Published on

Technology

Panduan lengkap membuat akun Instagram bisnis 2022

Nur Lella Junaedi

cara-membuat-instagram-bisnis-EKRUT.jpg

Instagram bisnis adalah salah satu strategi yang bisa digunakan oleh brand untuk mendapatkan jangkauan pengguna yang lebih banyak. Pasalnya, platform ini telah mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan pada bulan Juni 2018. Apakah kamu juga tertarik untuk membuka akun Instagram bisnis?

Apa itu Instagram bisnis?

Apa itu Instagram bisnis?
Instagram bisnis dan fitur di dalamnya dirancang untuk mendukung strategi pemasaran - Unsplash

Akun Instagram bisnis bisa dikatakan mirip seperti Facebook Page versi Instagram. Dengan memanfaatkan akun Instagram bisnis, pihak penyedia aplikasi akan berpendapat bahwa kamu menggunakan akun tersebut dengan tujuan pemasaran dan memungkinkan kamu untuk mengakses sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh akun personal. Fitur-fitur tersebut akan berperan penting dalam pemasaran karena mampu mengoptimalkan engagement dengan followers.

Keuntungan menggunakan Instagram bisnis

Keuntungan menggunakan Instagram bisnis
Instagram bisnis memiliki fitur tersendiri yang tidak dimiliki oleh akun personal - Pexels

Meskipun akun Instagram bisnis terlihat sedikit berbeda dan tampak eksklusif, setiap orang dapat mengonversikan profilnya dengan mudah, tanpa dikenakan biaya, dan tidak ada persyaratan khusus dalam hal followers maupun konten. Dikutip dari socialmediacollege.com, beberapa manfaat yang kamu dapat dari membuka akun Instagram bisnis adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan untuk meningkatkan keterlibatan di dalam konten melalui iklan
  • Kemampuan untuk menambahkan tautan dalam Instagram story (jika kamu memiliki 10.000 followers atau lebih)
  • Mengakses data analitik yang berhubungan dengan konten, aktivitas followers, atau demografi audiens.
  • Menambahkan fitur Instagram shopping yang memungkinkan kamu menjual langsung melalui kiriman Instagram
  • Kemampuan untuk membatasi orang asing menandai akunmu sebagai "branded content". Fitur ini merupakan cara yang digunakan Instagram untuk mengurangi endorsement palsu, atau orang-orang yang mungkin menggunakan nama brand kamu secara tidak tepat, tanpa izin.
  • CTA (Call to Action) yang dapat diklik untuk mengarahkan audiens menuju situs bisnismu, memudahkan reservasi melalui aplikasi, dan banyak lagi.

Perbedaan akun Instagram bisnis dengan personal

Perbedaan akun Instagram bisnis dengan personal
Salah satu perbedaan akun Instagram bisnis dengan personal yaitu kemampuannya mengakses data - Unsplash

Baik membuat akun Instagram bisnis maupun personal, keduanya memiliki fitur, keunggulan, dan kekurangannya masing-masing. Pilihan yang tepat tergantung pada tujuanmu menggunakan Instagram. Berikut perbedaan Instagram bisnis dan personal yang dirangkum dari blog.hootsuite.com.

Fitur Instagram bisnis Instagram personal
Kemampuan beriklan                                                                                                                                                    Ya Tidak
Mengakses data analitik Ya Tidak
Mengunggah konten Instagram shopping Ya Tidak
Deskripsi profil yang lebih detail Ya. Dapat menambahkan label industri yang sesuai, seperti “Merek Pakaian” atau “Penulis”, dan informasi kontak. Tidak. Hanya deskripsi singkat dan tautan situs.                                                                                                     
Tautan ke beberapa akun Facebook Tidak Ya
Dapat mengelola akun secara privat Tidak Ya

Panduan membuat akun Instagram bisnis 2021 

Cara membuat Instagram bisnis EKRUT 
Konversikan terlebih dahulu akun Instagramu ke dalam akun profesional - EKRUT

Sebelum kamu mengetahui cara membuat Instagram bisnis yang menarik dan profesional ada baiknya kamu mengetahui cara membuat akun Instagram terlebih dahulu. 

