah selanjutnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir strategis adalah dengan meningkatkan kemampuan mendengarkan kamu. 

Cobalah berbicara dengan rekan kerja kamu, perluas jaringan dan pahami perspektif mereka yang berbeda. Bukalah pikiran, terima umpan balik dan evaluasi semua yang kamu dengar. 

Latihlah kemampuanmu dalam melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif yang berbeda. Dengan melakukan hal ini kamu dapat menemukan berbagai pendekatan untuk suatu situasi dan dapat mengambil kesimpulan yang paling tepat. 

Pahami setiap konsekuensi 

berpikir strategis - EKRUT
Memahami setiap konsekuensi akan membantumu mempertimbangkan setiap rencana - EKRUT

Setiap pilihan memiliki konsekuensi masing-masing. Saat kamu berpikir strategis kamu harus mempertanyakan berbagai sumber dan sudut pandang, serta memikirkan dampak dari setiap opsi. 

Karena itu latihlah kemampuan untuk mengidentifikasi dampak dari berbagai skenario dalam pengambilan keputusan. 

Baca juga: 8 Cara mengambil keputusan agar tidak salah langkah

Selalu belajar dan mengembangkan wawasan

berpikir strategis - EKRUT
:Memperbarui pengetahuan terus menerus akan menjadi modal kamu untuk berpikir strategis - EKRUT

Kemampuanmu dalam berpikir strategis akan relevan ketika kamu memiliki pengalaman dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan. Karena itu teruslah memperluas pengetahuan dan pengalaman yang sesuai. Bacalah buku, berita, data, dan tren yang ada. 

Perluas jejaring, terhubunglah dengan rekan kerja dan carilah mentor. Sebab kamu pun dapat belajar dari pengetahuan dan pengalaman orang lain.

Dengan selalu belajar maka semakin banyak gagasan dan pengalaman yang kamu miliki sehingga dapat membantu kamu dalam menghubungkan berbagai ide, rencana dan strategi secara menyeluruh. 

Menguasai kemampuan berpikir strategis tidak hanya akan membantumu dalam menghasilkan ide yang lebih baik atau mengambil keputusan yang tepat. Lebih dari itu, mengembangkan kemampuan ini dapat membantumu menjadi pemimpin yang leibh baik dan memberikanmu peluang untuk mencapai kesuksesan karier jangka panjang. 

Jadi, kembangkan kemampuan ini dari sekarang ya. 

berpikir strategis - EKRUT

Sumber: 

  • roberthalf.co.nz
  • indeed.com
  • cmoe.com
  • matterapp.com

 

Tags

Share