Published on

jobs

Intip cara beriklan di Instagram yang efektif dan mudah

Maria Tri Handayani

cara-beriklan-di-instagram---EKRUT.jpg

Pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka hampir 70 juta pada periode Januari hingga Mei 2020. Melihat angka ini tentu beriklan di Instagram semakin nampak menggiurkan, bukan? 

Nah, jika kamu juga berencana untuk mulai beriklan di platform media sosial ini, berikut ulasan lebih lengkap mengenai Instagram ads dan bagaimana cara beriklan di Instagram yang bisa kamu simak. 

Apa itu Instagram Ads?

cara beriklan di Instagram - EKRUT
Banyaknya pengguna Instagram membuat platform ini sebagai medium beriklan yang menjanjikan - EKRUT

Instagram ads adalah iklan berbayar di Instagram yang dapat digunakan pebisnis, digital marketer atau pengiklan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan bertarget. 

Biasanya Instagram ads digunakan untuk menumbuhkan brand exposure, meningkatkan traffic website, menghasilkan leads baru dan mengarahkan kepada funnel seperti konversi. 

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, pengguna Instagram ads sendiri terus meningkat. Beberapa alasan yang menjadi dasar di balik kepopuleran Instagram ads sebagai media beriklan saat ini antara lain:

  • Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang mengalami pertumbuhan pengguna yang pesat. 
  • Survei menunjukkan bahwa pengguna media sosial rata-rata menghabiskan 50 menit sehari di Facebook, Instagram, dan Messenger. 
  • Instagram ads menggunakan sistem periklanan Facebook yang memiliki penargetan yang kuat. Kamu bisa menentukan lokasi target audiens, demografi, minat, perilaku dan bahkan menargetkan orang yang telah membeli produk kamu atau berinteraksi dengan brand kamu.
  • Studi dari Instagram menyebutkan 60 persen pengguna Instagram mempelajari produk atau layanan tertentu melalui instagram. 75 persen bahkan mengambil tindakan seperti mengunjungi situs, mencari produk atau memberi tahu teman tentang produk atau layanan setelah melihat Instagram post.
  • Hasil dari Instagram ads diklaim 2,8 kali lebih tinggi dari Nielsen untuk online advertising

Baca juga: Ternyata begini, cara membuat adsense youtube secara efektif

Cara beriklan di Instagram 

cara beriklan di Instagram - EKRUT
Kamu bisa membuat iklan di Instagram ads melalui aplikasi Instagram atau Facebook Ads Manager - EKRUT

Pada dasarnya beriklan di Instagram Ads sendiri cukup mudah. Kamu tinggal memilih untuk beriklan di Instagram melalui beberapa cara, yakni melalui:

  • Aplikasi Instagram
  • Facebook Ads Manager
  • Partner Instagram 
  • Power Editor 
  • Facebook's Marketing API

Nah, jika kamu masih pemula, membuat iklan melalui aplikasi Instagram dan Facebook Ads Manager adalah pilihan yang paling tepat karena lebih sederhana untuk dilakukan. 

Cara beriklan di Instagram melalui Facebook Ads Manager

Untuk mulai membuat Instagram ads melalui Facebook Ads Manager kamu perlu masuk ke akun Facebook milikmu, buka ads manager, lalu klik create ad untuk memulai campaign iklan baru. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Pilih objektif

Ada banyak pilihan objektif iklan yang bisa kamu pilih dalam tiga kategori besar, Awareness, Consideration dan Conversion, yaitu: 

  • Brand awareness - Untuk menjangkau pengguna yang akan terlibat dengan iklan kamu dan untuk menciptakan awareness umum seputar brand.
  • Reach - Untuk menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin orang.
  • Traffic - Jika sasaran kamu adalah membuat pengguna mengunjungi situs, landing page, atau aplikasi. 
  • Engagement - Jika kamu ingin pengguna memberikan like, comment, atau share pada konten iklan kamu. 
  • Lead generation - Untuk menemukan audiens yang tertarik atau penasaran dengan brand kamu
  • Conversions -  Jika menginginkan penjualan langsung pada iklan yang dipasang, seperti menambahkan info pembayaran atau melakukan pembelian.
  • App install -  Untuk mengarahkan pengguna ke app store lalu mengunduh atau membeli aplikasi 
  • Video views - Jika ingin menarik audiens untuk menonton video misalnya video produksi, peluncuran produk atau cuplikan di balik layar sebuah produk melalui feed pengguna. 
  • Message - Untuk mendorong audiens berinteraksi dengan brand misalnya menjawab pertanyaan terkait produk memberi dukungan atau menyelesaikan pembelian 
  • Catalog sales - Jika tujuan kamu adalah menampilkan katalog produk pada target audiens.
  • Store traffic - Untuk mempromosikan lokasi bisnis dan menarik lebih banyak kunjungan ke toko.

Pilihlah objektif dengan tepat agar pemasangan iklan kamu disetujui dan memberi hasil yang efektif.

2. Beri nama kampanye Instagram ads 

Setelah memilih objektif, berikan nama pada kampanye iklan yang akan kamu jalankan agar lebih mudah untuk menemukan dan melacak performanya. 