  • Buka aplikasi Instagram dan pilih daftar 
  • Pilih opsi email kemudian klik selanjutnya 
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim Instagram ke email yang kamu daftarkan tersebut, lalu pilih selanjutnya
  • Masukkan nama akun Instagram yang akan digunakan bersamaan dengan sandi
  • Lalu masukkan tanggal lahir, isi username dan selesai

Namun bila kamu telah memiliki akun Instagram sebelumnya, kamu hanya perlu melakukan konversi akun Instagram itu ke akun profesional. Caranya adalah: 

  • Pilih pengaturan, kemudian pilih akun 
  • Geser kursor ke bagian paling bawah dan pilih beralih ke akun profesional 
  • Akan ada dua pilihan yakni akun untuk content creator dan akun bisnis. Pilih akun bisnis
  • Nantinya kamu akan diarahkan untuk memilih salah satu kategori dari blog pribadi, produk/ layanan, musisi/band, kesehatan/ kecantikan, toko kelontong, belanja & ritel dan seni
  • Masukkan informasi bisnis berupa email, nomor kontak dan alamat kantor, setelah itu selesai

Baca juga: 7 medsos pilihan digital marketer, nomor 6 bisa bikin kamu kaya!

6 Tips memaksimalkan akun Instagram bisnis

 Cara membuat Instagram bisnis EKRUT 
Gunakan format bio yang menarik agar pengguna ingin memfollow akun bisnismu - EKRUT

Bila kamu telah selesai melakukan konversi akun Instagram ke akun Instagram bisnis, kini waktunya untuk memoles akun bisnis tersebut agar tampak meyakinkan bagi pengguna.

1. Gunakan gambar profil yang bisa dikenali 

Gunakan foto profil Instagram yang mudah dikenali contohnya menggunakan logo atau icon.Jangan lupa untuk meletakkan gambar profil profesional agar mudah bagi pengguna Instagram mengenali akun Instagram bisnismu. Kamu bisa menggunakan gambar logo, atau logo beserta nama perusahaan hingga gambar maskot. 

2. Perhatikan peletakkan warna dan estetika feed Instagram 

Langkah ketiga yang tidak kalah penting dalam cara membuat akun Instagram bisnis yang menarik yakni dengan memperhatikan feed postingan. Sebagaimana kita tahu bahwa, Instagram adalah media sosial yang menonjolkan sisi visual. Oleh karena itu, profil akun bisnis juga harus memiliki identitas visual yang mudah dikenali. 

Contoh, bisnis yang bergerak dalam bidang fashion maka akan memperlihatkan identitas visual berupa koleksi pakaian yang mereka miliki. Kemudian akun bisnis restoran, pasti akan banyak menampilkan gambar makanan hingga sudut dekorasi unik yang ada di restoran itu. 

Bagi industri yang bergerak dalam bidang jasa, kamu juga bisa menyelipkan gambar-gambar dari ulasan pelanggan hingga menunjukkan gambaran budaya kantor dari para karyawan. Beberapa akun Instagram juga turut memodifikasi konten feed mereka dengan berbagai macam warna yang nampak serasi dan menarik perhatian pengguna. 

Kamu bisa melakukan hal demikian dengan mengambil ciri khas warna bisnis perusahaan dan menampilkannya di setiap postingan. Melakukan editing gambar juga berguna untuk mendapatkan warna profil feed yang estetik.

Baca juga: Instagram Stories tembus 400 juta pengguna

3. Gunakan caption yang menarik 

Memang Instagram lebih banyak menekankan sisi visual, walaupun begitu keberadaan caption juga tidak boleh diabaikan. Pasalnya caption dapat membuat foto feed lebih bermakna serta menciptakan engagement dengan pengguna. Untuk membuat caption yang menarik diperlukan brand voice yang jelas. Kamu dapat memasukkan tagar khusus bisnis atau memasukkan emoji.

Biasanya bisnis sudah memiliki panduan kamus tata bahasa merek tersendiri. Caption yang panjang juga akan membantu pengguna lebih memahami tentang visi, misi, profil dan brand itu sendiri. Oleh karena alasan tersebut, tidak heran bila akhirnya banyak akun bisnis yang menuliskan caption lebih dari 405 kata.

