Published on

jobs

10 Rekomendasi buku marketing untuk tambah pengetahuan

Maria Tri Handayani

buku-marketing---EKRUT.jpg

Sebagai marketer, kamu harus terus mengasah skill dan memperluas pengetahuan agar tetap dapat mengikuti tren dan tidak dikalahkan oleh pesaing. 

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan terus membaca buku-buku mengenai pemasaran seperti 10 rekomendasi buku marketing berikut ini. 

Get Social Smart: How to Hone Your Social Media Strategy - Katie Lance

buku marketing - EKRUT
Kenali cara memaksimalkan strategi media sosial - EKRUT

Buku marketing yang satu ini dapat membantu kamu mengidentifikasi platform media sosial utama yang perlu difokuskan dan cara menggunakannya secara efektif. 

Tidak hanya menjelaskan bagaimana cara membangun strategi media sosial, melalui buku ini kamu pun dapat mempelajari cara menggunakan berbagai teknologi di media sosial seperti fitur live streaming untuk menceritakan brand story atau membina hubungan dengan pelanggan. 

Building a Storybrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen - Donald Miller 


Brand story yang dirancang akan memengaruhi respon yang kamu dapatkan - EKRUT

Jika kamu merasa kesulitan untuk membuat konsumen merespon pesan yang disampaikan dalam strategi pemasaran kamu, maka buku yang satu ini cocok untuk masuk dalam daftar bacaan selanjutnya. 

Donald Miller dalam buku ini mengajak kamu untuk fokus membangun brand story dalam tujuh prinsip utama yang menggambarkan pentingnya menjadikan pelanggan sebagai pahlawan dalam cerita yang kamu rancang. 

Setelah membaca buku ini cobalah pertimbangkan kembali cara kamu memposisikan brand kepada pelanggan, lalu susun ulang brand story tersebut dan lihat seberapa besar perubahan respon yang akan kamu dapatkan. 

Unlocking the Mobile Economy - Anindya Ghose

buku marketing - EKRUT
Maksimalkan strategi pemasaran untuk pengguna seluler - EKRUT

Buku marketing terbaik yang satu ini akan menyajikan wawasan mengenai pengaruh penggunaan perangkat seluler pada perilaku konsumen dalam cara yang mudah dicerna dan dipahami.  

Dengan memahami perubahan perilaku konsumen saat ini, sebagai marketer kamu semakin dapat merancang strategi pemasaran yang benar-benar berdampak maksimal dalam masyarakat yang kini semakin didorong oleh penggunaan perangkat seluler tersebut. 

Baca juga: Mengenal Segmenting Targeting Positioning (STP) Marketing

Hacking Growth: How Today's Fastest-Growing Companies Drive Breakout Success - Sean Ellis dan Morgan Brown 

buku marketing - EKRUT
Rancang strategi growth hacking yang dapat meningkatkan hasil bisnis yang diharapkan - EKRUT

Buku karangan pendiri Grothhackers, Sean Ellis, dan veteran marketer startup, Morgan Brown, ini akan mengajak kamu untuk melihat bagaimana perusahaan paling sukses di dunia membangun tim, membuat produk, dan menemukan strategi yang berhasil mendorong pertumbuhan serta mempertahankan lebih banyak pelanggan. 

Dari contoh-contoh tersebut, kamu bisa mendapat inspirasi ketika membuat dan menerapkan strategi growth hacking versi kamu dalam praktik pemasaran untuk meningkatkan hasil bisnis yang diharapkan.

Top of Mind: Use Content to Unleash Your Influence and Engage Those Who Matter to You - John Hall

buku marketing - EKRUT
Kenali cara merancang pemasaran konten yang dapat melekat di audiens - EKRUT

Buku berikut memaparkan pendekatan yang digunakan oleh John Hall dalam membangun Influence & Co menjadi sebuah perusahaan pemasaran konten yang dominan. 

Tidak hanya memahami bagaimana cara membangun kepercayaan audiens, melalui buku marketing berikut ini kamu juga dapat mempelajari  bagaimana cara John Hall menggunakan konten untuk membangun brand yang otentik, bermanfaat, dan melekat di benak audiens.

