Published on

Careers

Cara-cara cari kerja ini hanya buang waktu

Maria Yuniar

application-1883453__340.jpg

Mencari pekerjaan memang membutuhkan waktu banyak. Namun, dengan waktu yang banyak tersebut, seringkali para kandidat pekerja kurang bijak menggunakan waktu mereka. Untuk menjadikan pencarian pekerjaan lebih efisien, kamu harus menghindari enam hal ini agar tak buang-buang waktu.

 

Andalkan satu jalur

Jika kamu hanya mengandalkan satu jalan untuk mencari kerja, terutama melalui situs daring saja, kamu mungkin telah membuang-buang waktu. Sebab, kebanyakan orang menemukan pekerjaan baru melalui berbagai bentuk networking. Selain itu, sainganmu juga bukan cuma satu atau dua orang, tapi puluhan hingga ratusan orang.

 

'Window shopping'

Sejumlah orang mencari kerja seolah-olah sedang berbelanja online. Mereka menghabiskan waktu melihat tawaran pekerjaan di dunia maya tanpa pernah mencoba untuk menyiapkan aplikasi dan mengirim lamaran sesuai syarat yang ada. Apa gunanya mencari peluang tanpa mengirim aplikasi?

 

Resume jadul

Di kalangan pencari kerja, masih beredar format CV alias resume yang begitu-begitu saja. Identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi dan segala hal yang kuno. Resume model zaman dulu atau jadul ini tampak membosankan kurang menarik di mata perekrut.

 

Pasif menunggu

Setelah menemukan lowongan yang cocok dan mengirimkan lamaran, jangan hanya menunggu panggilan begitu saja. Lagi-lagi, kamu tidak hanya bersaing dengan segelintir pelamar. Apalagi jika posisi yang kamu incar, ditawarkan oleh perusahaan ternama. Pasti banyak sekali peminatnya.

 

Pilih posisi yang tak disukai

Melamar kerja 'sekenanya', dengan harapan aplikasimu akan dilihat oleh banyak perekrut, merupakan usaha yang sia-sia. Apalagi bila kamu mengirim aplikasi yang tak jauh beda. Sebab, setiap kantor dan posisi tentu memiliki preferensi masing-masing. 

 

Tak beranjak dari zona nyaman

Kemungkinan lain kamu tak kunjung mendapat pekerjaan adalah network kamu. Bisa jadi, kamu terlalu lama berada di zona nyaman dan bergaul dalam lingkaran yang itu-itu saja, tanpa pernah mencoba untuk mencari hal baru di luar. Padahal, ada banyak kesempatan yang menanti di luar sana. 

Sekarang sudah tahu kan, hal-hal yang hanya membuang waktu kamu dalam mendapatkan pekerjaan? Lagipula, saat ini ada talent marketplace, yang bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impian. Di talent marketplace EKRUT, kamu tidak perlu repot mengirimkan lamaran satu per satu ke setiap perusahaan.

Kamu juga sebenarnya tidak perlu melakukan follow up. Sebab, ratusan perusahaan lah yang justru akan mencari-cari kamu dan melakukan follow up.

 

Sumber:
fastcompany.com
liputan6.com
qerja.com
 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_affiliate_marketing.jpg

Careers

7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
0-buku-pengembangan-diri.jpg

Careers

10 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Tahun 2022

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read
H1_1._Simak!_Cara_Mencari_Median__Mean_dan_Modus_Dengan_Mudah.jpg

Careers

Simak! Cara Mencari Median, Mean, dan Modus dengan Mudah

Anisa Sekarningrum

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read