4. Mengunggah konten secara konsisten

Cara membuat Instagram bisnis EKRUT 
Unggah feed secara teratur untuk membangun kedekatan dengan pengguna - EKRUT

Dengan mengunggah konten Instagram secara teratur, dapat membantu pengguna mempelajari kapan mereka bisa mengharapkan konten yang baru. Postingan yang teratur bisa meningkatkan jumlah followers serta memaksimalkan kedekatan dengan pengguna. Sebuah riset menunjukkan bahwa rata-rata akun Instagram bisnis mengunggah konten minimal 1 kali sehari. Meski begitu, riset ini juga tidak memperlihatkan efek buruk berupa keterlibatan yang rendah bila akun Instagram bisnis memposting konten lebih dari 1 kali dalam sehari. 

5. Tuliskan bio yang menarik

Bio dan konten yang menarik akan membangun kesan pertama bagi pengguna Instagram saat mereka membuka profil bisnismu. Mereka hanya perlu waktu sekitar 2.6 detik saja untuk menentukan apakah profil bisnis itu bagus atau tidak. Pada akhirnya bio dan feed konten juga akan membuat pengguna memutuskan untuk mengikuti atau mengabaikannya. Lalu, bagaimana cara membuat bio Instagram yang menarik? 

  • Perhatikan nama dan username dalam bio Instagram yang hendak kamu buat. Gunakan nama dengan nama perusahaan yang sebenarnya karena itu akan mewakili merek, sedangkan untuk penggunaan username disesuaikan dengan strategi konten dan target audiens. Buatlah username yang sederhana dan mudah diingat. Misalnya, kamu dapat menyertakan kata official di belakang username akun tersebut atau kamu juga bisa mengecek dengan menggunakan username generator untuk ketersediaan username yang ada.
  • Lengkapi profil bio dengan email perusahaan, hashtag keyword bisnis yang mewakili brand, atau motto perusahaan.
  • Tautkan situs resmi perusahaan yang ada di bagian bawah bio, untuk menambah lalu lintas traffic ke web perusahaan sekaligus memberikan informasi tambahan bagi pengguna.
  • Tambahkan call to action button di bagian bawah bio dengan beberapa opsi seperti kirim pesan, kontak, reservasi, dan sebagainya. Dengan menyertakan opsi ini kamu menyarankan pengguna untuk dapat memilih beberapa tombol ajakan tersebut. 

6. Mencoba berbagai jenis konten

Saat ini, Instagram tidak hanya sekadar platform untuk berbagi foto. Ada banyak sekali jenis konten di platform, termasuk video, reels, story, dan IGTV. Jika kamu ingin meningkatkan jangkauan (reach) dan keterlibatan (engagements) di Instagram, kamu dapat bereksperimen dengan membagikan berbagai jenis konten yang berbeda.

Setiap jenis konten memiliki kelebihan dan setiap orang memiliki preferensi masing-masing di Instagram — beberapa orang menyukai reels, sedangkan yang lain lebih sering melihat story. Dengan berbagai kecenderungan tersebut, strategi terbaik adalah dengan mencoba mengunggah berbagai jenis konten.

Selain enam cara memaksimalkan Instagram bisnis seperti di atas, kamu bisa mencoba mengembangkan akun bisnismu dengan melakukan kolaborasi bersama influencer atau membuat iklan Instagram. 

Baca juga: Mengetahui pentingnya influencer marketing dalam suatu brand

Agar usahamu semakin berkembang dan lebih banyak lagi menjangkau pengguna, kamu juga bisa mengoptimalkan akun Instagram dengan menerapkan teknik SEO. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya melalui video di bawah ini, ya.

Cara membuat Instagram bisnis EKRUT
Last update: 17 September 2021

Sumber: 

  • instagram.com
  • workmacro.com 
  • buffer.com 
  • blog.hootsuite.com
  • socialmediacollege.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    experiential-marketing-adalah---EKRUT.jpg

    jobs

    Kenali experiential marketing untuk tingkatkan brand loyalty

    Maria Tri Handayani

    06 October 2022
    4 min read
    H1_Iklan_Media_Cetak.jpg

    Technology

    10 Contoh Iklan Media Cetak beserta Penjelasannya

    Algonz D.B. Raharja

    05 October 2022
    6 min read

    Video