Hooked: How to Build Habit-Forming Product - Nir Eyal 

buku marketing - EKRUT
Pelajari strategi pemasaran yang bisa menarik pengunjung untuk terus kembali ke brand atau produk kamu - EKRUT

Buku yang satu ini cocok dibaca jika kamu ingin mempelajari cara membuat dan memasarkan produk yang terus digunakan atau dikunjungi konsumen. 

Melalui Hooked, Nir Eyal berusaha menjelaskan bagaimana menemukan pola di mana produk dan layanan mampu menarik perhatian, dianggap penting bagi konsumen, dan terus mampu membawa mereka kembali tanpa selalu bergantung pada iklan atau pemasaran tambahan. 

Permission Marketing - Seth Godin 

buku marketing - EKRUT
Permission marketing dapat digunakan untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan audiens - EKRUT

Melalui buku ini, Seth Godin pada dasarnya mengajak marketer untuk melihat perubahan yang datang dengan adanya pertumbuhan industri teknologi. 

Menurutnya iklan yang didasarkan pada harapan untuk mengalihkan perhatian audiens dari apa yang sedang mereka lakukan, seperti iklan di TV, selebaran atau telemarketing kini tidak lagi berfungsi maksimal.

Seth memperkenalkan konsep permission marketing sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang telah menunjukkan minat pada produk atau brand, lalu mengembangkan hubungan jangka panjang dengan mereka, menciptakan kepercayaan dan pada akhirnya meningkatkan peluang penjualan. 

How Brands Become Icons - Douglas B.Holt 

buku marketing - EKRUT
Pelajari tips dari berbagai brand besar untuk menemukan inspirasi dalam strategi pemasaran yang kamu rancang - EKRUT

Dalam buku marketing yang satu ini, mantan profesor Harvard Business School, Douglas B.Holt akan menjelaskan apa yang kamu perlu pahami saat ingin mengomunikasikan brand otentik yang beresonansi dengan pelanggan dari waktu ke waktu. 

Kamu juga bisa menemukan berbagai tips dari brand-brand ikonik seperti Harley-Davidson, Volkswagen, dan Bundweiser untuk mengembangkan strategi pemasaran yang terbukti mampu membangun hubungan brand yang bermakna dengan calon pelanggan. 

Baca juga: 8 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

Future Marketing: Winning in the Prosumer Age - John Wuebben

buku marketing - EKRUT
Kenali perubahan yang terjadi untuk menyesuaikannya ke dalam strategi pemasaran - EKRUT

Buku karangan salah cofounder dan CEO Content Launceh, Jon Wueeben ini akan menunjukkan kamu bagaimana perubahan budaya dan teknologi yang terjadi saat ini akan memengaruhi pemasaran. 

Buku ini akan menyoroti perubahaan yang akan datang dalam pesan brand dan pembangunan audiens. Buku ini juga akan mengajk kamu melihat bagaimana pemasaran harus berubah di era prosumer atau influencer online

Email Marketing Rules - Chad S. White

buku marketing - EKRUT
Asah pengetahuan di bidang email marketing untuk memaksimalkan hasil - EKRUT

Buku edisi ketiga dari Email Marketing Rules ini telah diperbarui secara signifikan. Kamu bisa menemukan berbagai praktik terbaik dalam penulisan subjek email, lead generation, otomatisasi dan penargetan. 

Kamu juga bisa mempelajari cara meningkatkan desain, angka deliverability, dan mengukur kesuksesan kampanye dengan analitik email untuk merancang strategi email marketing yang sukses. 

Nah, itulah 10 rekomendasi buku marketing yang bisa kamu baca untuk memperluas pengetahuan dalam dunia pemasaran. 

Ambillah inti pelajaran dari buku-buku tadi, dan terapkan pada secara langsung ketika merancang strategi pemasaran agar kamu bisa terus mengembangkan kemampuan dan pengalaman di bidang tersebut. 

EKRUT

Sumber:

  • optinmonster.com
  • nogood.io
  • useproof.com
     

Tags

Share