Kamu juga bisa memilih split test dan mencoba variasi yang berbeda untuk mencari performa yang terbaik. Misalnya jalankan split test atau A/B test untuk menguji variasi iklan yang berbeda sehingga dapat mengalokasikan anggaran terbesar pada jenis iklan yang terbukti memiliki performa terbaik. 

3. Pilih penempatan iklan 

Pilihlah di mana kamu ingin Iklan kamu tersebut muncul. Biasanya Facebook Ads Manager secara otomatis akan memilih penempatan iklan pada Facebook dan Instagram. Namun, jika kamu hanya ingin menempatkan iklan tersebut di Instagram, lakukan beberapa langkah ini

  • Pilih edit placement.
  • Batalkan pilihan Facebook dan Audience Network di bawah Platform
  • Jika kamu ingin membuat Instagram stories ads, klik panah di sebelah kiri Instagram dan pilih Stories pada menu drop down.

3. Tentukan target audiens 

Tentukan target audiens dengan mempertimbangkan faktor seperti lokasi, umur, gender, bahasa, demografi, interest, kebiasaan, atau koneksi. 

4. Tentukan budget dan jadwal penayangan 

Pilih apakah kamu akan menggunakan daily budget atau lifetime budget

Daily budget adalah jumlah rata-rata yang akan kamu belanjakan untuk iklan setiap hari. Sementara lifetime budget adalah jumlah total yang akan kamu belanjakan selama masa iklan kamu.

Sementara untuk jadwal, kamu bisa membiarkan iklan berjalan terus menerus sampai mencapai batas anggaran lifetime atau menetapkan tanggal dan waktu tertentu kapan mulai dan berakhir. 

5. Buat iklan  

Tahap terakhir dalam cara beriklan di Instagram melalui Facebook Ads adalah tahap pembuatan iklan. Di tahap ini kamu bisa mengupload konten, menulis teks iklan, menambahkan CTA button, URL dan mempublikasikannya. 

Pada tahapan ini kamu juga akan memilih format Instagram ads yang kamu inginkan. Beberapa format instagram ads antara lain

  • Photo ads - Iklan berbentuk foto yang dapat dibuat dalam format persegi atau lanskap.
  • Carousel ads - Iklan dengan dua atau lebih foto atau video yang dapat digeser untuk dilihat.
  • Collection ads - Format yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian langsung dari iklan.
  • Video ads - Iklan berbentuk video atau GIF berdurasi 3 hingga 30 detik. 
  • Stories ads - Foto atau video yang ditayangkan di antara Instagram stories pengguna.

Baca juga: 7 Cara efektif menambah followers Instagram

Cara beriklan di Instagram melalui aplikasi Instagram

Selain menggunakan Facebook ads manager, kamu bisa langsung membuat iklan melalui aplikasi Instagram yakni dengan mempromosikan postingan Instagram kamu yang sudah ada.

Namun, untuk dapat membuat Instagram ads melalui aplikasi Instagram tersebut, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelumnya, yaitu: 

  • Kamu harus memiliki akun Instagram Bisnis
  • Kamu harus menjadi Admin dari Facebook Page yang terhubung ke akun instagram tersebut
  • Kamu harus mengikuti kebijakan periklanan Facebook. 

Setelah semua syarat terpenuhi, kamu bisa mulai beriklan dengan beberapa langkah

1. Pilih postingan yang ingin dipromosikan

Tentukan postingan yang ingin kamu promosikan, lalu klik tombol "Promote". Setelah ini kamu mungkin akan diminta untuk masuk ke akun Facebook kamu.

2. Pilih objektif

Tidak seperti Facebook Ads Manager, hanya ada dua objektif yang bisa kamu pilih yaitu visit your website, atau call or visit your bisnis

3. Pilih action button, audiens, budget dan durasi 

Berdasarkan objektif iklan tadi, kamu akan memilih action button yang akan digunakan, memasukkan URL, alamat atau nomor telepon. Kamu juga harus menetapkan target audiens, anggaran dan durasi kamu akan menjalankan iklan tersebut. 

Target audiens dipilih berdasarkan lokasi, minat, umur dan gender. Anggaran yang dipilih adalah total budget untuk iklan yang kamu miliki. Sementara durasi iklan adalah jumlah hari untuk menjalankan iklan dan kapan waktu dimulainya iklan. 

Setelah menentukan semuanya kamu bisa meninjau pesanan dan mulai mempromosikannya. 

Itulah beberapa tahapan sederhana dalam cara beriklan di Instagram yang bisa kamu jadikan panduan. Selain merancang iklan, pastikan juga untuk melacak dan memantau perkembangan setiap Instagram Ads yang kamu buat. 

Dengan begitu, kamu pun bisa mengevaluasi strategi terbaik dalam pemasangan Instagram ads untuk bisnis atau brand kamu. 

cara beriklan di Instagram - EKRUT

Sumber:

  • buffer.com
  • sproutsocial.com
  • wordstream.com

Tags

Share